Rancangan Konten Pembelajaran Geografi Pariwisata Berbasis Wisata Pantai Botutonuo berintegrasikan Photography Essay
Authors
Hendra Hendra , M Iqbal Liayong Pratama , Rakhmat Jaya Lahay , Hasriyanti HasriyantiDOI:
10.29303/jipp.v6i3.251Published:
2021-11-24Issue:
Vol. 6 No. 3 (2021): NovemberKeywords:
Botutonuo, Konten pembelajaran, Photography Essay, Komponen wisataArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Konten Pembelajaran telah menjadi bagian penting dalam pembelajaran di masa pandemi saat ini. Pembelajaran yang memanfaatkan jejaring sangat mudah diakses. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang rancangan konten pembelajaran geografi pariwisata berbasis wisata pantai botutonuo berintegrasikan photography essay. Metode yang digunakan dalam penelitian ini Deskriptif eksplorasi yang akan mendeskripsikan fenomena secara konprehenship. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Desain penelitian dilakukan dengan analisis kebutuhan, yang disesuaikan dengan rencana pembelajaran semester, capaian pembelajaran dan karakteristik materi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa 1). Hasil analisis kebutuhan materi geografi pariwisata berdasarkan capaian pembelajaran menunjukan sumber belajar dari Wisata pantai botutonuo antara lain Sumber daya wisata pantai Botutonuo, Pendukung wisata pantai Botutonuo, Wisatawan Pantai Botutonuo, Kawasan Wisata Pantai Botutonuo dengan 11 sub bagian yang memiliki Materi Pembelajaran yang sesuai yaitu Daya Tarik Wisata, Daya Tarik wisata dari Unsur alami, Daya tarik wisata dari unsur non alami, Jenis sarana pendukung wisata, Jenis prasarana pendukung wisata, Kebutuhan dasar wisatawan, Karakteristik wisatawan, Toponimi wisatawan, Komponen dasar Wisata, Atraksi wisata, Amenitas, Aksesibilitas. 2) Komponen wisata yang menjadi sumber belajar antara lain atraksi wisata (pesisir pantai botutonuo, Vegetasi, dan Spot dermaga), amenitas (penginapan, gasebo, menara pandang botutonuo, market, warung makan, tempat ibadah, toilet, area parkir, penerangan) dan akessibilitas (bandara, pelabuhan, terminal, akses jalan). Sebagai kesimpulan Wisata Pantai Botutonuo yang berintegrasikan photography essay memiliki karakteristik yang bersesuaian dengan materi geografi pariwisata, capaian pembelajaran dan karakteristik materi yang terfokus pada komponen wisata. Sehingga dapat menjadi rekomendasi yang efektif kepada pihak terkait, bahwa Wisata pantai Botutonuo yang berintegrasikan photography essay dapat dijadikan sebagai konten pembelajaran pada materi geografi pariwisata.
References
Abdullah, R. (2012). Pembelajaran Berbasis Pemanfaatan Sumber Belajar. Jurnal Ilmiah Didaktika, 12(2), 216–231. https://doi.org/10.22373/jid.v12i2.449
Anggini, A. (2016). Pemanfaatan Pantai Ayah Sebagai Sumber Belajar Geografi Kelas X Materi Pokok Hidrosfer Sma Negeri Sumpiuh Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Geografi : Media Informasi Pengembangan Dan Profesi Kegeografian, 13(2), 114–126. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jg.v13i2.7970
Arjuna, R., Irsan, M., & Sukisno, S. (2020). Aplikasi Konten Pembelajaran Pemrograman Berbasis Android. Jutis (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 6(2), 89–94.
Banowati, E. (2007). Buku Teks Dalam Pembelajaran Geografi Di Kota Semarang. Jurnal Geografi, 4(2), 147–158. https://doi.org/10.15294/jg.v4i2.106
Dhea, N., Nafisah, S., Ardiansyah, A. N., & Windarti, A. (2019). Analisis Pemanfaatan Objek Wisata Gunung Padang Sebagai Sumber Belajar Geografi. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 6(1), 34–41. https://doi.org/10.15408/sd.v6i1.12387
Hakim, A. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Lingkungan Untuk Siswa SMP/MTs. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 3(2), 135–139.
Hendra, Budijanto, Ruja, I. N. (2018). Penguatan Kesetiakawanan Sosial Peserta Didik melalui Nilai Budaya Perayaan Maudu Lompoa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2015, 1339–1342. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Lestari, N. A., Eraku, S. S., & Rusiyah, R. (2021). Pengaruh Pembelajaran Berintegrasikan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (Stem) Terhadap Hasil Belajar Geografi Di Sma Negeri 1 Gorontalo. Jambura Geo Education Journal, 2(2), 70–77. https://doi.org/10.34312/jgej.v2i2.11587
Maisaroh, S., Haryanto, & Banowati, E. (2017). Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Geografi Pada Materi Sumber Daya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Ma Tarbiyatul Islamiyah. Edu Geography, 5(3), 152–160. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/edugeo/article/view/19073
Maku, D., & Pariono, A. (2020). Peran Kepala Desa Dalam Penyelesaian Konflik Di Obyek Wisata Pantai Botutonuo Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 5(2), 78–86. https://doi.org/10.37606/publik.v5i2.27
Manakane, S. E. (2020). Pengaruh Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Geografi Di Sma 1 Piru Kabupaten Seram Bagian Barat. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogika Dan Dinamika Pendidikan, 5(2), 114–132. https://doi.org/10.30598/pedagogikavol5issue2page114-132
Marn, R., & Roldn, J. (2010). Photo essays and photographs in visual arts-based educational research. International Journal of Education Through Art, 6(1), 7–23. https://doi.org/10.1386/eta.6.1.7_1
Mulyani, A. W., Karnadi, H., Renaningtyas, L., Studi, P., Komunikasi, D., Seni, F., & Siwalankerto, J. (n.d.). Pendahuluan Metode Penelitian Identifikasi dan Analisis Data. 1–9.
Musafiri, M. R. Al, Utaya, S., & Astina, I. K. (2016). Potensi Kearifan Lokal Suku Using Sebagai Sumber Belajar Geografi SMA Di Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(10), 2040–2046. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/7955
Muzakkir. (2016). Pengaruh Sumber Belajar Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 86–91. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jtp.v1i2.625
Nainggolan, Y. A., Afrianto, D., Fachrowi, W. M. A., & Saputra, R. (2021). Efektifitas Metode Konten Pembelajaran Terhadap. Kumpulan Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional 2021 Institut Teknologi Telkom Surabaya, 2(1), 85–98. https://journal.ittelkom-sby.ac.id/lkti/article/view/122
Nalatilfitroh, N., & Banowati, E. (2015). Relevansi Pemanfaatan Potensi Desa Wisata Candirejo Kabupaten Magelang Sebagai Sumber Belajar Geografi SMA. Edu Geography, 3(6), 9–15.
Nurlaela, A. (2016). Peranan Lingkungan Sebagai Sumber Pembelajaran Geografi Dalam Menumbuhkan Sikap Dan Perilaku Keruangan Peserta Didik. Jurnal Geografi Gea, 14(1), 40–48. https://doi.org/10.17509/gea.v14i1.3361
Panigoro, C., Perairan, M. S., & Perikanan, F. (2018). Persepsi dan Partisipasi Masyarakat terhadap Kegiatan Wisata Pantai di Desa Botutonuo. 6, 1–7.
Pratiwi Mushar, S. W. (2015). Layak Huni dan Layak Wisata Pantai Studi Kasus: Pantai Botutonuo, Provinsi Gorontalo. ProsidingTemuIlmiah IPLBI, 1.
Sasmita, R. S. (2020). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI DINAMIKA PENDIDIKAN, 2(1), 99–103. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.603
Sutherland, P. (2016). The Photo Es s ay: Pa t rick Su t h e rl a n d. Visual Anth Ropology Review, 32(2), 151–121.
Syarif, E., Sumarmi, S., & Astina, I. K. (2016). Integrasi Nilai Budaya Etnis Bugis Makassar Dalam Proses Pembelajaran Sebagai Salah Satu Strategi Menghadapi Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(1), 13–21. https://doi.org/10.17977/um022v1i12016p013
Taufik, M., & Wikan, D. (2017). Perancangan Fotografi Esai “Semarang City By The Sea†dengan Pendekatan Edfat. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 3(02), 204–212. https://doi.org/10.33633/andharupa.v3i02.1529
Utomo, B. T. (2018). Pengembangan Aplikasi Mobile Konten Pembelajaran untuk Sekolah. Jurnal Global, V(2), 1–4. https://core.ac.uk/reader/275909790