Pengaruh Self-Efficacy Pada Metode CBT (Computer Based Test) Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI MP di SMKN 1 Surabaya
Authors
Dinda Galuh Cahyaningrum , Lifa Farida PanduwinataDOI:
10.29303/jipp.v9i2.2263Published:
2024-05-22Issue:
Vol. 9 No. 2 (2024): MeiKeywords:
CBT (Computer Based Test), Motivasi Belajar, Manajemen Logistik, Self-Efficacy.Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dari Self-Efficacy pada metode CBT (Computer Based Test) terhadap motivasi belajar peserta didik kelas XI Manajemen Perkantoran di SMKN 1 Surabaya. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah penyebaran kuesioner. Populasi pada penelitian ini adalah kelas XI MP berjumlah 160 peserta didik dan pengambilan sampel menggunakan metode Simple Random Sampling berdasarkan tabel Isaac dan Micahel dengan taraf kesalahan 5% sehingga sampel berjumlah 113 peserta didik kelas XI MP di SMKN 1 Surabaya. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data analisis regresi sederhana dengan software SmartPLS versi 4.0.9.6 yang terdiri dari uji model pengukuran (outer model), dan uji model struktural (inner model). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Self-Efficacy pada metode CBT berpengaruh positif dengan nilai original sample sebesar 0.787 dan signifikan dengan nilai p-values sebesar 0.000 terhadap motivasi belajar, 2) Motivasi belajar dapat dipengaruhi oleh Self-Efficacy sebesar 0.619 atau 61.9% dimana pengaruh dari Self-Efficacy terhadap motivasi belajar termasuk ke dalam kriteria sedang, dan sisanya sebesar 38.1% dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel yang diteliti.
References
Aisyah, R., & Susi, Y. (2016). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu Di Kelas Vii Smp Negeri 1 Peudada. Jurnal Pendidikan Almuslim, 4(2), 1–6. https://media.neliti.com/media/publications/117214-ID-none.pdf
Farida, E. (2023). Pengaruh Self Efficacy dan Dukungan Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Vii di Mts Negeri Gresik. Journal of Engineering Research, 168. http://etheses.uin-malang.ac.id/54600/
Kusuma, N., Purwati, H., Wahyuni, A., Utomo, E. N. P., Purwanto, E., Saptadi, V. K. A. M. A. M. A. S. L. U. S. R. A. H., Saptadi, N. T. S., Fahmi, A., Chairunnisa, Pohan, S. H., & Ya’kub. (2023). ILMU PENDIDIKAN (M. P. Andri Cahyo Purnomo (ed.)). PT SADA KURNIA PUSTAKA. https://www.researchgate.net/publication/373829871_Ilmu_Pendidikan_Teknologi_Dalam_Pembelajaran_September_2023
Meriza, R. (2020). Engaruh Self-Efficacy dan Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik (Survey Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS di SMA Negeri 1 Parongpong Tahun Akademik Semester I 2020-2021). http://repository.unpas.ac.id/50096/
Nita, N. K. A. A., & Agustika, G. N. S. (2023). Efikasi Diri dan Regulasi Diri Berpengaruh terhadap Motivasi Belajar pada Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia, 11(2614–4735), 81–90.
Nugroho, B. T. A., & Mustaidah. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Pai Di Sd Negeri Candirejo. Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas Dan Intelektualitas, 7(1), 1–27. https://doi.org/10.31942/pgrs.v7i1.2722
Rasidi, & Salim, M. (2021). Pola Asuh Anak dalam Meningkatkan Motivasi Belajar (S. Anam (ed.)). Academia Publication. https://www.google.co.id/books/edition/Pola_Asuh_Anak_dalam_Meningkatkan_Motiva/nbRmEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=0
Sari, D. P., Yana, Y., & Wulandari, A. (2021). Pengaruh Self Efficacy dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MTs Al-Khairiyah Mampang Prapatan di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 13(1), 1–11. https://doi.org/10.37640/jip.v13i1.872
Saridudin. (2021). Landasan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Badan Litbang Dan DIklat Kementrian Agama RI, 5(1), 85–100. https://scholar.archive.org/work/cuboh5l7rngkfnm2buzj2rx5gi
Setriani, S., & Puspitasari, M. (2020). Hubungan Antara Self-Efficacy Dengan Motivasi Belajar Di Sma Darul Fattah Bandar Lampung. Jurnal Psychomutiara, 3(2), 10–16. https://doi.org/10.51544/psikologi.v3i2.1532
Setyaningrum, W., Riani, A. L., & Wardani, D. K. (2019). Literasi dalam Pendidikan di Era Digital untuk Generasi Milenial Pengembangan Software Computer Based Test Universitas Muhammadiyah Surabaya Literasi dalam Pendidikan di Era Digital untuk Generasi Milenial. Proceding-Literasi Dalam Pendidikan Di Era Digital Untuk Generasi Milenial, 20, 151–161.
Sucitno, F., Sumarna, N., & Silondae, D. P. (2020). Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa. Jurnal Sublimapsi, 1(3), 197–202. https://doi.org/10.36709/sublimapsi.v1i3.14307
Sugiyono (2019). Merode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D (Sutopo (ed.)). CV Alfabeta.
License
Copyright (c) 2024 Dinda Galuh Cahyaningrum, Lifa Farida Panduwinata
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.