Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Operasi Perkalian Bilangan Bulat di Sekolah Dasar
Authors
Khoirun Nisa Hasibuan , Wahyu Hengky Irawan , Abdussakir AbdussakirDOI:
10.29303/jipp.v9i3.2400Published:
2024-07-31Issue:
Vol. 9 No. 3 (2024): AgustusKeywords:
Kesulitan belajar, Perkalian, Strategi guruArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Perkalian merupakan salah satu yang berpengaruh besar terhadap keterampilan siswa dalam memahami serta menangani masalah matematika yang lebih kompleks. Namun, secara berulang para murid menghadapi kesulitan dalam memahami gagasan tentang perkalian, yang kemudian dapat berimbas pada pencapaian akademik mereka. Artikel ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan strategi guru dalam mengidentifikasi siswa yang mengalami kesulitan belajar matematika, khususnya dalam konteks perkalian, (2) mendeskripsikan tantangan utama yang dihadapi guru dalam mengajar perkalian di tingkat sekolah dasar; dan (3) mendeskripsikan strategi yang digunakan guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika pada perkalian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Wawancara dilakukan terhadap empat guru di SD Swasta Kecamatan Medan Marelan sebagai informan. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) strategi mengidentifikasi kesulitan belajar siswa melalui tes diagnostik dan observasi interaksi, (2) tantangan yang dihadapi guru dalam mengajar perkalian, termasuk kesulitan siswa dalam memahami konsep dasar, kurangnya minat dan motivasi belajar, (3) strategi pembelajaran efektif untuk mengatasi kesulitan belajar, seperti pendekatan individual, pembelajaran kelompok dengan tutor sebaya, pemanfaatan media pembelajaran, dan penataan posisi duduk siswa di kelas. Kesulitan belajarpun dapat teratasi dengan berbagai strategi yang dapat dilakukan guru seperti pendekatan individual, pembelajaran kelompok dengan tutor sebaya, pemanfaatan media pembelajaran, dan penataan posisi duduk siswa di kelas yang dapat membantu siswa memahami konsep perkalian dengan lebih baik dan meningkatkan hasil belajar mereka secara keseluruhan.
References
Adrian, N. W., & Wahidin (2023). Media Audio Visual Berbasis Powtoon Pada Konsep Kali Bagi Tambah Kurang Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FJIP UNMA, 9(3), 1562–1570. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5950
Alamsyah, E., & Farihah, U. (2024). Implementasi Teori Belajar Behavioristik Dalam Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika di SD. Mubtadi: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 5(2), 117–125. https://doi.org/10.19105/mubtadi.v5i2.11520
Al-Husna, C., & Mujib, A. (2020). Menemukan Pola Perkalian dengan Angka 9. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu, 2(1), 55–70.
Anjani, D., & Safitri, I. (2023). Pembelajaran Kooperatif Tipe Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Karakter Bersahabat/Komunikatif. Jurnal Basicedu, 7(1), 1065–1074. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4833
Asy’ari, M., & Wijayadi, A.W. (2023). Pengembangan Tes Diagnostik Kognitif Materi Kalor dan Perpindahan Kelas VII SMP. Ed-Humanistic, 8(2), 1009-1015. https://doi.org/10.33572/ed-humanistic.v8i02.5109
Auliyah, F., & Netrawati (2023). Hubungan Kepercayaan Diri Dan Perilaku Menyontek Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 29452–29461. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.11722
Dynawantika, R., Ambarwati, R., & Putri, C. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Digital Berbasis Qr-code Pada Perkalian Bilangan Cacah dengan Pendekatan RME kelas III Sekolah Dasar. Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 2(2), 252–261.
Fajaryna, G. E., Jamaludin, U., & Pribadi, R. A. (2023). Analisis Pemahaman Konsep Oprasi Hitung Perkalian Pada Peserta Didik di Kelas IV SD Negeri Cikerut. Jurnal Dirosah Islamiyah, 5(3), 906–912. https://doi.org/10.47467/jdi.v5i3.4183
Fatimah, C., Wirnawa, K., & Dewi, P. S. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Operasi Perkalian Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (Smp). Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i1.250
Haikal, E., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Perkalian Siswa Pada Pembelajaran Matematika Berbasis Daring Kelas 2 Sdn 2 Cibadak. ALPEN: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 38–49.
Hamidah, F., Khofiyya, A. N., & Putri, A. F. (2022). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Jarimatika Pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Proceeding Umsurabaya, 1(1), 115–125.
Indriani, N., Salsabila, Z. P., & Firdaus, A. N. A. (2022). Pemahaman Konsep Perkalian Dengan Menggunakan Metode RME Pada Peserta Didik Kelas III MI Miftahul Huda. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 9(1), 105–113. https://doi.org/10.24252/auladuna.v9i1a9.2022
Mandasari, N., & Rosalina, E. (2021). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bilangan Bulat di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1139–1148. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.831
Monalisa, A., Methalia, E., Yanti, Y. A., Syahrial, S., & Noviyanti, S. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Muatan Matematika Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 394–406. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4323
Muzaki, M. F., & Sholihah, U. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Media Jarimatika. 7(1), 61–68. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v7i1.23745
Nuraida. (2023). Peran Media Papan Telur dan Kelereng dalam Meningkatkan Keterampilan Perkalian Siswa Kelas II SD Negeri 057224 Paluh Gusta Tahun Pelajaran 2022/2023. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 13, 180–189. https://doi.org/10.30595/pssh.v13i.902
Panggabean, E. N., Eddison, A., & Supentri (2022). Pengaruh Pengaturan Penataan Tempat Duduk Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas XI di SMA Negeri 1 Dumai. Journal of Science and Education Research, 1(2), 1–5. https://doi.org/10.62759/jser.v1i2.12
Permatasari, R., & Nuraeni, R. (2021). Kesulitan Belajar Siswa SMP mengenai Kemampuan Koneksi Matematis pada Materi Statistika. PLUSMINUS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 145–156.
Santia, V., Misdalina, & Noviati. (2023). Pengaruh Penataan Tempat Duduk Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SDN 10 Palembang. Indonesian Research Journal on Education, 3(1), 89–95. https://doi.org/10.31004/irje.v3i1.63
Siamah, N., Nurhidayati, & Pangestika, R. R. (2023). Pengaruh Minat dan Posisi Tempat Duduk Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V di Gugus Candra. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 3120–3135. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10021
Sisca, Cahyadi, F., & Wakhyudin, H. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Kelas II Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika Materi Perkalian Dan Pembagian. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 5(2), 183–190. https://doi.org/10.22437/gentala.v5i2.9356
Suci, D. W., & Taufina, T. (2020). Peningkatan Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Berbasis Masalah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 505–512. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.371
Sugiyono (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Cv. Alfabeta.
Sujiati, S. (2020). Pembelajaran Kooperatif Berbasis Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Pesawat Sederhana di SMPN 1 Kayangan. Jurnal Paedagogy, 7(1),1- 8. https://doi.org/10.33394/jp.v7i1.2508
Susmono (2022). Peningkatan Prestasi Belajar Dengan Penataan Tempat Duduk Pada Siswa Kelas Xi Mipa 1 Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022 Di SMA Negeri 1 Magetan. Jurnal Inovasi Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 226–233. https://doi.org/10.51878/teaching.v2i2.1344
Wakit, A. (2023). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memahami Materi Perkalian. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 8(1), 80–87. https://doi.org/10.32938/jipm.8.1.2023.80-87
Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 41–47. 10.36088/fondatia.v4i1.515
Yulianti, S., Andriani, M. W., & Arifin, Z. (2023). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Perkalian Siswa Kelas 3 Dan Upaya Guru Dalam Mengatasi Kelemahan Siswa Di UPTD SD Negeri Tambegan. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 6824–6836. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.9064
License
Copyright (c) 2024 Khoirun Nisa Hasibuan, Wahyu Hengky Irawan, Abdussakir Abdussakir
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.