Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Media Realia Terhadap Hasil Belajar Sosiologi
Authors
Oktaviani Dewi , Sukardi Sukardi , Nursaptini Nursaptini , Ananda WahidahDOI:
10.29303/jipp.v9i2.2230Published:
2024-05-13Issue:
Vol. 9 No. 2 (2024): MeiKeywords:
Hasil Belajar, Realia, Kooperatif tipe JigsawArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Tujuan dari penelitian supaya mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan model kooperatif tipe jigsaw berbentuan media realia terhadap hasil belajar sosiologi. Pendekatan pada penelitian ini ialah kuantitatif dengan jenis quasi eksperiment dan pretest-posttest non equivalent control group. Seluruh siswa kelas X pada penelitian ini dijadikan sebagai populasi. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik random sampling setelah dilakukannya penyepadanan. Data dikumpulkan melalui tes berupa pilihan ganda yang telah diverifikasi untuk memastikan validitasnya. Data dianalisis secara kuantitatif menggunakan SPSS 25 for Windows dengan analisis deskriptif dan parametrik. Penelitian ini menemukan adanya pengaruh penerapan model kooperatif tipe jigsaw berbantuan media realia terhadap hasil belajar sosiologi di SMAN 1 Gunungsari dengan taraf sig 0,00 < 5% (0,05). Hal tersebut dapat membuktikan bahwa model ini memiliki pengaruh signifikan untuk hasil belajar sosiologi. Selain itu, dari hasil pengujian membuktikan bahwa nilai eksperimen lebih unggul dari nilai kontrol. Meningkatnya hasil belajar dapat dikaitkan dengan inovasi dalam penerapan media realia yang masih kurang umum dilakukan.
References
Afifah, R. N. (2019). Penggunaan Media Realia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. BASIC EDUCATION, 8(9), 891-899. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/15040
Anggraeni, M. (2016). Penggunaan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar dalam Pembelajaran IPA Materi Fungsi Organ Tubuh Manusia Dan Hewan (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SDN Nambo Jl. Raya Haurgeulis-Gantar KM 06 Kecamatan Gantar Kabupaten Indramayu Tahun Pelajaran 2016-2017) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS). http://repository.unpas.ac.id/12702/
Apriyansyah, C. (2018). Peningkatan kecerdasan naturalis melalui penggunaan media realia. JURNAL AUDI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak dan Media Informasi PAUD, 3(1), 13-26. http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/jpaud/article/view/2069
Cleopatra, M. (2015). Pengaruh gaya hidup dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2). https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/336
Harefa, D., Sarumaha, M., Fau, A., Telaumbanua, T., Hulu, F., Telambanua, K., & Ndraha, L. D. M. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 325-332. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara/article/view/835
Herawati, L., & Irwandi, I. (2019, October). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar dan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 09 Lebong. In Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship (Vol. 1, No. 1). https://jurnal.ugj.ac.id/index.php/Caruban/article/view/6319
Huwaida, A. N., Magdalena, I., & Huilatunisa, Y. (2023). Pengaruh Media Realia terhadap Hasil Belajar IPAS. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 32-42. http://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/1594
Janna, N. M., & Herianto, H. (2021). Konsep uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan SPSS. https://osf.io/preprints/v9j52/
Magfirah, A. D., Sukardi, S., Wahidah, A., & Suryanti, N. M. N. (2023). Penerapan model teams games tournament berbantuan kahoot untuk meningkatkan hasil belajar sosiologi siswa. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 4936-4948. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/9595
Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori belajar konstruktivisme dan implikasinya dalam pendidikan dan pembelajaran. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 49-57. https://www.siducat.org/index.php/ghaitsa/article/view/188
Matondang, M. M., Rini, E. S., Putri, N. D., & Yolvianysah, F. (2021). Uji perbandingan motivasi belaajar siswa kelas XI MIPA 2 dan XII MIPA 2 di SMA Negeri 1 Muaro Jambi. J. Sains dan Pendidik. Fis, 16(03), 218-227. https://www.academia.edu/download/87494197/389398913.pdf
Nukak, S. K., Rayer, D. J. J., & Maramis, A. A. (2021, July). Project Based Learning (PjBL) integrated with realia media towards learning outcomes on students’ creativity and learning interest in classification of living things at SMA Negeri 3 Tondano. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1968, No. 1, p. 012005). IOP Publishing. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1968/1/012005/meta
Putra, I. A., Pujani, N. M., & Juniartina, P. P. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap pemahaman konsep IPA siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 1(2), 80-90. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPPSI/article/view/17215
Rosyida, S., Ismail, M., & Sukardi, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Circuit Learning (CL) Berbantuan Media Kartu Soal Terhadap Hasil Belajar PKn. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 5(2). http://www.juridiksiam.unram.ac.id/index.php/juridiksiam/article/view/59
Saputro, M. N. A., & Pakpahan, P. L. (2021). Mengukur keefektifan teori konstruktivisme dalam pembelajaran. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 4(1), 24-39. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOEAI/article/view/2151
Sari, A. I. Y., Sukardi, S., & Masyhuri, M. (2022). Aplikasi Hybrid Learning berbantuan Edmodo terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 414-423. http://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/486
Sukardi, S. (2017). Efektivitas model prakarya dan kewirausahaan berbasis ekonomi kreatif berdimensi industri keunggulan lokal terhadap keinovatifan siswa. Cakrawala Pendidikan, (2), 96061. https://www.neliti.com/publications/96061
Sukardi, S., Ismail, M., & Suryanti, N. M. N. (2014). Model Pendidikan Kewirausahaan Berbasis Keterampilan Lokalbagi Anak Putus Sekolah pada Masyarakat Marginal. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 33(3). http://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/2384
Suparlan, S. (2019). Teori konstruktivisme dalam pembelajaran. Islamika, 1(2), 79-88. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika/article/view/208
Suparta, I. G., Wesnawa, I. G. A., & Sriartha, I. P. (2020). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa SMP Negeri 1 Kubu. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 8(1), 12-22. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPG/article/view/23206
Suryanda, I., Sukardi, S., Nursaptini, N., & Suryanti, N. M. N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran AIR (Auditory, Intelectually, Repetition) Berbantuan Aplikasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMAN 7 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1745-1752. http://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/1499
Suwardi, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Sekolah Dasar. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 15, No. 1, pp. 053-056). http://garuda.kemdikbud.go.id/article
Syarfiah, S. (2022). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Text Procedure Dengan Metode Demonstrasi Melalui Media Benda Realia pada Siswa MTSN 10 Bireuen. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 5(1), 45-52. https://jurnal.ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/753
Trisianawati, E., Djudin, T., & Setiawan, R. (2016). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada materi vektor di kelas X SMA Negeri 1 Sanggau Ledo. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 6(2), 51-60. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpfa/article/view/936
Van Dat, T. (2016). The Effects of Jigsaw Learning on Students' Knowledge Retention in Vietnamese Higher Education. International Journal of Higher Education, 5(2), 236-253. https://eric.ed.gov/?id=EJ1099876
Yahya, A., & Bakri, N. W. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) dengan aplikasi QR code terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 5(01), 90-100. http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/12023
Zahrawati, F. (2020). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar sosiologi siswa. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(2), 71-79. https://journal.publicationcenter.com/index.php/ijte/article/view/93
Author Biographies
Sukardi Sukardi, Universitas Mataram
Pendidikan sosiologi
Nursaptini Nursaptini, Universitas Mataram
Pendidikan Sosiologi
Ananda Wahidah, Universitas Mataram
Pendidikan Sosiologi
License
Copyright (c) 2024 Oktaviani Dewi, Sukardi Sukardi, Nursaptini Nursaptini, Ananda Wahidah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.