Pengembangan Majalah Kimia Pada Materi Kimia Unsur Untuk SMA/MA Kelas XII di Kota Mataram
Authors
Rahmawati Rahmawati , Laela Sofia , Fara Dwirani SofiaDOI:
10.29303/jipp.v9i4.2425Published:
2024-11-30Issue:
Vol. 9 No. 4 (2024): NovemberKeywords:
Kimia unsur, majalah kimia, pengembanganArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan majalah kimia sebagai suplemen pembelajaran ditinjau dari kevalidan dan kepraktisan majalah kimia pada materi kimia unsur. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model Borg & Gall. Subjek penelitian ini adalah 19 orang guru kimia dan 100 siswa kelas XII MIPA SMA/MA di Kota Mataram (SMAN 2, SMAN 3, SMAN 6, SMAN 7, dan MAN 2) yang diambil dengan teknik multistage sampling. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket respon guru kimia dan siswa serta dokumentasi. Pengambilan data respon guru kimia dan siswa menggunakan angket Skala Likert yang selanjutnya dilakukan analisis data kualitatif berdasarkan saran, komentar validator dan analisis data kuantitatif menggunakan rumus Aiken V dan persentase. Hasil penelitian meunjukkan bahwa validitas oleh ketiga validator menggunakan indeks Aiken’s V diperoleh nilai V pada komponen penyajian, pendukung penyajian, kelayakan isi, dan kebahasaan sebesar 0,78 dengan kriteria valid untuk diujicobakan dan nilai reliabilitas angket respon guru diperoleh sebesar 0,89% dengan kriteria sangat tinggi (sangat layak), angket respon siswa diperoleh sebesar 0,81% dengan kriteria sangat tinggi (sangat layak). Penilaian kepraktisan majalah kimia oleh guru kimia mendapat persentase sebesar 87% dengan kriteria sangat praktis dan respon siswa terhadap majalah kimia diperoleh persentase sebesar 85% dengan kriteria sangat praktis. Oleh karena itu majalah kimia sebagai suplemen pembelajaran sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran kimia pada materi pokok kimia unsur.
References
Ambarsari, D. W., & Bambang, H. (2017). Pengembangan Media Pop Up Culture Up Rumah Adat Jawa untuk Pembelajaran Menyusun Teks Deskripsi. Jurnal Semantik. 6(2): 1-10.
Anti, F. I. F. (2020). Penggunaan Bahasa Jurnalistik dalam Penulisan Berita Kota Makassar. Makassar: Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Aryusmar (2011). Karakteristik Bahasa Jurnalistik dan Penerapannya pada Media Cetak. Jurnal Humaniora. 2(2): 1209-1218.
Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas (Edisi 4). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Effendy, O. C. (2002). Dinamika Komunikasi. Bandung: Remaja Rodaskarya.
Embun, S., & Mardiah, A. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Gambar terhadap Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Materi Bumi dan Cuaca di Madrasah Ibtidaiyah Najahijah Palembang. Jurnal MIE. 1(1): 81-107.
Gibson, J. L., Ivancevich, J. M., & Donnely, J. H. (2012). Organisasi: Perilaku, Struktur, Proses. (Terjemahan) Edisi Delapan. Jakarta: Binapura Aksara.
Intansari, R. (2017). Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Keterampilan Bercerita Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Tanjung Senang Bandar Lampung. Bandar Lampung: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bandar Lampung.
Iskak, A., & Yustinah (2008). Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Jariati, E., & Elvi, Y. (2020). Pengembangan E-Magazine Berbasis Multipel Representasi untuk Pembelajaran Kimia di SMA pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Journal Of Natural Science and Integration. 3(2), 138-150.
Kurniawati, E. (2015). Pengembangan Majalah Biosmart Invertebrata untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMA. Semarang: Program Studi Biologi Universitas Negeri Semarang.
Mais, A. (2016). Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Jember: Pustaka Abadi.
Miftah (2013). Fungsi dan Peranan Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan. 1(2): 95-105.
Pakpahan, A., Gani, A., & Hasan, M. (2016). Pengembangan Majalah Kimia pada Materi Hukum-hukum Dasar Kimia kelas X. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia, 1(4), 52–59. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-kimia/article/view/1364.
Rangsing, B., Subiki, R., & Dina, H. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Majalah Siswa Pintar Fisika (Mapf) pada Pembelajaran IPA di SMP (Pokok Bahasan Gerak pada Benda). Jurnal Pembelajaran Fisika. 4(3): 243-247.
Riono, A. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Fiqih Model Majalah Anak Materi Thaharah untuk Peningkatan Keefektifan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Negeri Malang. (Skripsi)/ Malang: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Sanaky (2011). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kaubaka.
Setiawan, S., & Kartono, G. (2021). Analisis Penerapan Prinsip Layout, Tipografi, Warna, dan Gambar pada Sampul Majalah “Dinamika”. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences. 4(1).
Siregar (2020).
Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Russell, J. D. (2008). Instructional Technology an Media for Learning9th Edition. New Jersy: Pearson Education.
Sudjana, N., & Ahmad, R. (2013). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutherland, M., & Sylvester, A. K. (2005). Advertising and the mind of the consumet: bagaimana mendapatkan untung berlipat lewat iklan yang tepat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Syahruddin, D. (2016). Peranan Media Gambar dalam Pembelajaran Menulis. Jurnal Pendidikan Dasar. 2(1).
Valentino, D. E. (2019). Pengantar Tipografi. Jurnal Tematik. 6(2): 152-173.
Walgito, B. (2004). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi.
Yuliantika, V., Bahari, Y., & Alhidayah, R. (2018). Pengaruh Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sosiologi Kelas XI Ips Man 2 Pontianak. Artikel Penelitian, 5(2), 40–51.
Zakirman, Z., & Hidayati, H. (2017). Praktikalitas Media Video dan Animasi dalam Pembelajaran Fisika di SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni. 6(1): 85–93.
License
Copyright (c) 2024 Rahmawati Rahmawati, Laela Sofia, Fara Dwirani Sofia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.