Pengaruh Strategi Pembelajaran Group Investigation berbantuan Media Audio Visual terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V SDN Inpres Doridungga Tahun Ajaran 2021/2022

Ekawulan Lestari, Muhammad Tahir, Baiq Niswatul Khair

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Group Investigation berbantuan media audio visual terhadap keterampilan proses sains siswa kelas V SDN Inpres Doridungga tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berjenis Quasi Eksperimental tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini seluruh kelas V SDN Inpres Doridungga yang berjumlah 35 siswa dan teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel yaitu teknik sampling jenuh yang dimana kelas V/A dijadikan kelas eksperimen dan kelas V/B dijadikan kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu rubrik dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji linearitas, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi. Data dianalisis menggunakan uji-t hipotesis penelitian didapatkan nilai  t-hitung (11,496 dan 11,566) > t-tabel 0,334. Berdasarkan hipotesis penelitian jika nilai t-hitung > t-tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima, hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran Group Investigation berbantuan media audio visual terhadap keterampilan proses sains siswa kelas V SDN Inpres Doridungga tahun ajaran 2021/2022, kemudian dilanjutkan dengan uji koefisien determinasi yang diperoleh nilai 62%, nilai tersebut termasuk dalam kategori tinggi.

Keywords


strategi pembelajaran, Group Investigation, media audio visual, keterampilan proses sains.

Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal (2015). Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Arinda, Y., Wilujeng, I., & Kuswanto, H. (2019). The Application Group Investigation (GI) Learning Model assisted Phet to Facilitate Student Scientific Work Skills. International Journal of Educational Research Review, 4(2), 254-261.

Gunawan, G., Purwoko, A. A., Ramdani, A., & Yustiqvar, M. (2021). Pembelajaran Menggunakan Learning Management Systemberbasis Moodle pada Masa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 226-235.

Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of Green Chemistry Based Interactive Multimedia on the Students' Learning Outcomes and Scientific Literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems (JARDCS), 11(7), 664-674.

Kemendikbud (2016). Peringkat dan Capaian PISA Indonesia Mengalami Peningkatan. Diperoleh dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/12/peringkat-dan-capaian-pisa-indonesia-mengalami-peningkatan.

Poppy Kamalia Devi (2010). Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA. Jakarta: PPPTK IPA.

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of Students' Critical Thinking Skills in terms of Gender Using Science Teaching Materials Based on The 5E Learning Cycle Integrated with Local Wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.

Riduwan (2014). Metode dan Teknik Penyususnan Penelitian. Bandung: . Alfabeta.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kualitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Wena, Made (2012). Strategi pembelajaran yang inovatif kontemporer. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

Zorlu, Y., & Sezek, F. (2020). An Investigation of the Effect of Students' Academic Achievement and Science Process Skills Application Together with Cooperative Learning Model and the Modeling Based Teaching Method in Teaching Science Courses. International Journal of Progressive Education, 16(4), 135-157




DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.281

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

JIPP's Visitors

Flag Counter

Statistik

Editor's Office

Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan

FKIP Universitas Mataram, Jln. Majapahit no. 62 Mataram 83125, Lombok, NTB Indonesia

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.