Pengaruh Penggunaan Media Diorama terhadap Hasil Belajar IPAS pada Siswa Kelas V di SDN 7 Ampenan
Penulis
Rani Purwanti , Siti Istiningsih , Muhammad SobriDOI:
10.29303/jipp.v10i3.3991Diterbitkan:
2025-08-28Terbitan:
Vol 10 No 3 (2025): AgustusKata Kunci:
Hasil Belajar, IPAS, Media DioramaArticles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS menjadi permasalahan di SDN 7 Ampenan. Salah satu materi dalam IPAS yang bersifat abstrak dan membutuhkan media pembelajaran yang tepat adalah materi harmoni dalam ekosistem. Namun, penelitian terkait pemanfaatan media diorama pada topik ini masih terbatas sehingga dibutuhkan kajian lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media diorama terhadap hasil belajar IPAS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain quasi eksperimental design, jenis nonequivalent control group design. Sampel ditentukan dengan metode nonprobability sampling, yaitu kelas V A sebagai kelas eksperimen dan kelas V B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar. Hasil pre-test menunjukkan rata-rata nilai kelas eksperimen sebesar 46 dan kelas kontrol sebesar 47,89. Setelah diberi perlakuan berupa penggunaan media diorama, nilai rata-rata post-test kelas eksperimen meningkat menjadi 76,50, sedangkan kelas kontrol mengalami penurunan menjadi 36,84. Analisis independent sample t-test menunjukkan tidak terdapat perbedaan signifikan pada pre-test (sig. = 0,754), namun terdapat perbedaan signifikan pada post-test (sig. <0,001). Uji paired sample t-test juga menunjukkan peningkatan signifikan pada kelas eksperimen (sig. <0,001). Nilai N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,5973 berada pada kategori sedang, sedangkan kelas kontrol mengalami penurunan dengan skor -0,3397. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media diorama terhadap hasil belajar IPAS pada siswa kelas V dan temuan ini menunjukkan media diorama berpotensi untuk dimanfaatkan pada berbagai materi yang bersifat abstrak dalam mempermudah pemahaman dan meningkatkan hasil belajar siswa.
Referensi
Adrianti, M., Arjudin., & Musahadah. (2025). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Keaktifan Belajar Peserta Didik melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas VI SDN 3 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 942-948.
Alfatonah, I. N. A., Kisda, Y. V., Septarina, A., Ravika, A., & Jadidah, I. T. (2023). Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPAS Kurikulum Merdeka Kelas IV. Jurnal Basicedu, 7(6), 3397-3405.
Amalia, N., Hakim, L., & Noviati. (2024). Pengaruh Media Diorama Siklus terhadap Hasil Belajar Siswa SD Kelas V. BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 60-72.
Amanda., & Darwis, U. (2023). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 105358 Sekip Lubuk Pakam. JISMA: Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, dan Akuntansi, 2(4), 1141-1148.
Amrullah, J. D. R., Prasetya, F. B., Rahma, A. S., Setyorini, A. D., Salsabila, A. N., & Nuraisyah, V. (2024). Efektivitas Peran Kurikulum Merdeka terhadap Tantangan Revolusi Industri 4.0 bagi Generasi Alpha. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(4), 1313-1328.
Angelika., Khasanah, L., Widodo, S. T., & Mardiyani, E. R. (2023). Penerapan Media Diorama untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD pada Pembelajaran PKn. Jurnal Basicedu, 7(6), 3753-3762.
Cahyani, P. L., Harjono, A., Erfan, M., & Tahir, M. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Diorama Siklus Air pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Classroom Action Research, 6(3), 551-559.
Dewi, K., Purnamasari, I., & Irianto, B. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPAS melalui Model PBL Berbantu Media Diorama pada Peserta Didik Kelas V SDN Wonotingal. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2875-2886.
Diba, F., & Muttaqien, N. (2019). Perkembangan Peserta Didik. Tangerang Selatan: Pustakapedia.
Fatimah, S. Z., Afendi, A. H., Rizal, F., & Hidayat, S. (2025). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Magnet dengan Menggunakan Media Pembelajaran Diorama di kelas V SDN Pegambiran 2. Jurnal Jendela Pendidikan, 5(01), 54-60.
Fauziyyah, Z., Setyawati, D. R., Sephiawardani, N. A., Chumdari, C., & Sardini, S. (2024). Peningkatan Hasil Belajar IPAS Pada Materi Jaring-Jaring Makanan Melalui Media Pembelajaran Diorama Pada Peserta Didik Kelas V SDN Cengklik Surakarta Tahun 2024/2025. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 7(4), 527-536.
Hafiza, H., Fitriani, W. R., & Mariyani, T. (2024). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini melalui Berbagai Macam Media Pembelajaran. Abata: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 154-167.
Hanipah, S. (2023). Analisis Kurikulum Merdeka Belajar dalam Memfasilitasi Pembelajaran Abad Ke-21 Pada Siswa Menengah Atas. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(2), 264-275.
Hariaty, Y. D., Nisa, S., & Suriani, A. (2024). Systematic Literature Review: Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(1), 220-226.
Ismail, F. (2018). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Palembang: Karya Sukses Mandiri (KSM).
Lestari, N. C., Hidayah, Y., & Zannah, F. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Permainan Edukatif Terhadap Hasil Belajar IPA di SDN Sungai Miai 7 Banjarmasin. Journal on Education, 5(3), 7095-7103.
Maghfiroh, I. Z., Sholihah, M., & Sofiyana, M. S. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD dengan Media Diorama Ekosistem. Primary Education Journals, 3, 229-238.
Maharani, F., Otaya, L. G., & Bakari, A. (2025). Pengaruh Penggunaan Media Diorama terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema Indonesiaku Kaya Budaya Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial di Kelas IV SDN 1 Telaga, Kabupaten Gorontalo. Educator (Directory of Elementary Education Journal), 6(1), 1-11.
Manullang, J. N., & Puspitawati, R. P. (2024). Analisis Peningkatan Ketuntasan Hasil Belajar Peserta Didik X-3 dengan Metode Pembelajaran Problem Based Learning dan Pendekatan TaRL. Jurnal Inovasi Kreativitas Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), 1-6.
Maretha, D., Suryani, I., & Lubis, P. H. (2024). Pengembangan Media Tour the Zoo pada Pembelajaran IPA Harmoni dalam Ekosistem Kelas V SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(03), 433-447.
Nengsih, S., Yonanda, D. A., & Haryanti, Y. D. (2024). Systematic Literature Review: Media Pembelajaran IPA untuk Materi Sistem Pencernaan Manusia di Sekolah Dasar. PUSAKA: Journal of Educational Review, 2(1), 117-126.
Permanawati, U., Mahendra, D. D., & Iriana, M. Penerapan Media Diorama dengan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipas Siswa Kelas III SD Negeri Sumber 5. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series. 7(4), 841-846.
Rahmmah, K. N. F., Adri, H. T., & Ichsan, M. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Diorama terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Pelajaran IPA. AL-KAFF: Jurnal Sosial Humaniora, 2(2), 131-137.
Saksitasari, N. A., Endrawati, N., & Hartono, Y. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantu Media Diorama untuk Meningkatkan Hasil Evaluasi Belajar IPA Ranah Kognitif Peserta Didik Kelas VI. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 6823-6832.
Siswani., Sudirman., & Angga, P. D. (2024). Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas IV SDN Embung Karung. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(4), 2556-2563.
Susanti, L., Listiani, I., & Kurniawati, R. P. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Diorama terhadap Hasil Belajar IPAS di Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 5, 510-516.
Ulfah., & Arifudin, O. (2023). Analisis Teori Taksonomi Bloom pada Pendidikan di Indonesia. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 4(1), 13-22.
Zahrah, N., Khoirunnisa, P., & Apriliana, A. C. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Pembelajaran IPAS Materi Harmoni dalam Ekosistem Kelas V Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(2), 272-285.
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Rani Purwanti, Siti Istiningsih, Muhammad Sobri

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.