Penguatan Karakter Siswa Melalui Penerapan Kultur Sekolah di SMAN 7 Mataram
Authors
Adella Dianprila Putritama , Hairil Wadi , Suud SuudDOI:
10.29303/jipp.v7i3b.753Published:
2022-08-29Issue:
Vol. 7 No. 3b (2022): SeptemberKeywords:
pendidikan karakter, karakter siswa, kultur sekolah.Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian bertujuan mengetahui (1) bagaimana penguatan karakter siswa melalui penerapan kultur sekolah di SMAN 7 Mataram (2) kendala serta upaya penguatan karakter siswa melalui penerapan kultur sekolah di SMAN 7 Mataram. Pendekatan yang digunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Jenis data penelitian adalah data primer dan data sekunder. Sumber data penelitian adalah subjek penelitian dan informan penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis data Miles dan Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian (1) penguatan karakter siswa melalui penerapan kultur sekolah di SMAN 7 Mataram terdiri dari 3 kultur, kultur prestasi, kultur kehidupan sosial, kultur akademik; (2) kendala pihak keluarga siswa yaitu sebagian orang tua menyuruh anaknya belajar daring, kendala siswa yaitu sebagian siswa terlambat/tidak masuk sekolah, kendala pihak sekolah yaitu imtak dilakukan sebulan sekali, kegiatan belajar menjadi 1 jam tiap mata pelajaran, kegiatan ekstrakurikuler tidak bisa leluasa latihan; (3) upaya mengatasi kendala orang tua siswa yaitu memanggil orang tua siswa ke sekolah, upaya mengatasi kendala siswa terlambat/tidak masuk sekolah yaitu dipanggil ke ruang BK, upaya mengatasi kendala pihak sekolah yaitu mengaji pagi di mushola, menginstruksikan guru untuk tidak terlambat, keringanan kegiatan ekstrakurikuler dengan memperhatikan protokol kesehatan.
References
Agoestanto, Arief, Sukestiyarno, Y.L., Isnarto, Rochmad, & Permanawati, F.I. (2019). Kemampuan Menganalisis Argumen dalam Berpikir Kritis Ditinjau dari Rasa Ingin Tahu. Vol. 2: PRISMA. Hal 337-342.
Ahsanulkhaq, Moh. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Vol. 2. No. 1. Hal 21-23.
Anggraini, Melani Septi Arista., Zulfiati, & Heri Maria (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di SD N Kotagede 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Vol. 3. No. 3. Hal 151-158.
Apriono, Djoko (2011). Meningkatkan Keterampilan Kerja Sama Siswa Dalam Belajar Melalui Pembelajaran Kolaboratif. Prospektus, IX (2):159-172.
Ariani, Resti Fitria (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD pada Muatan IPA. Vol. 4. No. 3. Hal 422-432.
Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah. Jakarta: Kemdiknas Balitbang Puskur.
Bahri, Djamarah Saiful (2012). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Emda, Amna (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Vol. 5. No. 2. Hal 93-196.
Fadlilawati, Yuliana (2017). Manajemen Kedisiplinan Peserta Didik Berbasis Pendidikan Islam (Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Madiun). Tesis. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.
Faizah, Nurul (2019). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Disiplin Tata Tertib Sekolah di SMA Negeri 2 Klaten. Vol. 1. No. 1. Hal 108-115.
Fitriyani, Fitriyani (2015). Studi tentang Budaya Sekolah di SMK Negeri 1 Watampone Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Skripsi. Universitas Negeri Makassar.
Halim, Alifa Rizki, Mislinawati & Awaluddin (2019). Upaya Guru Dalam Menerapkan Karakter Cinta Damai Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 51 Kota Banda Aceh. Vol.4. No. 2.
Hamzah, Syukri (2013). Pendidikan Lingkungan: Sekelumit Wawasan Pengantar. Bandung: Refika Aditama.
Hapsari, Nadia Siwi & Yonata, Bertha (2014). Keterampilan Kerjasama Saat Diskusi Kelompok Siswa Kelas VI IPA Pada Materi Asam Basa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif di SMA Kemala Bhayangkati 1 Surabaya. Vol. 3. No. 2. Hal 181-188.
Hasanah, Sitti Uswatun (2019). Kegiatan Ekstrakurikuler Paskibra Dalam Rangka Pembinaan Karakter Semangat Kebangsaan Siswa. Vol. 3. No. 2. Hal 211-225.
Ikmal, Nor. Sulistyarini & Salim, Izhar (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Muhammadiyah 2 Pontianak. Vol. 8. No. 3.
Ismail, M. Jen (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Menjaga Kebersihan di Sekolah. Vol. 4. No. 1. Hal 59-68.
Ismawati, Yayuk Tia & Suyanto, Totok (2015). Peran Guru PKN dalam Membentuk Sikap Cinta Tanah Air Siswa di SMA Negeri 1 Mojosari Kabupaten Mojokerto. Vol. 2. No. 3. Hal 877-891.
Jannah, Widia Nur & Susilawati (2018). Pentingya Kemampuan Metakognitif Siswa Sekolah Dasar Sebagai Generasi Emas. Vol. 1. No. 1.
Kasus Layanan Pengaduan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (2020). Diunduh 25 Maret 2021 https://www.kpai.go.id/publikasi/infografis/update-data-infografis-kpai-per-31-08-2020
Kenedi, Kenedi (2017). Pengembangan Kreativitas Siswa Dalam Proses Pembelajaran di Kelas II SMP Negeri 3 Rokan IV Koto. Vol. 3. No. 2. Hal 329-347.
Lestari, Winda (2019). Implementasi Nilai Kebersamaan Siswa Dalam Pergaulan di Sekolah. Skripsi. Universitas Jambi.
Luthfiana, Maria. Yuliansyah & Fauziah, Anna (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI IPA MA Negeri 1 Lubuklinggau. Vol. 1. No.1. Hal 33-41.
Ma’rufah, Da’watul Anis (2018). Hubungan Antara Minat Membaca dengan Prestasi Belajar Siswa SMA pada Mata Pelajaran Sosiologi. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Mulayasa, Enco (2004). Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Naim, Ngainun (2012). Character Building. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Noviyanti, Mery (2011). Pengaruh Motivasi dan Keterampilan Berkomunikasi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa pada Tutorial Online Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Matakuliah Statistika Pendidikan. Vol. 12. No. 2. Hal 81-88.
Novriyansah, Andika. Kurniah, Nina & Suprapti, Anni (2017). Studi Tentang Perkembangan Karakter Jujur Pada Anak Usia Dini. Vol. 2. No. 1.
Nursiti, N., & Barat, W. L. J. (2013). Keterampilan Berpikir Kritis (Critical Thinking Skill) dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Widyaiswara LPMP Jawa Barat.
Prihastuti, Meita Wida Ayu & Santa (2020). Analisis Karakter Tanggung Jawab Pada Siswa Kelas IV. Vol. 3. No. 2. Hal 128-132.
Rahamawanto, Marta Kusuma. Indrawati, Cecilia Dyah S. Murwaningsih, Tri. (2019). Pengaruh Minat Baca dan Keaktifan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Korespondensi. Vol. 3. No. 4. Hal 41-48.
Rohman, Arif (2011). Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: LaksBang Mediatama.
Rosardi, Raras Gistha (2013). Pembelajaran IPS dengan Strategi Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemandirian dan Kepedulian Siswa. Vol. 10. No. 1. Hal 21-35.
Salahudin, Anas & Alkrienciehie, Irwanto (2013). Pendidikan karakter. Bandung: CV Pustaka Setia.
Sardiman, AM. (2006). Integrasi dan Motivasi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sari, Desi Ratna (2017). Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Pada Siswa Kelas IV/D SD Negeri 13/1 Muara Bulian. Skripsi. Universitas Jambi.
Sugiyono (2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Sumarni (2003). School Culture, Teacher Culture, and School Performance: A Study of Higher Success School and Lower Success in Klaten, Central Java. Tesis. Sosiologi UI. Vol. 7. No. 3. Hal 112.
Sutomo, Wenny & Milyani, Vetty (2019). Mengidentifikasi Karakter “Menghargai Prestasi†Peserta Didik Kelas VIII SMP N 5 Muaro Jambi. Vol. 9. No. 2. Hal 110-116.
Syarif, Irman. Ratuloly, & Muhidin Abuamar (2020). Penanaman Nilai Kearifan Lokal pada Peserta Didik Melalui Pendidikan Multikultular. Vol. 1. No. 2. Hal 185-197.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.
Yaumi, Muhammad (2014). Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar, dan Implementasi. Jakarta: Prenadamedia Group.
Yulianti, Silvy Dwi. Djatmika, Ery Tri & Santoso, Anang (2016). Pendidikan Karakter Kerja Sama Dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar Pada Kurikulum 2013. Vol 1. No. 1. Hal 33-38.
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.