Pengembangan Multimedia Warungku Berbasis CTL Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Bilangan Cacah Siswa Fase B Sekolah Dasar
Penulis
Najwa Rika Faradina , Andhin Dyas Fitriani , Dwi HeryantoDOI:
10.29303/jipp.v10i3.3606Diterbitkan:
2025-08-26Terbitan:
Vol 10 No 3 (2025): AgustusKata Kunci:
Multimedia, Pemahaman Konsep, Pengurangan Bilangan CacahArticles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Pemahaman konsep matematika merupakan dasar penting bagi peserta didik untuk mempelajari materi yang lebih kompleks. Namun, banyak peserta didik masih mengalami kesulitan dalam memahami operasi hitung pengurangan bilangan cacah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan multimedia yang dapat melatih pemahaman konsep peserta didik fase B sekolah dasar pada materi pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Metode penelitian ini yaitu Design & Development dengan model ADDIE yaitu analyze, design, development, implementation, evaluation. Multimedia Warungku dinilai melalui validasi kepada ahli materi, media, dan pembelajaran. Hasil angket menunjukkan bahwa multimedia ini termasuk kategori baik pada aspek materi serta sangat baik pada aspek media dan pembelajaran. Rata-rata skor N-Gain peserta didik yang diperoleh sebesar 0,80 dengan kategori tinggi setelah menggunakan multimedia Warungku. Simpulan penelitian ini bahwa multimedia Warungku mampu meningkatkan pemahaman konsep operasi hitung pengurangan sampai 1.000 pada peserta didik fase B.
Referensi
Ainiyyah, Q., Sumarno, S., & Dwijayanti, I. (2024). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Fase A Dalam Mengurutkan Bilangan. Polinomial: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 45-52.
Amir, A. (2015). Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Matematika.Logaritma, 3(1), 13–28.
Andrianie, S., Arofah, L., & Ariyanto, R. D. (2022). Karakter religius: Sebuah tantangan dalam menciptakan media pendidikan karakter. Penerbit Qiara Media.
Cahyono, H. (2021). Penggunaan Video Pembelajaran Berbasis Aplikasi Bandicam pada Mata Kuliah Teori Graf Untuk Meningkatkan Kemampuan Abstraksi Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Modern, 6(2), 114–119. https://doi.org/10.37471/jpm.v6i2.205
Ernawati, Marsithah, I., & Jannah, M. (2024). Pengembangan Modul Project IPAS berbasis Lingkungan dalam Kurikulum Merdeka pada Fase E. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 5(1), 50–63. https://doi.org/10.30596/jppp.v5i1.16968
Gusasi, N., Lukman, L., Jamaludin, J., Misnah, M., & Ratu, B. (2024). Pemanfaatan Multimedia dan Gaya Belajar dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Larobenu. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 14(1), 71. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v14i1.605
Handayani, P., Suarjana, & Yudiana. (2021). Dakota (Dakon Matematika) sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Bilangan Cacah pada Siswa Kelas III SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 105(2), 79. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf
Indriani, R., & Zinaida, R. S. (2025). PENGGUNAAN TEKNIK VOICE OVER DALAM PENYAMPAIAN BERITA DI CHANNEL YOUTUBE SRIWIJAYAPOST. 4(1), 62–69.
Jeheman, A. A., Gunur, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 191–202. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.454
Marfianingsih. (2017). Penerapan Contextual Teaching and Learning ( CTL ) Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA Kelas IV SDN Sabdodadi Keyongan. E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan, 6(3), 232.
Marfu’ah, S., Zaenuri, Masrukan, & Walid. (2022). Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 50–54. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Midah, M., & Ruqoyyah, S. (2021). Kemampuan Pemahaman Matematik Untuk Siswa SD Kelas IV dengan Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning Pada Materi Operasi Hitung Penjumlahan Pecahan. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 4(2), 257-265.
Nengsih, G. A., & Pujiastuti, H. (2021). Analisis Kesulitan dalam Menyelesaikan Soal Materi Operasi Bilangan Cacah Siswa Sekolah Dasar. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 293. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9941
Nurwahyuni, N., Virgianti, S., & Afadil, A. (2023). Identifikasi Pemahaman Konsep dan Self Efficacy Siswa pada Materi Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur. Media Eksakta, 19(1), 90–95. https://doi.org/10.22487/me.v19i1.1083
Oktaviyani, H., & Karlimah. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Penjumlahan Bilangan Cacah pada Siswa SD Menggunakan Media Pop Up Book. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 203–210. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index
Pujiono, A. (2021). Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bagi Generasi Z. Didache: Journal of Christian Education, 2(1), 1. https://doi.org/10.46445/djce.v2i1.396
Putra, I. G. L. A. K., Tastra, I. D. K., & Suwatra, I. I. W. (2014). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Addie Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Di SDN 1 Selat. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–10. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/3939
Ramadhanti, D. (2015). PENGGUNAAN KALIMAT EFEKTIF DALAM KARYA ILMIAH SISWA: APLIKASI SEMANTIK STUDI KASUS SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 LEMBAH GUMANTI. Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 8 (44-51).
Richey, R. C., & Klein, J. D. (2014). Design and development research: Methods, strategies, and issues. Routledge.
Restiani, A., Robandi, B., & Fitriani, A. D. (2017). Penerapan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas Iv. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 100–109.
Sastro, W., Mora, E., Lubis, A. R., & Gusnirwanda, H. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Mis Aisyah Wil. Sumut. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(1), 296–302.
Setiawan, Y., & Maharani, A. I. (2021). Pengembangan Mathlite untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3520–3530. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1375
Shinta, R. N. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Dengan Pendekatan Ctl Berdasarkan Kurikulum 2013. Mimbar Sekolah Dasar, 1(2). https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v1i2.875
Sohilait, E. (2021). Pembelajaran Matematika Realistik.
Suniati, N. M. S., Sadia, W., & Suhandana, A. (2013). Pengaruh implementasi pembelajaran kontekstual berbantuan multimedia interaktif terhadap penurunan miskonsepsi (studi kuasi eksperimen dalam pembelajaran cahaya dan alat optik di smp negeri 2 amlapura). Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 4(1), 1–13. https://www.neliti.com/publications/77214/pengaruh-implementasi-pembelajaran-kontekstual-berbantuan-multimedia-interaktif
Surasmi, W. A. (2020). Pemanfaatan Multimedia Untuk Mendukung Kualitas Pembelajaran. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru (Ting) Viii, November, 593–607. https://repository.ut.ac.id/6555/1/TING2016ST2-32.pdf
Wibawanto, W., & Ds, S. S. M. (2017). Desain dan pemrograman multimedia pembelajaran interaktif. Cerdas Ulet Kreatif Publisher.
Wulandari, Y., Rahmawati, A. E., Handriani, S. Z., Setyaningsih, A. A., Baidowi, A. L., & Darmadi, D. (2020). Penerapan Dan Pemahaman Siswa Smp Kelas Viii Terhadap Materi Pembelajaran Matematika Dalam Kehidupan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 4(1), 85–89. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.1819
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Najwa Rika Faradina, Andhin Dyas Fitriani, Dwi Heryanto

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.