Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Android Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Siswa Lintas Minat
Authors
Bentan Nuijie Tamanolies , Gito Hadiprayitno , Mohammad Liwa IlhamdiDOI:
10.29303/jipp.v9i3.2643Published:
2024-08-21Issue:
Vol. 9 No. 3 (2024): AgustusKeywords:
Hasil Belajar, Lintas Minat, Media PembelajaranArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Media pembelajaran berbasis android berperan penting dalam kegiatan pembelajaran karena itu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa lintas minat; (2) mengetahui pengaruh peminatan biologi terhadap hasil belajar siswa lintas minat; dan (3) mengetahui pengaruh interaksi media pembelajaran berbasis android dengan peminatan biologi terhadap hasil belajar siswa lintas minat. Penelitian ini dilakukan di SMAN 7 Mataram dengan sampel sebanyak 2 kelas yaitu X IPS 1 dan X IPS 2. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian Quasy Experimental. Uji hipotesis menggunakan statistik Two Way Anova dengan taraf signifikansi (a)=5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa lintas minat dengan nilai sig < 0.05; (2) tidak terdapat pengaruh peminatan biologi terhadap hasil belajar siswa lintas minat dengan nilai sig > 0.05; (3) terdapat pengaruh interaksi antar media pembelajaran berbasis android dengan peminatan biologi terhadap hasil belajar siswa lintas minat dengan nilai sig < 0.05. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis android memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa.
References
Ali, M., & Setiani, D.D. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Konsep Jamur. Jurnal Bioedusiana. 3(2), 59-63. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/bioed/index
Azhar, A. (2017). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Azizah, S., Khuzaemah, E., & Lesmanawati, I. R. (2017). Penggunaan Media Internet eXe-Learning Berbasis Masalah Pada Materi Perubahan Lingkungan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains. 6(2), 197-213. DOI: http://dx.doi.org/10.24235/sc.educatia.v6i2.1957
Fatimah, S., & Mufti Y. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran IPA-Fisika Smartphone Berbasis Android Sebagai Penguat Karakter Sains Siswa. Jurnal Kaunia. 10(1), 59-64. https://doi.org/10.14421/kaunia.1066
Hadiprayitno, G., Kusmiyati, K., Lestari, A., Lukitasari, M., & Sukri, A. (2021). Blended Learning Station-Rotation Model: Does it Impact on Preservice Teachers’ Scientific Literacy? Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. 7(3), 317–324. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7i3.676
Irwansyah, F. S., Lubab, I., Farida, I., & Ramdhani, M. A. (2017). Designing Interactive Electronic Module In Chemistry Lessons. Journal of Physics: Conference Series. 895(1): 1-7. doi: https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012009
Juraman, S. R. (2014). Pemanfaatan Smartphone Android Oleh Mahasiswa Ilmu Komunikasi dalam Mengakses Informasi Edukatif. Journal Acta. 3(1), 57-63. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/4493
Kustandi, C., & Sutjipto, B. (2013). Media Pembelajaran: Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Miarso, Y. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Ningsih, S., Ramdani, A., & Hadiprayitno, G. (2024). Perbedaan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Menggunakan Media Tiga Dimensi (3D) Berbasis Android Dengan Media Video Pembelajaran. Journal of Classroom Action Research, 6(2). 462-468. DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i2.8251
Nirmalasari, D., Mulyani, B., & Utami, B. (2013). Studi Komparasi Penggunaan Media Mind Map dan Crossword Puzzle Pada Metode Proyek Ditinjau dari Kreativitas Siswa terhadap Prestasi Belajar Pada Materi Pokok Sistem Koloid Kelas XI Semester Genap Sma N 1 Banyudono Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret. 4(2), 110-117. https://www.neliti.com/id/publications/126531/studi-komparasi-penggunaan-media-mind-map-dan-crossword-puzzle-pada-metode-proye#cite
Nurbavliyev, O. K., Kaymak, S., & Almas, A. (2020). The impact of project-based learning on students’ achievement in mathematics. Bulletin of Toraighyrov University. Pedagogics Series. 5(3.2020),367–377. https://www.researchgate.net/publication/349311333_The_impact_of_projectbased_learning_on_students'achievement_in_mathematics
Oktavera, S. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. 6(2), 312-323. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/496
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 69 Tahun 2013. (2013). Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas / Madrasah Aliyah. https://peraturan.go.id/id/permendikbud-no-69-tahun-2013.
Pratama, Y. M. P., Iswari, R. S., & Ngabekti, S. (2018). Korelasi Persepsi dan Minat dengan Hasil Belajar Siswa Kelas 10 Lintas Minat Biologi SMAN 1 Ambarawa. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA. 8(1), 57-67. https://doi.org/10.21580/phen.2018.8.1.2183
Pratomo, E. N., Rosyidi, A., & Karyanto, P. (2012). Hasil Belajar Biologi Ranah Kognitif Ditinjau dari Model Every One is a Teacher Here dan Minat Belajar Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 1 Sukoharjo. Jurnal Pendidikan Biologi. 4(3), 67-72. https://jurnal.uns.ac.id/bio/article/view/5590
Putra, R. S., Wijayanti, N., & Mahatmanti, F. W. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 11(2), 2009-2018. https://doi.org/10.15294/jipk.v11i2.10628
Ramdani, A., Jufri, A., & Jamaluddin, J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran. 6(3), 433-440. doi: https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2924
Riafadilah, A., & Dewi, L. (2018). Evaluasi Implementasi Lintas Minat Dalam Kelompok Peminatan di SMA/ MA Kecamatan Lembang. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 11(2), 129-133. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v11i2.19831
Rosyid, N., & Suhayati, E. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran dan Latar Belakang Pendidikan Siswa terhadap Hasil Belajar Ilmu Fara’id. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran. 5(1), 76-96. https://doi.org/10.33394/jtp.v5i1.2856
Sasmitha, L. D., Hadiprayitno, G., Ilhamdi, M. L., & Jufri, A. W. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Android terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa. Journal of Classroom Action Research. 5(SpecialIssue), 292- 298. DOI: https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.4263
Slameto (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Supriyono, S. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar. 2(1), 43-48. https://doi.org/10.26740/eds.v2n1.p43-48
Syah, M. (2010). Psikologi belajar. Jakarta: Rajawali Press.
Talakua, C., & Elly, S. S. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Biologi Mobile Learning terhadap Minat dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Kota Masohi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. 6(1), 46-57. https://doi.org/10.22437/bio.v6i1.8061
Tawil, M., & Liliasari, L. (2014). Keterampilan-keterampilan sains dan implementasinya dalam pembelajaran IPA. Makasar: Badan Penerbit Unm.
Uma, E. R. A., Makaborang, Y., & Ndjoeroemana, Y. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX pada Konsep Perkembangbiakan Tumbuhan. Jurnal Pendidikan Indonesia Gemilang. 2(1), 9-16. https://doi.org/10.53889/jpig.v2i1.58
Utami, C. N., Muhlis & Hadiprayitno, G. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Android terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Journal of Classroom Action Research. 6(2), 405-411. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i2.7678
Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis Penguasaan Konsep Siswa yang Belajar Kimia Menggunakan Multimedia Interaktif Berbasis Green Chemistry. Jurnal Pijar Mipa. 14(3). 135-140. https://10.29303/jpm.v14i3.1299
License
Copyright (c) 2024 Bentan Nuijie Tamanolies, Gito Hadiprayitno, Mohammad Liwa Ilhamdi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.