Pengembngan E-Modul Berbasis Canva Pada Materi Choux Paste Bagi Siswa SMK Kuliner
Authors
Ani Asriati , Lucia Tri Pangesthi , Andika Kuncoro Widagdo , Ita Fakhtur RomadhoniDOI:
10.29303/jipp.v9i4.2731Published:
2024-11-30Issue:
Vol. 9 No. 4 (2024): NovemberKeywords:
Pengembangan Model 4D, E-modul, Canva, choux paste.Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui : 1) hasil pengembangan E-modul berbasis canva pada materi choux paste bagi siswa SMK Kuliner; 2) kelayakan isi materi E-modul berbasis canva pada materi choux paste bagi siswa SMK Kuliner; 3) Kelayakan media E-modul berbasis canva pada materi choux paste bagi siswa SMK Kuliner; 4) Mengetahui respon siswa terhadap penggunaan E-modul berbasis canva pada materi choux paste bagi siswa SMK Kuliner. Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (research and development/R&D) khususnya model 4D menurut Thiagarajan. langkah-langkah pada model ini meliputi pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Analisis pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dengan subjek penelitian yaitu terdiri dari 4 validator (2 validator materi & 2 validator media) serta 33 peserta didik SMKN 1 Lamongan. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Penelitian menunjukan: 1) Hasil e-modul berbasis canva yang dapat diakses pada link https://shorturl.at/qr441; 2) kelayakan materi dan media dinyatakan sangat layak dengan nilai rerata masing-masing yaitu 96,50% dan 87,79%; 3) respon siswa sangat baik dengan rerata 87,13%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa E-modul berbasis canva ada materi choux paste bagi siswa SMK Kuliner sangat layak untuk diterapkan dalam pembelajaran.
References
Aditomo, Anindito (2024). Kajian Akademik Kurikulum Merdeka. 2017: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Aisyah, B. N. (2020). “Pengembangan E-Modul Berbasis Glideapps Pada Kelas X SMK." Jurnal Tata Boga Tersedia 11(2): 155–63.
Anharuddin, Muhammad `Izza Mahendra, & Andi Prastowo (2023). “Pengembangan Bahan Ajar Tematik Dengan Media Pembelajaran Lectora Inspire." Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 7(1): 94–108.
Anita Rasyid (2024). “Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis PBL Berbantuan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar Peserta Didik SMA." Jurnal Pendidikan Fisika 11(3): 36–55. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index.
Arsal, Muhammad, Muhammad Danial, & Yusminah Hala (2019). “Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Materi Sistem Peredaran Darah Pada Kelas XI MIPA SMAN 6 Barru.” : 434–42.
Daryanto (2013). Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.
Dinnisa, Kholifah, & Fitria Sulistyowati (2022). “Pengaruh E-Modul Interaktif Berbasis Canva Pada Materi Kekongruenan Dan Kesebangunan Terhadap Siswa Minat Belajar Rendah.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika IV 4(Sandika IV).
Ega Mahardhika Rahman Edris (2018). “Pengembangan E-Modul (Electonic Module) Pada Mata Pelajaran Pengolahan Citra Digital Materi Vektor Untuk Siswa Kelas XI Multimedia SMK Negeri 1 Klaten." Skripsi.
Enterprise, Jubile (2024). "Desain Grafis Dengan Canva." Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
Faridah, Anni (2008). Patiseri Jilid 2. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
Hertiansyah, H. K. (2018). “Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Lectora Inspire Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik.” Doctoral dissertation, Universitas Negeri Jakarta. http://repository.unj.ac.id/id/eprint/330.
Kemendikbud. (2017). “Panduan Praktis Penyusunan Modul.” In Direktorat Pembinaan SMA. Ditjen Pendidikan Dasar, 3.
Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Bumi Aksara.
Kurniawan, Citra, & Dedi Kurniawan (2021). Pengembangan E-Modul Sebagai Media Literasi Digital Pada Pembelajaran Abad 21. 1st ed. Lamongan: Academia Publication.
Laili, I. (2019). “Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran 3: 306–15.
Maisyarah, Athika, Nillofa Ende, Ilmiyati Rahmy Jasril, & Putra Jaya (2022). “Perancangan Dan Pembuatan E-Modul Interaktif Berbasis Canva Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika.” 8(2): 193–99.
Muslim, M. F. (2023). “Pengembangan Modul Matematika Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP/MTs.” Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang.
Nurhayati, Yayat (2019). “Pengembangan Modul Cetak 1000 Hari Pertama Kehidupan Untuk Pelatihan Kader Bina Keluarga Balita di BKKBN." Jurnal Ilmiah VISI PGTK PAUD dan Dikmas 14(1). http://doi.org/JIV.1401.3.
Prof. Dr. Sugiyono (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. 23rd ed. Bandung: Alfabeta CV.
Purwaningtyas, Wasis D. Dwiyogo, & Imam Hariyadi (2017). “Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Online Dengan Program EDMODO." Jurnal Pendidikan 2(1): 121–29.
Puspita, Kana, Muhammad Nazar, Latifah Hanum, & Muhammad Reza (2021). “Pengembangan E-Modul Praktikum Kimia Dasar Menggunakan Aplikasi Canva Design.” Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA 5(2): 151–61.
Putri, Cindy Sonia, & Nunuk Suryanti (2022). “E-Modul Dengan Canva Apps Untuk Mendorong Kemandirian Belajar Siswa.” 6(5): 420–28.
Rahmat (2019). “Pengembangan Modul Pramuka Siaga Usia 7 Sampai 10 Tahun Dalam Membentuk Karakter Siswa Sd/Mi.” Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung.
Ruzani, Azmi, Ulfa Fitri, & Yetti Ariani (2023). “Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Menggunakan Web Canva Pada Pembelajaran IPAS Di Kelas IV Sekolah Dasar.” 11: 400–410.
Saniah, Fida Latifatus (2023). “Pengembangan E-Modul Adaptif Berbasis Canva Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X SMA Dengan Model ASSURE." Digital Repository Universitas Jember.
Sari, Putri Mayang (2022). “Pengembangan E-Modul Pelajaran Ekonomi Berbasis Canva Pada Materi Perkoperasian Kelas X IPS Di SMAN 1 Cerenti Development of Canva-Based Economics E-Module on Cooperative Materials for Class X Social Sciences at SMAN 1 Cerenti.” 13(1).
Setiawan, B. (2020). “Kemudahan Penggunaan Dan Navigasi Intuitif Dalam E-Modul: Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Dan Kepuasan Pengguna.” Jurnal Teknologi Pendidikan 12(4): 145–60.
Supriyono, A. (2021). “Konten Modul Yang Terstruktur Dan Informatif: Meningkatkan Pemahaman Dan Keterlibatan Siswa Dalam Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan Modern 15(3): 210–25.
Syahrizaldy, Achmad, Marianus Subandowo, & Hari Karyono (2023). “Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Blended Learning Melalui Website Canva Mata Pelajaran Penjaskesorkes.” Jurnal Teknologi Pendidikan 8(1): 41–50.
Tambunan, Lois Oinike, & Janwar Tambunan (2023). “Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Matematika Berbantuan Aplikasi Canva Pada Materi Grafik Fungsi Eksponen Dan Logaritma.” 7(4): 1029–38.
Tanama, Johan (2023). “Pengembangan E-Modul Sejarah Indonesia Dengan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Kelas XI.” Jurnal Teknologi Pendidikan 8(1): 71–83.
Taufan, Agum, Sri Astutik, Muhammad Asyroful Mujib, & Elan Artono Nurdin (2023). “Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Aplikasi Canva Pada Materi Pengelolaan Sumber Daya Alam Indonesia Siswa SMA.” 11(2): 133–43.
Thiagarajan, Sivasailam, & Others. (1974). “Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana Univ., Bloomington. Center for Innovation in.” National Center for Improvement of Educational Systems (DHEW/OE), Washington, D. C. (Mc).
Utami Pratiwi (2021). Mudah Belajar Desain Grafis Dengan Aplikasi CANVA. 1st ed. ed. Dania. Yogyakarta: Viva Press.
Vina, Lyne et al., (2022). “Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Canva Pada Materi Sistem Regulasi." Jurnal Biogenesis 18(2): 132–44.
Wahyuni, Dila (2020). “Efektifitas E-Modul Berbasis Problem SolvingTerhadap Keterampilan Berfikir Kritis Perserta Didik.” 6(2): 180–89.
Wibowo, Edi, & Dona Dinda Pratiwi (2018). “Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan Pendidikan.” Jurnal Matematika 1(2): 147–56.
Wijayadi, Andri Wahyu (2019). “Pengembangan E-Modul Struktur Atom Untuk Mendukung Perkuliahan Kimia Dasar Berbasis Blended Learning Development Of E-Module Atomic Strukture To Support Basic." 7(2): 57–61.
Yuliani (2021). “Pengembangan E-Book Pengetahuan Bahan Makanan Daging Berbasis Flipbook Maker Bagi Siswa Fase E Smk Kuliner.” Jurnal Ilmiah Kependidika
n 5475(Xxxx): 1–12.
License
Copyright (c) 2025 Ani Asriati, Lucia Tri Pangesthi, Andika Kuncoro Widagdo, Ita Fakhtur Romadhoni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.