Korelasi antara Minat Membaca dengan Tindakan Plagiarisme Mahasiswa Prodi PPKn FKIP Universitas Mataram
Authors
Lingke Yohanis , Edy Herianto , Sawaludin Sawaludin , M. IsmailDOI:
10.29303/jipp.v9i2.2111Published:
2024-04-24Issue:
Vol. 9 No. 2 (2024): MeiKeywords:
FKIP Universitas Mataram, Minat membaca, Plagiarisme.Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Tindakan plagiarisme pada mahasiswa bergantung pada minat membaca mahasiswa itu sendiri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui korelasi antara minat membaca dengan tindakan plagiarisme. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis korelasi dengan desain asosiatif asimetris. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa PPKn angkatan 2020. Pengambilan data penelitian ini dengan menggunakan angket (kuisioner) minat membaca dan hasil uji turnitin tindakan plagiarisme mahasiswa berjumlah 22 mahasiswa sebagai sampel. Uji statistik menggunakan uji korelasi parametrik (anava 1 arah) dengan uji korelasi pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat membaca mahasiswa program studi PPKn FKIP Universitas Mataram berkriteria cukup dengan presentase 68% (15 mahasiswa), selanjutnya tindakan plagiarisme mahasiswa program studi PPKn FKIP Universitas Mataram berkriteria sedang dengan presentase 81% (18 mahasiswa). Melalui analisis data dengan menggunakan korelasi pearson menunjukkan bahwa terdapat korelasi negatif antara minat membaca dengan tindakan plagiarisme pada mahasiswa program studi PPKn FKIP Universitas Mataram dengan nilai signifikansi 2-tailed lebih kecil dari taraf signifikansi (0,0410,050).
References
Arifuddin, Arafiq, Fitriana, E., & Udin (2022). Sosialisasi Seluk-Beluk Plagiarisme Kepada Guru-Guru Yang Berstatus Mahasiswa Magister Bahasa Inggris Unram. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat. 5(1), Februari 2022. e-ISSN: 2614-7939 / p-ISSN: 2614-7947.
Gumono (2016). Profil Minat Baca Mahasiswa FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal Wacana, 14 (1), 65-78.
Herianto, E. (2022). Analysis of the Integrity of Prospective Teachers. KnE Social Sciences, 2022 (2022), 56–67. https://doi.org/10.18502/kss.v8i8.13285
Hardianto, Deni (2011). Studi Tentang Minat Baca Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan UNY. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 7(1), 108-121. file:///C:/Users/Tutik/Downloads/3218-8326-1-SM.pdf.
Syarafah, F. H., & Kamila, A. N. (2022). Korelasi Antara Minat Membaca dan Praktik Plagiasi Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Togo Ambarsari dalam Mengerjakan Tugas Makalah. Ambarsa: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 16–36. https://doi.org/10.59106/abs.v2i1.61
Hasan, A., Akib, Irwan., & Ibrahim, M. (2016). Fenomena Plagiarisme Mahasiswa. Jurnal Equilibrium Pendidikan Sosiologi, IV(1), 20–30. https://media.neliti.com/media/publications/70308-ID- fenomena-plagiarisme-mahasiswa.pdf. ISSN e-2477-0221, p-2339-2401.
Indonesia. Kementrian Hukum dan HAM (2012). Undang-Undang RI Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi. Jakarta.
Martono, N. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta. Rajawali Pers
Mustika, R. Ika dkk. (2015). Hubungan Minat baca dan Kebiasaan Membaca Karya Sastra Mahasiswa Semester 2 Prodi PBS. Indonesia STKIP Siliwangi Bandung Tahun Akademik 2015/2016. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 2(2). November 2015. Hal. 234-239
Mumpuni, Atikah, & Nurbaeti, R. U. (2019). Analisa faktor yang mempengaruhi minat baca mahasiswa PGSD. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 3(2), 123-132
Ntb, Suara (2019). Soal Minat Baca, NTB Peringkat 31 Nasional. Suara NTB. https://www.suarantb.com/2019/02/07/soal-minat-baca-ntb-peringkat-31-nasional/
Prasetyono, Dwi Sunar (2008). Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca Pada Anak Sejak Dini. Yogyakarta: Think Jogjakarta.
Putri, S.O., & Harahap, H. H. (2019). Gambaran Minat Membaca Pada Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional & Expo II Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat 2019, 2(2), 1547–1552. Medan.
Pertiwi, Rahmi., dkk (2023). Jenis-Jenis Penelitian Ilmiah Kependidikan. Jurnal QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial &Humaniora, 1(1), 41-52. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.59
Saharudin, S., Intiana, S. R. H., Burhanuddin, B., Musaddat, S., & Hidayat, R. (2022). Plagiarisme Dan Teknik Menulis Bagi Mahasiswa Pemrogram Skripsi Prodi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Universitas Mataram. Jurnal Pepadu, 3(3), 459-465. e-ISSN: 2715-9574 Retrieved from https://journal.unram.ac.id/index.php/pepadu/article/view/2015. Doi: http://jurnal.lppm.unram.ac.id/index.php/jurnalpepadu/index
Sawaludin., Artina. F., dkk. (2021). Korelasi Motivasi Belajar Terhadap Kecerdasan Intelektual Peserta Didik di SMA 1 Mataram. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio. Vol 13 no. 1, Januari 2021. Hal 13-22.
Siregar, A.R. (2008). Strategi Mengembangkan Kebiasaan Membaca Mahasiswa. http://repository.usu.ac.id/bitstr eam/123456789/1802/1/08E00 519
Siswati (2010). Minat Membaca Mahasiswa (Studi Deskriptif Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Undip Semester 1). Jurnal Psikologi Undip, 8(2).
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumardi, L. (2022). Ideologi Pancasila dalam Perspektif Mahasiswa: Studi Di Mataram, Nusa Tenggara Barat. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha. 10(2). Mei 2022. Hal. 275-283.
Widodo, Arif dkk. (2020). Profil Minat Baca Mahasiswa Baru PGSD Universitas Mataram. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran. Volume 10 (1) 34-48 Juni 2020 ISSN: 2088-5350 (Print) / ISSN: 2528-5173 (Online) Doi: 10.25273/pe.v10il.5968 The article is published with Open access at; http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE
License
Copyright (c) 2024 Lingke Yohanis, Edy Herianto, Sawaludin Sawaludin, M. Ismail
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.