MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI GURU MADRASAH ALIYAH NEGERI DI KOTA MATARAM MELALUI MODEL PELATIHAN MOTIVASI BERPRESTASI

Dina Nurlaily Aprinaida, Nyoman Sridana, I Wayan Karta

Abstract

ABSTRAK:Motivasi berprestasi guru merupakan kekuatan yang mendorong guru untuk menjalankan

tugas sebagai pendidik, pengajar, pembimbing dan pelatih. Guru yang mempunyai motivasi berprestasi

yang tinggi akan mempunyai tanggung jawab tinggi untuk bekerja dengan antusias dan sebaik mungkin

mengerahkan segenap kemampuan dan keterampilannya guna mencapai prestasi yang optimal. Penelitian ini mengembangkan model Pelatihan Motivasi Berprestasi (PMB), dan meningkatkan motivasi berprestasi guru sebagai tujuan akhirnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan  teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi. Data dianalisis secara induktif/kualitatif. Hasil dari uji ahli untuk pengembangan model PMB : pada aspek ketepatan, kegunaan, dan kelayakan tergolong sangat tepat, sangat berguna, dan sangat layak. Hasil dari uji pengguna untuk pengembangan model PMB : pada aspek ketepatan, kegunaan, dan kelayakan tergolong sangat tepat, sangat berguna, dan layak. Berdasarkan rangkaian uji efektivitas mengukur peningkatan aspek-aspek motivasi berprestasi yang terdiri dari 6 aspek yaitu memiliki tingkat tanggung jawab yang tinggi, keberanian mengambil/ memikul resiko, memiliki tujuan yang realistik, memiliki rencana kerja yang menyeluruh dan berjuang untuk merealisasikan tujuan, memanfaatkan umpan balik yang konkret dalam semua kegiatan yang dilakukan, dan mencari kesempatan untuk merealisasikan rencana yang telah diprogramkan, diperoleh hasil bahwa pelatihan ini mampu meningkatkan aspek-aspek motivasi berprestasi dengan kategori tinggi sekali. Hasil Uji efektivitas model secara kelompok menunjukkan bahwa 80% peserta pelatihan mengalami peningkatan motivasi berprestasi minimal dalam kategori tinggi sehingga PMB menggunakan model dari hasil penelitian ini dapat meningkatkan motivasi berprestasi guru.

 

Kata Kunci: Motivasi Berprestasi dan Model Pelatihan

Full Text:

PDF

References

Buckley, Michael J. & Caple, Betty. 2010.

Organisasi: Perilaku, Struktur, Dan

Proses: Edisi Kelima. Jakarta:

Erlangga.

Borg, W. D. & Gall, MD. 1983. Educational

Research: An Introduction. New

York : Longman.

BSNP. 2006. Delapan Standar Nasional

“Standar Penilaian”. Jakarta:

Departemen Pendidikan Nasional.

Gibson, I. D. 2010. Organisasi, Perilaku,

Struktur, Proses ( Alih Bahasa Nunuk

Adiarni). Jakarta : Penerbit Binarupa

Aksara.

Gregory, Robert J. 2000. Psychological

Testing: History, Principles, and

Applications. Boston: Allyn and

Bacon

Hamalik, Oemar. 2010. Kurikulum dan

Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Joint Commitee on Standards for Educational

Evaluation. Standarts for evaluations

of educational programs, projects,

and materials. New York: McGraw-

Hill.

Mangkunegara, A. P. 2011. Evaluasi kinerja

SDM. Bandung: PT Refika Aditama.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2011.

Manajemen Sumber Daya Manusia

Perusahaan. Cetakan Kedua. Bandung

: Remaja Rosdakarya.

Munandar, A. S. 2010. Psikologi industri dan

organisasi. Tangerang: UI-Press.

Peraturan Pemerintah, 2005. PP Nomor 19

tahun 2005 “Standar Pendidikan

Nasional”. Lembaran Negara.

Permendikbud, 2013. Permendikbud Nomor

tahun 2013 “Standar Penilaian

Pendidikan. Lembaran Negara.

Sugiyono, 2014. Memahami Penelitian

Kualitatif, Bandung Alfabeta

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif, dan

R&D.Bandung: Alfabeta.

Sikula. A.E. 2010. Manajemen Sumber Daya

Manusia. Bandung : Erlangga

Steers, M. Richard. 2010. Efektifitas

Organisasi. Jakarta: Erlangga.

Usman, Husnaini. 2012. Manajemen Teori

Praktik dan Riset Pendidikan EdisiII.

Jakarta: Bumi Aksara.

William, Castetter B. 2010. The Personal

Function in Educational

administration: Mc Mill

Refbacks

  • There are currently no refbacks.