Efektifitas Permainan Estafet Bola terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn
Authors
Rina Nur Farida , Agnita Siska Pramasdyahsari , Hartati Hartati , Henry Januar SaputraDOI:
10.29303/jipp.v9i3.2513Published:
2024-08-30Issue:
Vol. 9 No. 3 (2024): AgustusKeywords:
Hasil Belajar, Metode Permainan Edukatif, PPKnArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan metode permainan estafet bola terhadap hasil belajar siswa paa materi gotong royong mata peajaran PPKn kelas 1 SD Negeri Tawang Mas 01. Metode ini menggunakan metode penelitian Pre_Eksperimental dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Dalam penelitian populasi sebanyak 27 responden dan sample sebanyak 27 orang. Berdasarkan rata-rata nilai pretest 66,29 dan rata-rata posttest 82,07, kemudian diujikan melalui uji normalitas, uji t, dan uji N-Gain. Hal ini terbukti dengan hasil dari uji hipotesis melalui uji t bahwa nilai Sig < 0,05 maka Ho di tolak dan Ha di terima dengan taraf signifikan a = 0.05 dengan nilai sgnifikan 0.000 < 0.05 yang artinya bahwa metode permainan estafet bola efektif meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Dalam uji N-Gain diperoleh data mean sebesar 0.4752, yang artinya lebih besar dari 0.7 sehingga data tersebut dalam kategori tinggi. Dengan begitu perlakuan dengan menggunakan metode permainan estafet bola tehadap hasil belajar kognitif siswa pada materi gotong royong kelas 1 SD Negeri Tawang Mas 01 memiliki efektifitas tinggi.
References
Ariyani, B., Wasitohadi, W., & Rahayu, T. S. (2019). Meningkatkan Antusiasme dan Hasil Belajar Siswa dengan Model Picture and Picture Berbantuan Media Puzzle pada Muatan Matematika, Bahasa Indonesia, dan PPKn Kelas 1 SD. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (Jartika), 2(1), 289-296.
Citra Juwita May, Rahman Hasibuan, & Arnesih Arnesih (2022). Penerapan Permainan Edukatif Estafet Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. https://doi.org/10.33373/jmob.v2i1.4075
Dewi, Suci Martha Mustika Retno (2018). Pengaruh Permainan Estafet Bola Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak (Penelitian pada Anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Universal Temanggung Tahun Ajaran 2017/2018). http://eprintslib.ummgl.ac.id/1864/
Eko, Budi Sulistyo (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PPKn melalui Model Pembelajaran Kooperatif TGT (Team Game Tournaments). laba,+10.+Eko+Budi+Sulistyo+233-240.pdf
Fathul, Huda (2017). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pokok Bahasan Pancasila Sebagai Dasar Negara Republik Indonesia Kelas Vi Tahun Pelajaran 2017/2018. 1958-Article Text-5365-1-10-20180214.pdf
Hardyanti, N., & Isnarmi, I. (2020). Keterlibatan Siswa dalam Proses Pembelajaran PPKn di SMP N 3 Bukittinggi. Journal of Civic Education, 3(3), 339-349.
Hidayatul, Nurfadlilah (2023). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa Sekolah Dasar Melalui Media Puzzle Gotong Royong. 18+(97-102).pdf
Ifrianti, Syofnida (2015). Implementasi Metode Bermain Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar.
Lestari, D. G., & Irawati, H. (2020). Literature Review: Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Dan Motivasi Siswa Pada Materi Biologi Melalui Model Pembelajaran Guided Inquiri. BIOMA: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 2(2), 51-59.
Muhali, M. (2019). Pembelajaran inovatif abad ke-21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 3(2), 25–50. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.126
Oktarina (2014). Model pembelajaran keseimbangan melalui permainan estafet Bola di lingkungan persawahan. Journal of Physical Education Health And Sport.
Rizal, Efendi (2024). Keefektifan Model PBL Berbantu Media Canva Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pemblajaran IPAS Kelas 4 di SDN Pedurungan Lor 02. https://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/2138/1207
SelpiyaniY., & DarmayantiN (2023). Penerapan Permainan Estafet Bola Kertas Dalam Menstimulasi Perkembangan Sosial Emosional Anak di RA Nurul Almi Arrafi. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 3(2), 396-406. https://doi.org/10.47467/edui.v3i2.3719
Sudaryono (2019). Metodologi Oenelitian Kuantitatif, Kualitatif, Mix Method. Depok: Raja Grafindo Persada.
Sugiyanto (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Yuma Pustaka
Yeni, Lestari (2016). Pengaruh Bermain Estafet Puzzle Terhadap Kerja Sama Dalam Kelompok Usia 4-5 Tahun Di Tk Aisyiyah Telukbetung Bandar Lampung. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf
Yunita, Selpiyani (2023). Penerapan Permainan Estafet Bola Kertas Dalam Menstimulasi Perkembangan Sosial Emosional Anak di RA Nurul Almi Arrafi. 3719-Article Text-21200-1-10-20230530.pdf
Zuhdi, F., Khairunnisa, K., & Jiwandono, I. S. (2021). Pengaruh Metode Group Investigation terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Muatan Materi PPKn di Kelas V SDN 2 Kalijaga. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 2(1), 44-54
Zulfasari, Rina (2013). Penerapan Modifikai Permainan Lari Estafet Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Hasil Belajar Dalam Pembelajarn Penjaskes. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan. UNESA. (Online) Tersedia Vol 1 No 02 (2013)
License
Copyright (c) 2024 Rina Nur Farida, Agnita Siska Pramasdyahsari, Hartati Hartati, Henry Januar Saputra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.