Pengembangan Potensi Peserta Didik Berbasis Nilai dalam Membentuk Generasi Unggul Melalui Multiple Intelligence
Authors
Y Satria Hafizil Khalil , Maimun Zubair , Mira MaretaDOI:
10.29303/jipp.v9i4.2948Published:
2024-11-30Issue:
Vol. 9 No. 4 (2024): NovemberKeywords:
Multiple Intteligence, Potensi Peserta Didik.Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Tujuan tulisan ini menguraikan pentingnya pendidikan dalam menggali dan mengembangkan potensi manusia. Pendidikan menjadi fondasi utama dalam pengembangan potensi manusia, memainkan peran kunci dalam membentuk karakter, keterampilan, dan kemampuan individu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian library research. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pendekatan ini, potensi naluriah, indrawi, intelektual, dan spiritual peserta didik menjadi fokus utama. Konsep kecerdasan majemuk juga diperkenalkan sebagai cara yang efektif untuk memahami dan menghargai keunikan individu dalam pembelajaran. Model Pendidikan perlu dilakukan secara terpadu dan menyeluruh dalam membentuk individu masyarakat Indonesia yang seimbang dan berkualitas. Perlunya diterapkan pendidikan terpadu supaya adanya substansi saling berkaitan antara tripusat pendidikan secara fungsional dan kausalitas, mulai dari lingkungan keluarga, pendidikan formal di sekolah, hingga pendidikan masyarakat. Dengan mengintegrasikan ketiga model pendidikan ini secara harmonis, dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung perkembangan potensi penuh individu dalam semua aspek kecerdasan. Pengembangan potensi manusia harus dilakukan dengan bijaksana, terarah, dan bertahap agar potensi dapat berkembang dengan optimal.
References
Agus Samsulbassar, Andewi Suhartini, & Nurwadjah Ahmad EQ. (2020). Implikasi Konsep Fitrah dalam Islam dan Tujuan Pendidikan Nasional. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 5(1), 49–56. https://doi.org/10.35316/jpii.v5i1.229
Amaliyah, A., & Rahmat, A. (2021). Pengembangan Potensi Diri Peserta Didik Melalui Proses Pendidikan. In Journal of Elementary Education, 5(1), 28-46.
Amelia, T. F., & Hudaidah, H. (2021). Pembaharuan Pendidikan Berdasarkan Pemikiran K. H. Ahmad Dahlan. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(2), 472–479.
Ardiansyah, M. A. (2021). Mengembangkan Kecerdasan Multiple Intellegence Anak Usia Dini. Musawa: Journal For Gender Studies, 13(1), 106–133.
Baddrin Afdhilla, A., & Agam Mahendra, S. (2020). Mengembangkan Multiple Intelligences Dengan Bermain Pada Anak Usia Dini. Children Advisory Research and Education Jurnal CARE, 8(1), 1–10. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD
Basri, M. (2001). Metode Penelitian Sejarah, (CET 1). Jakarta: Restu Agung.
Berliana, D., & Atikah, C. (2023). Teori Multiple Intelligences Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Citra Pendidikan, 3(3), 1108–1117.
Ernawati, A. I. M. M. A. A. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Multiple Intelligences Pada Pokok Bahasan Substansi Genetika Kelas Xii Ipa Sma Negeri 16 Makassar. Journal Biotek, 5(2), 1–18.
Fadila, L. L. (2017). Memahami Gaya Belajar Untuk Meningkatkan Potensi Anak. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 1(2), 245–260.
Gardner, H. (1983). Frames Od Mind: The Theory of Multiple Inteligences (cet. 1). New York: Bascibook.
Hajajj, A. A. H. M. (2010). Shahih Muslim (CET.4,). Beirut: Dar al Fikr.
Hamzah Amir (2020). Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research): Kajian Filosofis, Teoritis dan Aplikatif: (cet. 1). Malang: Literasi Nusantara.
Hofur (2020). Konsep Multiple Intelligence Persfektif Al Qur’an/Hadis Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 17(2), 27–50.
Indria, A. (2020). Multiple Intelligence. Jurnal Kajian Dan Pengembangan Umat, 3(1), 26–41.
Jalaludin, & Idi, A. (2017). Filsafat Pendidikan: Manusia, Filsafat, dan Pendidikan (cet. 7). Depok: Rajawali Pers.
Kasim, N., & Syah, L. (2016). Potensi Dasar Manusia Menurut Ibn Taimiyah dan Impilkasinya dalam Pendidikan. Qathruna, 3(1), 63–96.
Kusuma, W. G. (2015). Metode Pembelajaran Fisika Berdasarkan Teori Multiple Inteligence Pada Materi Perpindahan Calor. Jurnal Radiasi, 6(1), 1–10.
Langgulung, H. (2000). Asas Asas dalam Pendidikan: (cet 1). Jakarta: Al Husna Zikra.
Latief, A., Arafah, A., Widiyastuti, L., Sada, H. J., & Bahri, S. (2021). Multiple Intelligence Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, 12(2), 319–348.
Lunenburg, F. (2014). Appylig Multiple Inteligence In The Clashroom: A fresh Look at Teaching Writing. Internasional Journal of Scholary Academic: Intellectual Diversity, 16(1), 1–8.
Mualimin (2017). Konsep Fitrah Manusia dan Impilikasinya dalam Pendidikan Islam. At-Tadzkiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(11), 249–266.
Musfirah, T. (2014). Hakikat Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence). Jakarta: Universitas Terbuka.
Putri, R. J., Rahman, T., & Qonita, Q. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Multiple Intelligences untuk Menyiapkan Siswa di Era Super Smart Society 5.0. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(1), 871–879.
Siti Sundari, F., Safitri, N., Yufiarti, & Supena, A. (2022). Strategi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligence di Sekolah Dasar Asep Supena. IPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 13(1),10–21.
Sudirman (2021). Filsafat Pendidikan Teoritis-Prakris Cetakan 1. Jakarta: Bintang Pustaka Madani.
Suharto, S. (2008). Filsafat Pendidikan (cet. 1). Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Sukitman, T. (2022). Konsep Pembelajaran Multiple Intelligence Dalam Pendidikan Ips Di Sekolah Dasar. LIKHITPRAJA: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 18(1), 1–12.
Sulaeman, L. (2015). Tujuan Pendidikan dalam Hadis Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam (SAW). Al Ta’dib, 8(1), 155–166.
Tafsir, A. (2006). Filsafat Pendidikan Islam, Integrasi Jasmani, Rohani, dan Kalbu, Memanusiakan Manusia, cet.6. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tafsir, A. (2012). Ilmu Pendidikan Islam, Cet 5. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Thoib, I. (2019). Pembelajaran Filsafat Pendidikan Islam: Membangun Muslim Berkarakter Kritis, Cet 1. Mataram: Insan Madani Institute (iMANi).
Ulfah, A., Barni, M., Basir, A., & Khairuddin, A. (2024). Hakikat Dan Potensi Manusia Dalam Implikasinya Pada Pendidikan Islam (Tinjauan Al Qur’an Dan Hadits). MUMTAZ: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Keislaman, 8(1), 22–38.
Undang Undang RI. (2003). Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional (cet. 1). Bandung: Fokus Media.
Vos, J. (2008). Can preschool children be taught a second language”. Earlychildhood News, 2008. Earlychildhood Education Journal, 35(1), 33–39.
License
Copyright (c) 2024 Y Satria Hafizil Khalil, Maimun Zubair, Mira Mareta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.