Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar (Studi Kasus di Kelas IVA SDN 32 Cakranegara)
Authors
Hilda Mita Samitri , Sudirman Sudirman , Prayogi Dwina AnggaDOI:
10.29303/jipp.v9i4.2836Published:
2024-11-09Issue:
Vol. 9 No. 4 (2024): NovemberKeywords:
Gaya Hidup Berkelanjutan, P5, Studi Kasus.Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada tema gaya hidup berkelanjutan di kelas IVA SDN 32 Cakranegara. Jenis penelitian ini menggunakan jenis studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, data display (penyajian data) dan conclusion drawing and verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila ini ada beberapa aspek yang sudah terlaksana yaitu memahami P5, menyiapkan ekosistem sekolah, dan desain P5. Dalam pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila ini memiliki beberapa tahap yaitu tahap pengenalan, tahap kontekstual, tahap aksi, dan penutup yaitu melaksanakan gelar karya. Evaluasi projek penguatan profil pelajar Pancasila yaitu melakukan evaluasi proses melalui pengamatan selama kegiatan P5 berlangsung dan guru sudah membuat rapor projek pada akhir tahun ajaran 2023/2024. Didapatkan kesimpulan melalui analisis peneliti terhadap projek penguatan profil pelajar Pancasila pada tema gaya hidup berkelanjutan di kelas IVA SDN 32 Cakranegara sudah terlaksana dan berjalan akan tetapi belum optimal sesuai dengan panduan P5 dikarenakan terdapat beberapa hal atau tahapan yang tidak dilakukan sesuai dengan panduan P5 dari Kemendikbudristek.
References
Afriatmei, F., Makki, M., & Jiwandono, I. S. (2023). Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pada Tema Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1286-1292. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5289.
Direktorat Sekolah Dasar. (2020). Profil Pelajar Pancasila. Diakses tanggal 10 Februari 2024. Https://Ditpsd.Kemdikbud.Go.Id/Hal/Profil-Pelajar-Pancasila.
Fitriya, Y., & Latif, A. (2022). Miskonsepsi Guru Terhadap Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. In Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung IV (Vol. 4, No. 1). https://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=Miskonsepsi+guru+terhadap+implementasi+proyek+penguatan+profil+pelajar+pancasila+di+sekolah+dasar&btnG=.
Gusni, A. (2019). Sarana dan Prasarana Pendidikan. Jurnal Pendidikan, 1 – 3.
Ibeng, P. (2023). Kreatif Adalah Pengertian, Aspek, Ciri, Sifat dan Contoh. https://pendidikan.co.id/pengertian-kreatif/ . Diakses tanggal 11 Februari 2024.
Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter Siswa di Sekolah. dirasah: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 138-151.
Kamal, M., & Rochmiyati, S (2022). Indikator Kemandirian dalam Profil Pelajar Pancasila pada Akhir Fase C Rentang Usia 12-15 Tahun. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 150- 171. https://doi.org/10.21093/twt.v9i3.4734.
KBBI Online (2024). Diakses dari http://kbbi.web.id/gotongroyong.
KBBI Online (2024). Diakses dari http://kbbi.web.id/kemandirian.
Kemendikbud RI. (2020). Kajian Pengembangan Profil Pelajar Pancasila (1 Ed.) Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Kemendikbudristek. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Kemendikbudristek. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Larasati, T. (2022). Mengembangkan Karakter Berkebhinekaan Global Siswa Dalam Pembelajaran. Diakses tanggal 13 Januari 2024. http://smkn2sragen.sch.id/smk/html/index.php?i=artikel&kode=54.
Lestari, N. P., Khosiono, B. H. C., Cahyani, B.H., & Nisa, A. F. (2023). Analisis Penerapan P5 Untuk Pembentukan Karakter Mandiri Pada Siswa SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 4091-4097. https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10870.
Lubaba, M. N., & Alfiansyah, I. (2022). Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(3), 687-706.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2022. Tentang Rencana Strategis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020- 2024, hlm. 40-41. https://kemdikbud.go.id/wp.-content/upload/2021/03/SALINAN-PERMENDIKBUD-22-TAHUN-2020.pdf. Diakses tanggal 4 Oktober 2023.
Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Implementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3): 3613 – 3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714.
Rahayuningsih, F. (2021). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177-187. https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925 .
Rahmawati, E., Wardhani, N. A., & Ummah, S. M. (2023). Pengaruh Proyek Profil Pelajar Pancasila Terhadap Karakter Bernalar Kritis Peserta Didik. Jurnal Educatio 9(2), 614-622. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4718.
Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076-7086. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274.
Santoso, G., & Kudori, M. (2023). Implementasi P5 Pembuatan Aksesoris Tarian Adat: Sebagai Karakter Gotong Royong Pada Siswa Kelas 7. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(4) 41-45. https://doi.org/10.9000/jpt.v2i4.652
Sidiq, U., Choiri, M., & Mujahidin, A. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Journal of Chemical Informatio and Modeling, 53(9), 3-4.
Sugiyono (2018). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Suriani, L., Nisa, K., & Affandi, L.H. (2023). Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Gaya Hidup Berkelanjutan di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1458-1463. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5464.
Suryadien, D., Dini, R., & Dewi, A. A. (2022). Rencana Implementasi Kurikulum Prototipe Pada Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia. Jurnal Pgmi Uniga, 1(01).
Syafi’i, F. (2021). Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar. Diakses dari https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1049/743.
Vanisha, D.A. (2022). Analisis Keterlaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Tema (Kearifan Lokal) Kelas IV Di SD Muhammadiyah 4 Batu. (Skripsi, Universitas Muhammadiyah Malang). Diakses dari http://theses.iaincurup.ac.id/eprint/5132
Wahidah, N., Zubair, M., Fauzan, A., & Alqodri, B. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 1 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 696-703. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1287.
Wulandari, L.A. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar Swasta Islam Ulul Albab Jember. (Skripsi, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq, Indonesia). Diakses dari http://digilib.uinkhas.ac.id/24026/
License
Copyright (c) 2024 Hilda Mita Samitri, Sudirman Sudirman, Prayogi Dwina Angga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.