Peningkatan Keterampilan Berbicara Peserta Didik dalam Pak Melalui Model Advokasi Teknik Card sort di SMA Deli Murni Delitua Medan
Authors
Roy Ardinta Tarigan , Din Oloan SihotangDOI:
10.29303/jipp.v10i2.3321Published:
2025-05-12Issue:
Vol. 10 No. 2 (2025): MeiKeywords:
Keterampilan berbicara, pembelajaran advokasi, Card sort, PTK, Pendidikan Agama KatolikArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik Fase E kelas X dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik dengan menerapkan model pembelajaran advokasi yang dipadukan dengan teknik card sort di SMA Deli Murni Delitua Medan. Aspek keterampilan berbicara yang menjadi fokus meliputi artikulasi, penyusunan kalimat, keberanian dalam berbicara, kelancaran, serta ekspresi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung, tes keterampilan berbicara, serta dokumentasi kegiatan pembelajaran. Hasil pengamatan membuktikan bahwa terjadi peningkatan yang cukup substansial setelah penerapan tindakan dalam keterampilan berbicara peserta didik dari pra tindakan hingga siklus II. Sebelum pelaksanaan tindakan, rata-rata capaian keterampilan berbicara berada pada angka 61%, kemudian meningkat menjadi 83% pada siklus I, dan mencapai 89% pada siklus II. Peningkatan ini didorong oleh partisipasi siswa dalam proses pembelajaran berbasis advokasi serta keberhasilan teknik Card sort dalam memfasilitasi siswa. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran advokasi berbantuan Card sort terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara peserta didik.
References
Alexander, F., Manuain, L. M. M., Silla, W. Y., & Dami, Z. A. (2020). Implementation of Advocacy Learning Model as A Predictor of Student’s Learning Outcomes. 508(Icite), 149–155. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201214.228
Amani, J. (2022). Penerapan metode card sort dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas vii a mts nw samawa sumbawa besar tahun pelajaran 2021/2022. Skripsi, 3(1), 1–67.
Amin, & Sumendap, L. Y. (2022). 164 Model Pembelajaran Kontemporer. Pusat Penerbitan LPPM Universitas Islam 45 Bekasi.
Anastasya, I. G. A. M. B., & Wulandari, I. G. A. A. (2022). Meningkatkan Karakter Peduli Sosial Siswa SD Melalui Pembiasaan Tri Hita Karana. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 992–1002. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3084
Anida, A. S., Rohadi, T., & Rifai, A. (2024). The Implementation of Advocacy Method on Learning English Speaking at Senior High School. English Education: Jurnal Tadris Bahasa Inggris, 17(1), 120. https://doi.org/10.24042/ee-jtbi.v17i1.18524
Anjelina, N., & Tarmini, W. (2022). Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7327–7333. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3495
Beta, P. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Metode Bermain Peran. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(2), 48–52. https://doi.org/10.30605/cjpe.222019.118
Bungatang, B., Khaerati, K., & Harti Oktarina. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Advokasi melalui Pengajaran Daring untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dalam Presentasi Ilmiah Mahasiswa STKIP Pembangunan Indonesia. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(2), 739–753. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i2.1470
Gatra, I. M. (2018). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa SMA Dwijendra Gianyar Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Journal of Education Action Research, 2(4), 322. https://doi.org/10.23887/jear.v2i4.16323
Hasibuan, N. H., Sibuea, P., Rambe, N., Ningsih, D. S., & Utami, W. (2024). Optimalisasi Pembelajaran Melalui Pendekatan, Strategi, Metode, Dan Teknik Pembelajaran. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 5(1), 202–213. https://doi.org/10.31943/counselia.v5i1.116
Husna, A. R. (2020). Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SDN 1 Sripendowo Ketapang Lampung Selatan Dalam Pembelajaran Tematik. FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Vol.2(No.1), 1–163. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/54417
Lina, N., Habeahan, S., Nggaruaka, T., & Riwu, L. (2023). Improving Speech Skills Through The Story Method for Class VII Students of SMP Negeri 3 Merauke. Techium Social Sciences Journal. www.techniumscience.com
Lumbanbatu, J. S., Tibo, P., Sihotang, D. O., & Waruwu, E. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Guru-Guru Pendidikan Agama Katolik Tingkat Dasar dan Menengah. 7, 511–517. https://journal.ilininstitute.com/index.php/caradde/article/view/2327/819
Maghfur, M. (2023). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH MELALUI METODE ADVOKASI TAHUN AJARAN 2019 / 2020. 2(1), 13–20.
Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8
Ningsih, S. E., Aulia, S. S., & Gusmaneli, G. (2024). Konsep Dasar Strategi Pembelajaran dan Membedakannya dengan Model, Pendekatan, Metode dan Teknik Pembelajaran. Maximal Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya Dan Pendidikan, 1(4), 154–163.
Nupus, M. H., & Parmiti, D. P. (2017). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Penerapan Metode Show and Tell Siswa Sd Negeri 3 Banjar Jawa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(4), 296. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i4.12289
Oli, L., Manickam, R., Rajesh, K., Ponmuthuramalingam, M., & Aravind, B. R. (2023). Probing the Determinant Factors Affecting Students’ English Speaking Skills. World Journal of English Language, 13(7), 232–242. https://doi.org/10.5430/wjel.v13n7p232
Prasetiyo, M. B., & Rosy, B. (2021). Model Pembelajaran Inkuiri Sebagai Strategi Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 109–120. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n1.p109-120
Sihotang, D. O., Waruwu, E., Guna Sitepu, A., & Antonius Situngkir, R. (2023). Improving the Learning Achievement of Catholic Religious Education in Elementary School Students through the AMOS Method. Unnes Science Education Journal Accredited Sinta, 12(2), 66–75. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej
Siregar, R. L. (2021). Memahami Tentang Model, Strategi, Metode, Pendekatan, Teknik, dan Taktik. Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 63–75.
Suasaningdyah, E. (2021). Model Pembelajaran Democracy Card. Educational Technology Journal, 1(1), 50–61. https://doi.org/10.26740/etj.v1n1.p50-61
Trisda, U. (2022). PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA MELALUI PENERAPAN METODE ROLE PLAYING PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SDN 5 LEMBAH SABIL.
Wahita, F. (2023). EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP GANGGUAN ARTIKULASI PADA ANAK USIA 6 TAHUN DI DESA JATIREMBE GRESIK. Jurnal Sosial Dan Teknologi, 3(90500120088), 77–96.
Waruwu, E., Oloan Sihotang, D., Lumbanbatu, J., & Ginting, V. M. (2023). Development of Students’ Spiritual Intelligence through the Learning Process of Christian Religious Education at Budi Murni 2 Medan Catholic Private Senior High School. International Journal of Scientific Multidisciplinary Research, 1(7), 735–742. https://doi.org/10.55927/ijsmr.v1i7.5443
Wulansari, K., & Sunarya, Y. (2023). Keterampilan 4c (Critical Thinking, Creativity, Communication, dan Collaborative) Guru Bahasa Indonesia Sma dalam Pembelajaran Abad 21 di Era Industri 4.0. 7(3), 1667–1674.
Zahra, D. E. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Keterampilan Berbicara Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia (Studi Kasus Pada Siswa Kelas V Sdn 6 Jatimulyo). 1–61.
License
Copyright (c) 2025 Roy Ardinta Tarigan, Din Oloan Sihotang

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.