Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Ditinjau dari Motivasi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar
Authors
Devi Fitriyani , Susilo Tri WidodoDOI:
10.29303/jipp.v10i2.3250Published:
2025-05-19Issue:
Vol. 10 No. 2 (2025): MeiKeywords:
Motivasi Belajar, Pendidikan Pancasila, Problem Based Learning (PBL).Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan guru melaksanakan pembelajaran sesuai kebutuhan, karakteristik, dan kondisi lingkungan sekitar peserta didik. Permasakahan yang sering dihadapi terkait dengan penentuan model pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan motivasi. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif dan bertujuan untuk menganalisis penerapan PBL dalam mapel Pendidikan Pancasila ditinjau dari motivasi belajar peserta didik. Subjek penelitian adalah 72 peserta didik Kelas IV di SDN Gugus Ronggowarsito TP 2024/ 2025 yang ditentukan dengan teknik Snowball Sampling. Data dikumpulkan dengan observasi, wawamcara wali kelas dan orang tua, serta pengisian angket motivasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis Miles, Huberman, dan Saldana. Penelitian menunjukkan bahwa PBL dapat meningkatkan motivasi belajar, hal tersebut dapat ditunjukkan dari skor angket motivasi terendah 62% (tinggi), tertinggi 90% (sangat tinggi), dan skor rata-rata 76,91% (sangat tinggi). Faktor pendukung meliputi keberagaman model, media, sistem pembagian kelompok, strategi, dan kecocokan materi dengan model pembelajaran. Faktor penghambat meliputi keterbatasan waktu, pemahaman, rasa percaya diri, daya fokus, karakteristik beragam, dan kebiasaan peserta didik. Upaya peningkatan motivasi belajar dapat dilakukan dengan menggunakan model, strategi pembelajaran inovatif, media visual, permainan, dan ice breaking. Disimpulkan bahwa penerapan PBL dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
References
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: Syakir Media Press.
Agustin, E., Rahadju, E. B., & Hidayat, T. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 107-116. http://dx.doi.org/10.33087/phi.v7i2.294
Ahyar, D. B. et al. (2021). Model-Model Pembelajaran, Pradina Pustaka.
Aprilia, W., Apreasta, L., & Prasetyo, D. E. (2021). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Model Problem Based Learning pada Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi Di Indonesia pada Kelas IV Sekolah Dasar. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 1(2), 48-54.
Barradas, R., et al. (2024). Arduino-Based Mobile Robotics for Fostering Computational Thinking Development: An Empirical Study with Elementary School Students Using Problem-Based Learning Across Europe. Robotics, 13(11), 159. https://doi.org/10.3390/robotics13110159
Fadly, W. (2022). Model-model Pembelajaran untuk Implementasi Kurikulum Merdeka. Bantul: Bening Pustaka.
Fiantika, F. et al. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue March). Surabaya: PT. Pustaka Pelajar.
Fitri, N. H., et al. (2024). Penggunaan Model Pembelajaran PBL untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Kelas V SD. Global Journal Education Science and Technology (GJST).
Handayani, S. A., Amalia, R., & Nursakiah, N. (2024). Penggunaan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Pancasila di Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 452-461. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4751
Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif. Medan: Wal Ashri Publishing.
Hasan, M., et al. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: Tahta Media Group.
Herwati, H., et al. (2023). Motivasi dalam Pendidikan (Konsep-Teori-Aplikasi). Malang: PT. Literasi Nusantara Abadi Grup.
Hikmawati, F. (2020). Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Pers PT. Raja Grafindo Persada.
Kamid, K., & Sinabang, Y. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 127-139. https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i1.249
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2024). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2024 tentang Kurikulum pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah.
Khairani, S., Suyanti, R. D., & Saragi, D. (2020). The Influence of Problem Based Learning (PBL) Model Collaborative and Learning Motivation Based on Students’ Critical Thinking Ability Science Subjects in Class V State Elementary School 105390 Island Image. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(3), 1581-1590. https://doi.org/10.33258/birle.v3i3.1247
Kurniawan, D., et al. (2023). Panduan Guru Pendidikan Pancasila untuk SD/MI Kelas IV. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Kurniawan, D., et al. (2023). Pendidikan Pancasila untuk SD/MI Kelas IV. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Magdalena, I., Asfari, A. I., Firstariza, A., & Rafiq, R. (2020). Analisis Karakter dan Perkembangan Peserta Didik. EDISI, 2(3), 302-312.
Ningtyas, S. P. A. (2023). Penggunaan Metode Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD: Array. DIALEKTIKA Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar, 13(1), 1066-1066. https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v13i1.1405
Parawangsa, E., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Hakikat Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar (SD). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8050-8054. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2297
Pemerintah Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sekretariat Negara. Jakarta.
Rahman, S. (2022). Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
Rahmandani, F., et al. (2024). Penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam Peningkatan Keaktifan dan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di SMAN 2 Batu. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(3), 1016-1027. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i3.674
Seibert, S. A. (2021). Problem-Based Learning: A Strategy to Foster Generation Z’s Critical Thinking and Perseverance. Teaching and Learning in Nursing, 16(1), 85-88. https://doi.org/10.1016/j.teln.2020.09.002
Setiadi, R., Aprilia, A., Maemunah, M., & Nirwana, S. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan PKn. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 11(1), 22-26. https://doi.org/10.31764/civicus.v11i1.15269
Syuzairi, M. & Mahadiansar. (2023). Pendidikan Pancasila. Surabaya: Pustaka Aksara.
Uno, H. (2023). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Widodo, S., et al. (2023). Buku Ajar Metode Penelitian. Pangkal Pinang: CV. Science Techno Direct.
Yunitasari, I., & Hardini, A. T. A. (2021). Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 5(4), 1700-1708. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.983
License
Copyright (c) 2025 Devi Fitriyani, Susilo Tri Widodo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.