Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap Hasil Belajar Muatan IPS Siswa Kelas VI di SDN 10 Mataram Tahun Ajaran 2021/2022

Ela Santi Nonita, Nurhasanah Nurhasanah, Abdul Kadir Jaelani

Abstract


Model-model pembelajaran yang beragam dapat diterapkan dalam proses pembelajaran salah satunya yaitu model pembelajaran Reciprocal Teaching. Model pembelajaran Reciprocal Teaching memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar mandiri, kreatif, dan lebih aktif. Model pembelajaran Reciprocal Teaching menggunakan empat strategi yaitu, Question Generating, Clarifying, Predicting, dan Summarizing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar muatan IPS siswa kelas VI di SDN 10 Mataram Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen jenis Quasi Eksperimental Design dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SDN 10 Mataram pada kelas VI yang berjumlah 58 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji One-Way ANOVA dengan perhitungan SPSS 25 yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi 2 tailed sebesar 0.000 ≤ 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar muatan IPS siswa kelas VI di SDN 10 Mataram Tahun Ajaran 2021/2022.

Keywords


Reciprocal Teaching; Hasil Belajar Muatan IPS

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Awaliah, R & Idris, R. (2015). Pengaruh Penggunaan Model Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTsN Balang-Balang Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 3(1), 59-72. Diakses pada tanggal 21 Januari 2021.

Cintiya, A.P. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa. Skripsi Universitas Pasundan Bandung: Tidak Diterbitkan.

Denalia, Vikha (2014). Pengaruh penggunaan Metode Kooperatif Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VI SD Negeri 01 Balai Ahad Kecamatan Lubuk Basung. Skripsi Universitas Negeri Padang: Tidak Diterbitkan.

Lefudin. (2017). Belajar dan Pembelajaran Dilengkapi dengan Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran dan Metode Pembelajaran, Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.

Sariyasa, Dantes & I Gst. Ngr. Ag. Pisca Gita, Ny. (2014). Pengaruh Model Reciprocal Teaching terhadap Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar, Vol.4. Diakses pada tanggal 20 Januari 2021.

Shoimin, Aris (2016). Enam Puluh Delapan Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Yamin, M. (2015). Teori dan Metode Pembelajaran. Malang: Madani.




DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.245

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

JIPP's Visitors

Flag Counter

Statistik

Editor's Office

Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan

FKIP Universitas Mataram, Jln. Majapahit no. 62 Mataram 83125, Lombok, NTB Indonesia

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.