Pentingnya Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak
Authors
Syahrial Ayub , Muhammad Taufik , Husnul FuadiDOI:
10.29303/jipp.v9i3.3020Published:
2024-08-30Issue:
Vol. 9 No. 3 (2024): AgustusKeywords:
Nilai-nilai, Pendidikan Anak, Peran Orang Tua.Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Pendidikan anak tidak hanya tentang menguasai pelajaran di sekolah, tetapi juga tentang mengajarkan nilai-nilai moral dan etika. Orang tua memiliki peran penting dalam mengajarkan anak tentang kejujuran, kerja keras, disiplin, empati, dan tanggung jawab. Nilai-nilai ini sangat penting untuk membentuk karakter anak dan akan menjadi bekal mereka dalam menghadapi tantangan hidup di masa depan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peran penting orang tua dalam Pendidikan anak. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi literatur dengan cara menelaah artikel-artikel, dan sumber informasi lainnya yang berkaitan dengan pentingnya peran orang tua dalam Pendidikan anak. Data yang diperoleh dari hasil studi literatur tersebut kemudian dikompilasi, dianalisis dan disimpulkan berdasarkan kajian tema. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orang tua memiliki peranan yang sangat penting dalam Pendidikan anak. Orang tua adalah madrasah pertama yang mengajarkan nilai-nilai yang berharga bagi seorang anak untuk menjalani hidup dan berinteraksi sosial dengan orang lain.
References
Agnes, E. (2019). Peran Orang tua Sebagai Motivator Anak Untuk Sekolah Minggu. Jurnal STIPAK Malang, 3.
Aini, S. N., Jihan, J., Nuraini, F., Saripuddin, S., & Gunawan, H. (2023). Kualitas Pendidikan Dan Pola Asuh Orang Tua: Sebuah Tinjauan Multidisiplin. Journal on Education, 5(4), 11951-11964.
Ali, M., Riyanti, R., & Khomsiyatun, U. (2022). Pendidikan moral anak usia dini berbasis kearifan lokal dalam keluarga. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2287-2295.
Amahoru, A., & Ahyani, E. (2023). Psikologi pendidikan inklusif: menciptakan lingkungan belajar yang ramah bagi semua siswa. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 2368-2377.
Arwen, D. (2021). Pentingnya Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 4(2), 564-576.
Asiyani, G., Afandi, N. K., & Asiah, S. N. (2023). Perencanaan Komunikasi Kemitraan Untuk Mendukung Pelaksanaan Awal Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 6(1), 37-46.
Ayun, Q. (2017). Pola asuh orang tua dan metode pengasuhan dalam membentuk kepribadian anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102-122.
Azhar, K., & Sa’idah, I. (2017). Studi analisis upaya guru Akidah Akhlak dalam mengembangkan potensi nilai moral peserta didik di MI Kabupaten Demak. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 10(2).
Boham, S. E. (2013). Pola komunikasi orang tua dengan anak autis (Studi pada orang tua dari anak autis di Sekolah Luar Biasa AGCA Center Pumorow Kelurahan Banjer Manado). Acta Diurna Komunikasi, 2(4).
Budiyono, Y. H., & Harmawati, Y. (2017). Penguatan pendidikan karakter melalui nilai-nilai keteladanan guru dan orang tua pada siswa sekolah dasar. In Prosiding Seminar Nasional PPKn III (pp. 1-12).
Diana, R. (2019). Prinsip Teologi Kristen Pendidikan Orang Tua Terhadap Anak Di Era Revolusi Industri 4.0. BIA': Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 2(1), 27-39.
Dini, J. P. A. U. (2021). Pendidikan anak dalam keluarga era covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 823-31.
Dini, J. P. A. U. (2022). Pengaruh pembiasaan, kecerdasan emosional dan dukungan orang tua terhadap kemandirian anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3034-3049.
Diniaty, A. (2017). Dukungan Orangtua terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami, 3(1), 90-100.
Fairus, A. N., Anzani, D., & Atikah, H. F. (2024). Analisis Urgensi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Menciptakan Lingkungan Belajar Inklusif. CENDEKIA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN, 12(2), 177-186.
Fatmawati, E. (2020). Kerjasama orang tua dan guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. IBTIDA', 1(2), 135-150.
Hafni, D., & Sa’adah, D. A. (2024). Interalisasi Pendidikan Multikultural dalam Mencegah Radikalisme pada Anak Usia Dini. Alzam: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(1), 58-68.
Handayani, C., Fathurohman, I., & Ismaya, E. A. (2021). Pentingnya Peran Orang Tua dalam Memberikan Motivasi Belajar Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1350-1355.
Harianti, R., & Amin, S. (2016). Pola asuh orangtua dan lingkungan pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa. Curricula: Journal of Teaching and Learning, 1(2).
Haryanti, D. (2017). Keterlibatan keluarga sebagai mitra dalam pendidikan anak. NOURA: Jurnal Kajian Gender dan Anak, 1(1), 48-66.
Hendayani, M. (2019). Problematika pengembangan karakter peserta didik di era 4.0. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 183.
Hidayat, M. (2015). Pengaruh Kebiasaan Belajar, Lingkungan Belajar, dan Dukungan Orang Tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas IX IPS di Man Bangkalan. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 3(1), 103-114.
Husna, A., & Suryana, D. (2021). Analisis Pola Asuh Demokrtis Orang Tua dan Implikasinya pada Perkembangan Sosial Anak di Desa Koto Iman Kabupaten Kerinci. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10128-10140.
Jatmikowati, T. E. (2018). Efektifitas Komunikasi Orang Tua terhadap Kepribadian Intrapersonal Anak. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1-15.
Judrah, M., Arjum, A., Haeruddin, H., & Mustabsyirah, M. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Karakter Peserta Didik Upaya Penguatan Moral. Journal of Instructional and Development Researches, 4(1), 25-37.
Julfian, J., Rejeki, S., Handayani, S., Sarilan, S., Rizki, A. N., & Lasmi, L. (2023). Peranan Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membentuk Rasa Cinta Tanah Air pada Siswa. Jurnal Keilmuan Dan Keislaman, 210-224.
Kabiba, K., Pahenra, P., & Juli, B. (2017). Keteladanan orang tua dalam menanamkan nilai etika pada anak. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 17(1).
Lilawati, A. (2020). Peran orang tua dalam mendukung kegiatan pembelajaran di rumah pada masa pandemi. Jurnal obsesi: Jurnal pendidikan anak usia dini, 5(1), 549-558.
Nadhiroh, S. (2016). Hubungan antara dukungan emosional orangtua dengan resiliensi pada remaja yang menikah akibat kehamilan diluar nikah (Doctoral dissertation, Program Studi Psikologi FPSI-UKSW).
Nisa, S. K., & Abdurrahman, Z. (2023). Pola Asuh Orang Tua dalam Pelaksanaan Ibadah Sholat Anak. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 517-527.
Oktaviani, F., & Harsiwi, N. E. (2024). Tantangan Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus di Kelas Inklusi SDN Gebang 1. Journal of Special Education Lectura, 2(1), 24-30.
Prabhawani, S. W. (2016). Pelibatan orang tua dalam program sekolah di TK Khalifah Wirobrajan Yogyakarta. Pendidikan Guru PAUD S-1, 5(2), 205-218.
Prasetiawati, E. (2017). Urgensi Pendidikan Multikultur untuk Menumbuhkan Nilai Toleransi Agama di Indonesia. Tapis: Jurnal Penelitian Ilmiah, 1(02), 272-303.
Pusitaningtyas, A. (2016). Pengaruh komunikasi orang tua dan guru terhadap kreativitas siswa. Proceedings of the ICECRS, 1(1), v1i1-632.
Rahmanda, I., & Zulkarnaen, Z. (2024). Studi Dampak Pendampingan Orang Tua dalam Jam Belajar Sekolah Usia 4-5 Tahun. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1-12.
Rahmatunnisa, S. (2019). Kelekatan antara anak dan orang tua dengan kemampuan sosial. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 97-107.
Ramdan, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2019). Peran orang tua dan guru dalam mengembangkan nilai-nilai karakter anak usia sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 100.
Saman, A. M., & Hidayati, D. (2023). Pola Asuh Orang Tua Milenial dalam Mendidik Anak Generasi Alpha di Era Transformasi Digital. Jurnal Basicedu, 7(1), 984-992.
Sayyidi, S., & Sidiq, M. A. H. (2020). Reaktualisasi pendidikan karakter di era disrupsi. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 3(1), 105-124.
Setiardi, D., & Mubarok, H. (2017). Keluarga sebagai sumber pendidikan karakter bagi anak. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2).
Setiawan, A. (2017). Konsep pendidikan tauhid dalam keluarga perspektif pendidikan Islam. EDUCASIA: jurnal pendidikan, pengajaran, dan pembelajaran, 2(1).
Supriadi, H. (2016). Peranan pendidikan dalam pengembangan diri terhadap tantangan era globalisasi. Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 3(2), 92-119.
Suwarni, S. (2022). Peran Budaya Sekolah dalam Menciptakan Lingkungan Belajar yang Kondusif. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 13(2), 241-254.
Talibandang, F., & Langi, F. M. (2021). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap pembentukan kepribadian anak. Journal of Psychology Humanlight, 2(1), 48-68.
Tanfidiyah, N., & Utama, F. (2019). Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini Melalui Metode Cerita. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(3), 9-18.
Thoha, P. M., Kurniawan, R. P., & Faristiana, A. R. (2023). Perubahan Komunikasi Orang Tua Terhadap Anak Di Era Digital. Student Scientific Creativity Journal, 1(4), 415-431.
Vona, A., & Aviory, K. (2020). Peran pola asuh orang tua dalam membentuk konsep diri pada anak. Jurnal Psikologi TALENTA, 6(1), 50.
Wahyuni, A., Siregar, S. D., & Wahyuningsih, R. (2021). Peran ayah (fathering) dalam pengasuhan anak usia dini. AL IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 055-066.
Wijaksono, R. (2016). Studi kasus tentang pengaruh dukungan sosial dalam membangun penerimaan orangtua terhadap anaknya yang autis. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 5(6).
Yuliastutie, K. L. (2022). Pengaruh Pendekatan Metode Mentessori dalam Membentuk Karakter Kemandirian pada Anak Usia Dini. Arus Jurnal Pendidikan, 2(2), 185-195.
Yuswita, D., Halim, A., & Sumianti, S. (2024). Penguatan Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mendukung Diseminasi Peningkatan Nilai-Nilai Moral Siswa pada Jenjang SMP IT Al Kautsar Batam. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(3), 951-964.
Zed, M. (2008). Metode penelitian kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
License
Copyright (c) 2024 syahrial ayub, Muhammad Taufik, Husnul Fuadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.