Pengaruh Model Problem Based Learning dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa
Authors
M. Hasan Murdani , Sukardi Sukardi , Nurlaili HandayaniDOI:
10.29303/jipp.v7i3c.775Published:
2022-10-03Issue:
Vol. 7 No. 3c (2022): SeptemberKeywords:
problem based learning, hasil belajar, motivasi belajarArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Cukup banyak hasil penelitian yang membuktikan penggunaan model problem based learning  terhdap hasil belajar, namun belum banyak yang menggunakan motivasi sebagai variabel moderator. Padahal dalam beberapa kajian menunjukkan hubungan yang kuat antara motivasi belajar dengan hasil belajar. Atas dasar itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa; (2) pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa; (3) pengaruh interaksi model problem based learning dengan motivasi terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis quasi eksperimen dengan rancangan posttest only wich non-equivalen control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Praya Timur. Pengambilan sampel dengan menggunakan random sampling sesudah melakukan penyepadanan kelas. Instrumen penelitian ini imenggunakan penilaian motivasi dan tes pilihan ganda yang sudah memenuhi kualitas instrumen. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan uji Two Way Anova. Hasil kajian menunjukkan bahwa model problem based learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa; dan terdapat pengaruh interaksi model problem based learning dengan motivasi terhadap hasil belajar siswa. Jadi ingin  meningkatkan hasil belajar siswa, maka guru dapat menggunakan model problem based learning sebagai alternatif dan memperkuat motivasi belajar siswa selama proses pembelajaran.
References
Adekantari, P., Su'ud, S., & Sukardi, S. (2020). The influence of instagram-assisted project based learning model on critical thinking skills. Journal of Educational and Social Research, 10(6), 315-315.
Aditiany, V., & Pratiwi, R. T. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa ( Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 18(02), 13–20.
Andyani, N., Saddhono, K., & Mujyanto, Y. (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Dengan Menggunakan Media Audiovisual Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 4(2), 5.
Antasari, N. K., Sukardi, S., & Rispawati, R. (2018). Pengaruh Medel Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Script Berbantuan LKPD Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 5(1), 14–24. https://doi.org/10.29303/juridiksiam.v5i1.70
Aprilia, L. A., Slameto, S., & Radia, E. H. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Ppkn Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together (Nht) Berbasis Kurikulum 2013. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(1), 85. https://doi.org/10.30738/wa.v2i1.2530
Asrifah, S., Solihatin, E., Arif, A., Rusmono, & Iasha, V. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Siswa Kelas V Sdn Pondok Pinang 05. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 16(30), 183–193. https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no30.a2719
Astikawati, N. W., Tegeh, I. M ., & WarpalaPro, I. W. S. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning ( PBL ) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Ipa Terpadu Dan Kemandirian Belajar Siswa Program Studi Teknologi Pembelajaran Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 10(2), 76–85.
Cahyani, A., Suryanti, N. M. N., & Sukardi, S. (2022). Sikap Siswa Terhadap Pembelajaran Berbasis Online dilihat dari Berbagai Variabel. Journal of Education and Teaching (JET), 3(2), 161-170.
Darojah, N. R., & Hadijah, H. S. (2016). Analisis Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 109. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3344
Djonomiarjo, T. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1), 39. https://doi.org/10.37905/aksara.5.1.39-46.2019
Effendy, A. A., Murtiyoko, H., & Wicaksono, W. (2019). Pemberian Motivasi Dalam Membangun Genenerasi Muda Yang Berkompeten Dan Religius Pada Madrasah Aliyah Ummul Qura Pondok Cabe, Pamulang Tangerang Selatan. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 2(1), 1. https://doi.org/10.32493/j.pdl.v2i1.3596
Elizabeth, A., & Sigahitong, M. M. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 6(2), 66. https://doi.org/10.33394/j-ps.v6i2.1044
Ernaini, Ghazali, Surur, Utami, & F. (2021). Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 1(2), 149–157. https://doi.org/10.51878/action.v1i2.637
Fauzan, S., Gani, M., Syukri, A., Aceh, M., & Banda, D. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 27–35.
Fatayan, A. (2022). Penggunaan Metode Mind Mapping Terhadap Kemampuan Literasi Siswa Pada Pembelajaran IPS. Educenter Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 47–57.
Gunawan, Y. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Keaktifan Siswa Dalam Mewujudkan Prestasi Belajar Siswa. In Khazanah Akademia (Vol. 2, Issue 1, pp. 74–84).
Hamdani, A. R., Dahlan, T., Indriani, R., & Karimah, A. A. (2021). Analisis Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Mandiri, 2(September), 33–38.
Hardianti, R., Safrudin, N. &, & Prasetyo, E. (2021). Jurnal Birunimatika Implementasi model problem based learning untuk meningkatkan kreativitas peserta didik. Jurnal Birunimatika, 1–6.
Ismail, M., Sukardi, S., & Su'ud (2009). Pengembangan Model Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Sasak: ke Arah Sikap dan Prilaku Berdemokrasi Siswa SMP/MTS. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 42(2 Jul).
Jusmawati, J., Satriawati, S., & R, I. (2018). Pengaruh Motivasi Berafiliasi Terhadap Keaktifan Belajar Matematika Siswa SD Inpres Perumnas Antang Kota Makassar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(2), 158–165. https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i2.1571
Karwati, S., Sukardi, S., & Syafruddin, S. (2019, April). The Study of Quality Service of Education in Public Vocational Schools in Using ServQual Model. In 3rd Asian Education Symposium (AES 2018) (pp. 385-387). Atlantis Press.
Lestari, S. R. W., & Rosy, B. (2019). Pengaruh Portfolio Assessment Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Menganalisis Surat Dinas Kelas X Otkp Di SMK Negeri 10 Surabaya Septia Rizky Widya Lestari. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 7(4), 191–196. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/JPAPUNESA/article/view/31607
Maarif, R. A., & Prasetyo, T. (2020). Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Discovery Learning Berbantuan Media Gambar Terhadap Kreativitas Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas 5 SD Negeri Tingkir Tengah 01 Tahun 2019/2020. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(4). https://doi.org/10.36312/jisip.v4i4.1577
Masni, H. (2015). Strategi meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Dikdaya, 5(1), 34–45.
Mudena, M., Wilian, S., & Sukardi, S. (2017). Pengaruh Komunikasi Kepala Sekolah Dan Iklim Kerja Organisasi Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sd Negeri Di Kecamatan Mataram Kota Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 2(1).
Muizaddin, R., & Santoso, B. (2016). Model pembelajaran core sebagai sarana dalam meningkatan hasil belajar siswa ( Core learning model for improving student learning outcomes ). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 224–232. http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/00000%0AModel
Niami, K., Kosim, & Gunawan. (2018). No Titleااااا. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4(2), 1–25.
Ningrum, R. K. (2017). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Menggunakan Problem Based Learning berbasis Flexible Mathematical Thinking. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 213–222.
Novariana, M. (2021). Interaksi edukatif guru kunjung sebagai strategi alternatif meningkatkan motivasi belajar dalam pembelajaran masa pandemi COVID-19. Indonesian Journal of Educational Development, 1(4), 702–715. https://doi.org/10.5281/zenodo.4562072
Novianti, C., Sadipun, B., & Balan, J. M. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Science, and Physics Education Journal (SPEJ), 3(2), 57–75. https://doi.org/10.31539/spej.v3i2.992
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264
Paradina, D., Connie, C., & Medriati, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas X. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 169–176. https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.169-176
Prasetyo, F., & Kristin, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SD. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 13. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2645
Pujiastuti, R., & I., J. (2013). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Melalui PBL Pada Siswa Kelas X Sma. Lembaran Ilmu Kependidikan, 42(2), 93–100.
Rahayu, E., Susanto, H., & Yulianti, D. (2011). Pembelajaran Sains Dengan Pendekatan Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Indonesian Journal of Physical Education, 7, 106–110. http://journal.unnes.ac.id
Rahmadani, D. (2012). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Pekanbaru. 1(1), 162–172.
Ramdani, A., Witono, A. H., & Sukardi, S. (2018). Pelatihan Pengisian Instrumen Akreditasi Untuk Peningkatan Mutu Evaluasi Diri Sekolah/Madrasah Pada Kelompok Kerja Madrasah Aliyah Wilayah IV. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 1(1).
Rosyida, S., Ismail, M., & Sukardi, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Circuit Learning (CL) Berbantuan Media Kartu Soal Terhadap Hasil Belajar PKn. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 5(2).
Santiani, N. W., Sudana, D. N., & Tastra, I. D. K. (2017). Pengaruh Model PBL Berbantuan Media Konkret terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Mimbar PGSD, 5(2), 1–11.
Sari, A. I., Sukardi, S., & Masyhuri, M. (2022). Aplikasi Hybrid Learning berbantuan Edmodo terhadap Hasil Belajar Siswa. In Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan (Vol. 7, Issue 2, pp. 414–423). https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.486
Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal, A. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 25–30. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.168
Sugrah, N. U. (2019). Implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran sains. Humanika, 19(2), 121–138. https://doi.org/10.21831/hum.v19i2.29274
Sukardi, S. (2017). Efektivitas Model Prakarya dan Kewirausahaan Berbasis Ekonomi Kreatif Berdimensi Industri Keunggulan Lokal terhadap Keinovatifan Siswa. Cakrawala Pendidikan, (2), 96061.
Sukardi, S., Ismail, M., & Suryanti, N. M. N. (2014). Model Pendidikan Kewirausahaan Berbasis Keterampilan Lokalbagi Anak Putus Sekolah pada Masyarakat Marginal. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 33(3).
Sunadi, L. (2013). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Ips Di Sma Muhammadiyah 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1–19.
Suprihatin, S. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 73–82. https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i1.89
Suratno, Kamid, & Sinabang, y. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Hots) Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan IImu Sosial, 1(2), 506–515. https://doi.org/10.38035/JMPIS
Surya, Y. F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 38–53. https://bit.ly/2MXn3xs
Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PKn Peserta Didik. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 31–42.
Syudirman, S., & Saddam, S. (2021). IEEE Paper Template in A4 (V1). In Jurnal of Character Education Society (pp. 914–922). papers2://publication/uuid/3FD7B1FD-3042-44B6-A94E-62CE75886716
Tyas, R. (2017). Kesulitan Penerapan Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Tecnoscienza, 2(1), 43–52. https://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/Tecnoscienza/article/view/26/20
Uno, H. B. (2007). Teori motivasi & pengukurannya.
Utami, D. D., Syaudah, Y., & P, A. P. (2017). “Kapsul Motivasi†Meningkatkan Kepercayaan Diri Mahasiswa. Prosiding SEMNAS Penguatan Individu Di Era Revolusi Informasi, 82.
Utomo, H. (2020). Penerapan Media Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD Bukit Aksara Semarang. Jurnal Kualita Pendidikan, 1(3), 37–43. http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31004
Wardani, D. S. (2020). Usaha Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah Melalui Model Problem Based Learning Di Kelas V Sdn Babatan V/460 Surabaya. Journal of Elementary Education, 03(4), 104–117.
Winata, I. K. (2021). Konsentrasi dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 13. https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.1062
Zaman, B., Samino, & Anshori, A. (2013). Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Melalui Penerapan Metode CTL Dan Pemberian Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas Vii A Mts Negeri Teras, Boyolali Tahun 2012.
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.