Pengaruh Model Creative Problem Solving Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik
Authors
Muhammad Abadi , Wahyudi Wahyudi , Kosim Kosim , Aris DoyanDOI:
10.29303/jipp.v9i4.2803Published:
2024-11-30Issue:
Vol. 9 No. 4 (2024): NovemberKeywords:
Creative Problem Solving, Keterampilan berpikir kreatif, Pengukuran.Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Creative Problem Solving (CPS) terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didikpada materi pengukuran di SMAN 3 Praya, Lombok Tengah. Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group. Sampel penelitian diambil dengan tekhnik non probability atau sampel jenuh, dimana 2 kelas digunakan sebagai sampel kelas XE5 dan XE6. Instrumen penelitian meliputi tes keterampilan berpikir kreatif yang berfokus pada empat indikator: kelancaran, fleksibilitas, orisinalitas, dan elaborasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata pre-test kelas eksperimen adalah 27,59 dan skor post-test adalah 62,31, sedangkan kelas kontrol memiliki skor rata-rata pre-test 25,84 dan post-test 59,75. Persentase peningkatan keterampilan berpikir kreatif di kelas eksperimen untuk indikator kelancaran, fleksibilitas, orisinalitas, dan elaborasi meningkat dari 49,9% menjadi 78,5%, 25% menjadi 60,5%, 19,3% menjadi 55,5%, dan 16,3% menjadi 54,8%. Uji hipotesis menggunakan uji t sampel independen menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,003 (p < 0,05), yang menunjukkan adanya pengaruh signifikan dari model CPS terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Skor N-Gain untuk kelas eksperimen adalah 0,47, sedangkan untuk kelas kontrol 0,45, keduanya dikategorikan sebagai peningkatan sedang. Temuan ini menunjukkan bahwa model CPS efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik, terutama dalam pembelajaran fisika.
References
Alvina, A. S. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Secara Kreatif Peserta Didik Kelas X Pada Materi Perubahan Lingkungan. Unila. http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79071
Arikunto, Suharsimi (2020). Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Arnyana, I. B. P. (2019). Pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi 4c (communication, collaboration, critical thinking dancreative thinking) untukmenyongsong era abad 21. Prosiding: Konferensi Nasional Matematika dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 1(1), i-xiii.
Azizah, Z. N., & Santoso, B. (2023). Pengaruh Creative Problem Solving (CPS) Terhadap kemampuan berpikir kreatif ditinjau dari minat belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 15(1), 1-8.
Busyairi, A., & Sinaga, P. (2015). Strategi pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbasis eksperimen untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan keterampilan berpikir kreatif. Jurnal pengajaran MIPA, 20(2), 133-143. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v20i2.36234
Fanani, M. Z. 2018. Strategi Pengembangan Soal Hots Pada Kurikulum 2013. Edudeena, 2(1).
Guilford, J. P. (1950). Creativity. American Psychologist, 5(9), 444–454
Hasan, Y., Syahrial, A., Busyairi, A., & Doyan, A. (2024). Pengaruh Strategi Creative Problem Solving dengan Pendekatan STEM Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial, 1(1), 22-28.
Imam, H., & Taufik, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Kelas X SMAN 1 Sanggar Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 8(SpecialIssue), 58-66. https://doi.org/10.29303/jpft.v8iSpecialIssue.3715
Insani, F. D. (2019). Sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia sejak awal kemerdekaan hingga saat ini. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 8(1), 43-64. https://doi.org/10.51226/assalam.v8i1.132
Lestari, A. P. (2022) Pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi dinamika rotasi dan kesetimbangan benda tegar (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). https://doi.org/10.31932/ve.v8i2.39
Malisa, S., Bakti, I., & Iriani, R. (2018). Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Vidya Karya, 33(1), 1-20. http://dx.doi.org/10.20527/jvk.v33i1.5388
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29-40. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813
Munandar, H., Sutrio, S., & Taufik, M. (2018). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media animasi terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar fisika peserta didik SMAN 5 Mataram tahun ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(1), 111-120. https://dx.doi.org/10.29303/jpft.v4i1.526
Pisaba, M. D. (2018). Pengaruh metode Problem Solving terhadap kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan berfikir kreatif peserta didik SMK SMTI Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Puspa, C. I. S., Rahayu, D. N. O., & Parhan, M. (2023). Transformasi pendidikan abad 21 dalam merealisasikan sumber daya manusia unggul menuju indonesia emas 2045. Jurnal Basicedu, 7(5), 3309-3321. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5030
Putri, C. S. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Memecahkan Masalah Fisika Pada Peserta didik Sma. http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58200
Putri, C. S., Sesunan, F., & Wahyudi, I. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Pemecahan Masalah Fisika Pada Peserta didik SMA. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 7(2), 149-155.
Rahma, A. A., & Wicaksono, I. (2023). Efektivitas Model Creative Problem Solving (CPS) terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta didik pada Materi Kalor. Journal on Education, 5(3), 5668-5679.
Rolio, R., Rosmaiyadi, R., & Husna, N. (2017). Pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi program linier kelas XI SMK. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 72-82. https://doi.org/10.31932/ve.v8i2.39
Wisela, A. Y., Sahidu, H., & Ayub, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pijar Mipa, 15(1), 27–31. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i1.1476
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928-3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Abadi, Wahyudi Wahyudi, Kosim Kosim, Aris Doyan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.