Pembentukan Sikap Multikultural: Penerapan Literasi Budaya Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Siswa di SDN 05 Teluk Wetan Jepara
Authors
Nur Laila Firti , Eva Luthfi Fakhru AhsaniDOI:
10.29303/jipp.v10i1.3169Published:
2025-02-04Issue:
Vol. 10 No. 1 (2025): FebruariKeywords:
Literasi Budaya, Pembelajaran Berbasis Proyek, Sekolah Dasar, Sikap MultikulturalArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN 05 Teluk Wetan Jepara pada tahun ajaran 2024/2025. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan literasi budaya melaui pembelajaran berbasis proyek, mengetahui terbentuknya sikap multikultural setelah adanya penerapan literasi budaya, mengetahui faktor pendorong dan penghambat penerapan literasi budaya melalui pembelajaran berbasis proyek dalam pembentukan sikap multikultural. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis penelitian field research dan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 05 Teluk Wetan Jepara dengan jumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, sedangkan teknik analisisnya meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari penelitian diperoleh hasil bahwa siswa merasa senang dan memahami tentang aspek kebudayaan ketika literasi budaya dikemas melalui model pembelajaran berbasis proyek, bagi mereka adalah suatu hal yang menarik dan belum pernah mereka lakukan, sehingga dapat disimpulkan terbentuknya sikap multikultural dapat dilihat dari siswa memiliki pengetahuan tentang budaya, saling menghargai pendapat, dan sikap saling ketergantungan siswa selama proses pembelajaran penerapan literasi budaya melalui pembelajaran berbasis proyek. Hal tersebut dapat dirasakan siswa secara nyata karena siswa lebih interaktif dan dapat memaknai suatu kebudayaan sebagai hal yang indah bukan lagi sebagai penghalang dan pembeda.
References
Agus Purnomo, D. (2022). Pengantar Model Pembelajaran.
Agustian, M. (2019). Pendidikan Multikultural. Penerbit Unika Atma Jaya Jakarta.
Amalia Fitri, D. (2023). Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (M. R. Suryanita (ed.); 2023rd ed.). Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dsan Teknologi.
Azizah, I. N., & Widjajanti, D. B. (2019). Keefektifan pembelajaran berbasis proyek ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, dan kepercayaan diri siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 233–243.
Azizah, N. R. (2021). Implementasi literasi budaya dan kewargaan untuk mengembangkan keterampilan sosial siswa Madrasah Ibtidaiyah di tengah pandemi. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(01), 7–16.
Budi Setyaningrum, N. D. (2018). Local Culture in the Global Era. Ekspresi Seni, 20(2), 102.
Diba Catur Putri, F., & Nurhasanah, N. (2023). Implementasi Literasi Budaya dan Kewargaan sebagai Upaya dalam Mengembangkan Berkebhinekaan Global di Sekolah Dasar. JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 2167–2173. https://jim.usk.ac.id/sejarah
Hendrik, H. M. A., Saparso, S., & Murwani, E. D. (2024). Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Pelajaran Seni Budaya Untuk Meningkatkan nilai-nilai Multikultural. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1261–1268.
Husaini, A., & Lestari, S. (2019). Studi kasus tentang siswa yang kesulitan bersosialisasi dengan teman sebaya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(3), 1–8.
Ishmuradova, I. I., & Ishmuradova, A. M. (2019). Multicultural Education of Students as an Important Part of Education. International Journal of Higher Education, 8(7), 111–115.
Lahdesmaki, S., & Maunula, M. (2023). Empowering media literacy skills: enhancing student teachers’ awareness of new literacy competencies in teacher education. International Journal of Technology and Inclusive Education, 12(2).
Oktivianti, U., Ariyani, A., & Iriyani, N. (2022). Upaya Meningkatkan Pembelajaran Talking About Self dengan Menerapkan Metode Stimulus Respons pada Siswa SMK Negeri 1 Cikedung Kab. Indramayu Jawa Barat. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 4(2), 267–275.
Piliang, Y. A. (2019). Seni, Desain dan Kebudayaan dalam Spirit Revolusi Industri 4.0. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 2, 1–9.
Prastyo, D., Sulistyowati, I., Satianingsih, R., & Prameswari, D. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL), Model Pembelajaran Berbasis Multikultural (PBM) terhadap Altruisme Siswa SDN Margerejo I Surabaya. Jurnal Simki Pedagogia, 7(1), 68–73.
Prayit, P., Pitoewas, B., & Yanzi, H. (2017). Pengaruh Sikap Primordialisme Terhadap Upaya Pembentukan Proses Harmonisasi Masyarakat Multikultur. Jurnal Kultur Demokrasi, 5(3).
Purnama, S. (2021). Implementasi Pendidikan Multikultural melalui Mata Pelajaran PPKn untuk Mendukung Sikap Toleransi Siswa dalam Masyarakat Multikultur. Jurnal Basicedu, 5(6), 5753–5760.
Putri, F. D. C., & Nurhasanah, N. (2023). Implementasi Literasi Budaya dan Kewargaan sebagai Upaya dalam Mengembangkan Berkebhinekaan Global di Sekolah Dasar. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 2167–2173.
Rati, N. W., Kusmaryatni, N., & Rediani, N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kreativitas Dan Hasil Belajar Pendidikan Ipa Sd Mahasiswa Pgsd Undiksha Upp Singaraja. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 60–71. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9059
Rismayanti, R., & Nusarastriya, Y. H. (2020). Upacara adat pemakaman mengenang leluhur (ma’nene) di toraja, lembang bululangkan kecamatan rinding allo toraja utara. Jurnal Adat Dan Budaya Indonesia, 2(2), 118–132.
Rufaida, H. (2017). Menumbuhkan sikap multikultural melalui internalisasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran IPS. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 4(1), 14–24.
Salim, A., & Aprison, W. (2024). Pendidikan Multikultural Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 3(1), 22–30. https://jpion.org/index.php/jpi22Situswebjurnal:https://jpion.org/index.php/jpi
Sipuan, S., Warsah, I., Amin, A., & Adisel, A. (2022). Pendekatan Pendidikan Multikultural. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 815–830.
Suradi, A. (2018). Pendidikan berbasis multikultural dalam pelestarian kebudayaan lokal nusantara di era globalisasi. Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 5(1), 111–130.
Suryana, Y., Rusdiana, A., & Saebani, B. A. (2015). Pendidikan Multikultural Suatu Upaya Penguatan Jati Diri Bangsa: konsep-prinsip-implementasi.
Sauqi Futaqi (2022). Pendidikan Islam Multikulrural (H. Ikmal (ed.)). Nawa Litera Publishing.
TARPAN SUPARMAN (n.d.). KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN. Penerbit CV. SARNU UNTUNG. https://books.google.co.id/books?id=yZwAEAAAQBAJ
Udi utomo, M. F. M. (2024). Membangun Literasi Bahasa dan Budaya yang Ramah Anak (Bayu Wijayama (ed.); pertama, Vol. 4, Issue 1). https://books.google.co.id/books?id=0ugjEQAAQBAJ&newbks=0&lpg=PA72&dq=literasi budaya&hl=id&pg=PR3#v=onepage&q=literasi budaya&f=false
License
Copyright (c) 2025 Nur Laila Firti, Eva Luthfi Fakhru Ahsani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.