Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Tugas Daring Matematika pada Siswa Kelas IV SDN Tampar Ampar Kabupaten Lombok Tengah
Authors
Baiq Ayu Darma Ning Tyas , Arjudin Arjudin , Nurul Kemala DewiDOI:
10.29303/jipp.v6i4.296Published:
2021-12-13Issue:
Vol. 6 No. 4 (2021): DesemberKeywords:
Pembelajaran daring, kesulitan menyelesaikan tugas, matematikaArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penyebaran virus COVID-19 menyebabkan pemerintah mengeluarkan surat edaran (SE) yang menegaskan bahwa segala kegiatan di dalam dan di luar ruangan di semua sektor sementara waktu ditunda demi mengurangi penyebaran virus corona. Hal ini berdampak pada bidang pendidikan, menyebabkan proses pembelajaran yang sebelumnya dilaksanakan di sekolah secara luring/tatap muka berubah menjadi pembelajaran di rumah secara daring (dalam jaringan). Minimnya sosialisasi pembelajaran daring, penguasaan teknologi yang kurang, keterbatasan sarana dan prasarana, jaringan internet dan pembiayaan membuat pembelajaran daring ini susah dilaksanakan, khususnya di sekolah dasar. Ditambah pada pembelajaran matematika yang memerlukan penjelasan secara runtun. Ketika pembelajaran dilaksanakan secara tatap muka atau luring (luar jaringan) siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran matematika, ditambah ketika pembelajaran dilaksanakan secara daring tentu siswa akan mengalami kesulitan dalam menyelesaikan tugas dikarenakan penyampaian materi tidak maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan tugas daring matematika pada kelas IV di SDN Tampar-Ampar Kabupaten Lombok Tengah Tahun Ajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan analisis angket dan wawancara. Hasil analisis data ditemukan bahwa siswa mengalami kesulitan pada 1) jaringan internet yang lemah atau tidak memiliki kuota internet, 2) media pembelajaran yang susah dipahami, 3) materi yang disampaikan susah untuk dimengerti, 4) motivasi belajar siswa yang rendah. Hal ini menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan tugas matematika dalam pembelajaran daring.References
Abdurrahman, Mulyono (2009). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Agus, et al. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of education, psychology, and counseling. 2(1).
Arikunto, Suharsimi (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bilfaqih & Qomarudin (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Sleman: Deepublish
Dewi, Wahyu Aji Fatma (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implemetasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 02 (01)
Ghirardini, B. (2011). E-Learning Methodologies: A Guide For Designing And Developing E-Learning Courses. Food and Agriculture Organization of the United Nations.
Hamdani, Acep Roni, et al. (2020). Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi COVID-19 pada Jenjang Sekolah Dasar di Kabupaten Subang. Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang. VI(01)
Hamzah (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hastuti, Intan Dwi (2018). Pendidikan Matematika Sekolah Dasar. Mataram: Arga Puji
Hutagaol, et al. (2021). Analisis Kesulitan Guru Matematika Kelas VII dalam Menerapkan Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 di SMP Nusantara Indah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta. 3(2)
Isman, Mhd. (2016). Pembelajaran Media Dalam Jaringan (Moda Jaringan). The Progressive and Fun Education Seminar. 586.
Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3(01)
Runtukahu, Tombokan & Selpius Kandou. (2014). Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: ARR-RUZZ Media.
Jamaris, Martini. (2014). Kesulitan Belajar Prespektif, Asesmen, dan Penanggulangannya. Bogor: Ghalia Indonesia.
Majid, Abdul (2011). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosadakarya.
Menteri Pendidikan (2020). Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Gawat Darurat CoronaVirus (COVID 19)
Mufarizuddin (2018). Analisis Kesulitan Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 012 Bangkinang Kota. Jurnal On Education. 01(01)
Mulyasa (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosadarkarya.
Mulyasa, E. (2005). Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Kosdakarya.
Munir, Abdullah (2010). Pendidikan Karakter Membangun Karakter Anak Sejak Dari Rumah. Yogyakarta: Pedagogia
Murzani, et al. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SDN 9 Masbagik Utara Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Mataram
Nahel, Bintu (2012). Pengertian Buku Siswa. (Online). (http://www.id.shvoong.com/socialsciences/educatiom/2251813-pengertian-buku-siswa/)
Nakayama M, Yamamoto H, & S. R. (2007). The Impac of Learner Characterics on Learning Performance in Hybrid Courses among Japanese Students. Elektronic Journal E-Learning, 5(3)
Nursalam (2008). Pendidikan dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.
Offirston, Topic. (2014). Aktivitas Pembelajaran Matematika Melalui Inkuiri Berbantuan Software Cinderella. Jogyakarta: CV Budi Utama.
Permendikbud No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses
Purwanto, et al. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling. 2(1), 1-12
Runtukahu, Tombokan & Selpius Kandou. (2014). Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: ARR-RUZZ Media.
Ruseffendi, E.T. (2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito
Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group
Satori, Dam’an & Komariah, Aan. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Simanjuntak, et al. (2020). Respon Pendidikan Dasar Terhadap Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pnademi Covid-19 di Jawa Tengah. Jurnal Ilmu Wahana. 6(3):314.
Subana (2015). Statistik Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Sudjana (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sujarweni, Wiratna (2014). Metodologi Penelitian Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: PT. Pustaka Baru.
Tjokro, Susanto L. (2009). Presentasi yang Mencekam. Jakarta: Elex Media Komputindo
Utami, Yuliza Putri & Cahyono, Derius Alan (2020). Study At Home: Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 1(01)
Untari, Erny (2013). Diagnosis Kesulitan Belajar Pokok Bahasan Pecahan Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jawa Timur: Jurnal Ilmiah STKIP PGRI Ngawi Jilid 13.
Yudistira, Eka (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Sistem Pembelajaran Daring di Sekolah Menengah Pertama Negeri 08 Kota Lubuklinggau. Jambi: Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin.
Yanti, Minanti Tirta, et al. (2020). Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemendikbud Sebagai Model Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Fakultas DHARMA ACARYA INSTITUT HINDU DHARMA NEGERI DENPASAR, 05(01)