Pengaruh Media Papan Pintar (Papin) Perkalian Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III di SDN 15 Cakranegara
Authors
Choirin Mega Kusuma Dewi , Ida Ermiana , Vivi Rachmatul HidayatiDOI:
10.29303/jipp.v10i2.3342Published:
2025-05-05Issue:
Vol. 10 No. 2 (2025): MeiKeywords:
Media Papan Pintar (Papin) Perkalian, Hasil belajar Matematika, Operasi Hitung Perkalian, Bilangan Cacah.Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Media pembelajaran yang menarik menjadi salah satu faktor yang dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Namun masih ditemukan kurang variatifnya media belajar yang digunakan dalam pembelajaran matematika sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media papan pintar (papin) perkalian terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III di SDN 15 Cakranegara. Jenis penelitian ini yaitu quasi experimental design tipe nonequivalen (pretest-posttest) control group design. Sampel penelitian ini berjumlah 43 siswa, terdiri dari kelas IIIA (20 siswa) sebagai kelas eksperimen dan kelas IIIB (23 siswa) sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yaitu observasi dan tes. Hasil analisis penelitian diperoleh kesimpulan bahwa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol terdapat perbedaan yang signifikan dan terjadi peningkatan setelah diberikan perlakuan (treatment). Pada kelas eksperimen, rata-rata nilai posttest yang diperoleh siswa adalah 78,00 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh sebesar 38,26. Pada pengujian hipotesis dengan menggunakan independent sample t test diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada media papan pintar (papin) perkalian terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III di SDN 15 Cakranegara dengan efektifitas sebesar 0,6625.
References
Abdullah, R. (2016). Pembelajaran dalam Perspektif Kreativitas Guru dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran.
Abolladaka, J., & Abolla, M., B. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Pembelajaran Mind Mapping Pada Materi Pengertian Dan Manfaat Pendapatan Nasional Di Kelas XI IIS 2 SMA Negeri 4 Kota Kupang Tahun Ajaran 2021/2022. Journal Economic Education, Business and Accounting, 2(1), 68.
Alfiyah, Z. N. et al., (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Secara daring Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3158-3166.
Bahar, E. E., & Syahri, A. A. (2021). Pelatihan Jarimatika Sebagai Cara Mudah Menghafal Perkalian Dasar Di UPT SFP 124 Batuasang. Jurnal Abdimas Indonesia (JAI), 54-60.
Baru, N. et al., (2024). Pengaruh Media Papan Perkalian Terhadap Hasil Belajar matematika Siswa Kelas III SD YPK Elim Kota Sorong. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 2(2), 16-25.
Fadilah, A. et al., (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal Of Student Research, 1(2), 01-17.
Fadilah, N. U. (2019). Media Pembelajaran. Kemenag, 1000, 1-6.
Faiz, I. N. et al., (2023). Pengaruh Penggunaan Media Papan Perkalian Terhadap Peningkatan Hasil Belajar matematika Pada Siswa Kelas 2 SDN Taktakan 2. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(18), 348-352.
Fajriah, N., & Asiskawati, E. (2015). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 157-165.
Firnanda, A. A. A., & Faizah, S. N. (2024). Pengaruh Model The Power Of Two Berbantuan Media Papan Pintar Terhadap hasil Belajar Matematika. Jurnal Silogisme: Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya, 9(1), 20-26.
Fitrianawati, M. (2018). Penerapan Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Pada Mahasiswa PGSD UAD Semester 1 TH. 2016/2017. JPSD, 3(2), 14-23.
Gultom, F. H. et al., (2025). Penerapan Media Papan Perkalian pada Pembelajaran Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar Melalui Kegiatan Pengabdian Masyarakat UINSU. Student Scientific Creativity Journal, 3(2), 110-119.
Guntur, M., & Robyyani, L. (2021). Penggunaan Metode Permainan Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Operasi Hitung Perkalian. PERISKOP: Jurnal Sains dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 56-63.
Harisiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Sisiwa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104-1113.
Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaan, 1(1), 1-13.
Haw, C. (2023). Perkembangan Terkini dalam Teknologi Sistem Pendidikan Transformasi Pembelajaran dan Pengajaran di Era Digital. Teknologiterkini.org3, 4, 1-22.
Heruman (2012). Model Pembelajaran Matematika. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Husna, K., & Supriyadi, S. (2023). Peranan Manajemen Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 4(1), 981-990.
Kurniawati, L. N. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perkalian Menggunakan Papan Perkalian. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(1), 105.
Kurniawati, L. N. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perkalian Menggunakan Papan Perkalian. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 113-119.
Lathifa, N. N. et al., (2024). Strategi Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 4(2), 69-81.
Nurfadhillah, S. (2021). Media Pembelajaran Pengertian Media, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. Sukabumi: CV Jejak (Jejak Publisher).
Puslitjakdikbud. (2021). Meningkatkan Kemampuan Literasi Dasar Siswa Indonesia Berdasarkan Analisis Data PISA 2018. Diakses dari https://pskp.kemdikbud.go.id/assets_front/images/produk/1-gtk/kebijakan/Risalah_Kebijakan_Puslitjak_No__3,_April_2021_Analisis_Hasil_PISA_2018.pdf. Diakses tanggal 30 Juli 2024.
Ramadhan, N. R., & Hamid, R. J. (2023). Media Pembelajaran Papan Perkalian Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Inpres Bontobila. Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 138-146.
Ratnawati, et al., (2024). Pengaruh Media Panlintarmatika (Papan Perkalian Pintar Matematika) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Materi Perkalian pada Siswa Kelas II SDN 08 Tiumang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(3), 315-327.
Risqi, W., & Siregar, N. (2023). Media Papan Pintar Materi Perkalian dalam Pembelajaran Matematika Permulaan di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(2).
Saputra, A. et al., (2025). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbantuan Media Snork’s Long Division untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pndidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika, 6(2), 724-729.
Saputro, H. B. (2018). Pengembangan Modul Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Bangun Sisi Lengkung Untuk Mahasiswa PGSD UAD. JPSD, 5(1), 53-61.
Sintawati, M. (2017). Pengembangan Modul Berbasis Penemuan Terbimbing Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Bagi Mahasiswa PGSD UAD. JPSD, 3(2), 24-33.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.
Wahid, A. (2018). Jurnal Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 5(2).
Wahyuni, R. S., et al. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Papan Perkalian Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD Negeri 05 Sembawa. Jurnal Sekolah, 6(3), 11-20.
Widiansyah, A. (2018). Peranan Sumber Daya Pendidikan Sebagai Faktor Penentu dalam Manajemen Sistem Pendidikan. Cakrawala: Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika, 18(2), 229-234.
Yosiva, A. et al., (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Pintar (PAPIN) dan Katalog Ajaib (KAJIB) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 1 Kaliwalu. Jurnal PGSD,7(2), 20-26.
Zuliani, R. et al., (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Perkalian Melalui Media PKP2 (Papan Kantor Pintar Perkalian) Kelas II SDN 3 Sepatan. MASALIQ: Jurnal Pendidikan dan Sains, 3(5), 870-879.
License
Copyright (c) 2025 Choirin Mega Kusuma Dewi, Ida Ermiana, Vivi Rachmatul Hidayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.