PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SMA DITINJAU DARI SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK

Syarful Annam, Susilawati Susilawati, Syahrial Ayub

Abstract

Abstrak: Model pembelajaran POE merupakan suatu model belajar yang mana fase-fasenya berdasarkan singkatannya yaitu Predict, Observe, dan Explain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POE terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika SMA ditinjau dari sikap ilmiah peserta didik. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian berupa factorial design 2x2. Populasi penelitian adalah seluruh kelas X MIA SMA Negeri 6 Mataram dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Dua sampel yang diambil dijadikan sebagai kelas eksperimen yaitu kelas X MIA 3 dan kelas kontrol yaitu kelas X MIA 2. Data sikap ilmiah diambil menggunakan angket dengan 4 alternatif pilihan. Data kemampuan pemecahan masalah diukur dalam dua keadaan yaitu pada saat proses pembelajaran dengan menggunakan lembar penilaian kemampuan pemecahan masalah berdasarkan jawaban peserta didik pada LKPD dan tes akhir berupa soal dalam bentuk uraian. Hasil analisis data menggunakan analisis varians (ANAVA) dua arah dengan taraf signifikansi 5% berbantuan IBM SPSS Statistik 16. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa: 1) tidak terdapat pengaruh model POE terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika SMA ditinjau dari sikap ilmiah peserta didik, karena nilai sig yang diperoleh adalah 0,932  (lebih besar dari 0,05); 2) tingkat kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada saat proses pembelajaran termasuk ke dalam kategori sedang dan tinggi; serta 3) tidak terdapat interaksi antara model POE dan sikap ilmiah peserta didik terhadap kemampuan pemecahan  masalah fisika SMA, karena nilai sig yang diperoleh adalah 0,614 (lebih besar dari 0,05).

Kata kunci: model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain), kemampuan pemecahan masalah, sikap ilmiah.

Abstract: The aim of this research was to find out the effect of Predict-Observe-Explain learning model to the physics problem solving skill observed from the scientific attitude of the students. The type of this research was quasi experimental with a 2x2 factorial design. The population was all 10th grade students of MIA in SMAN 6 Mataram academic year 2017-2018 in four classes, and the sampling technique applied was purposive sampling. The data of student’s problem solving skill were collected by giving essays (8 questions) and the scientific attitude was measured by using questionnaires. The collected data were analyzed by applying 2-way ANOVA, assisted by SPSS 16 with the (α) significance level of 5%. The results show that the significant value for the effect of learning model consider from scientificant attitude in amount 0,932 which this value was bigger from significant level (α), and significant value for interaction between Predict-Observe-Explain learning model with scientific attitude in amount 0,614 which this value is bigger from significant level (α). According to the data, can be conclude: there was no an effect of Predict-Observe-Explain learning model to the physics problem solving skill observed from the scientific attitude of the students; and there was no interaction between Predict-Observe-Explain learning model with scientific atitude to the physics problem solving skill of the students.

Keywords: Predict-Observe-Explain Learning Model, physics problem solving skill , scientific attitude

Full Text:

PDF

References

Ahmad, F., Sukarmin & Aminah, N. S. (2015). Pengaruh Pembelajaran Fisika pada Materi Fluida Dinamik Menggunakan Metode Problem Based Learning (PBL) dan Inkuiri Terbimbing Ditinjau dari Kemampuan Awal dan Sikap Ilmiah Terhadap Prestasi Belajar Dan Kreativitas. Jurnal Inkuiri. 4 (2): 76-68.

Anwar, H. (2009). Penilaian Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains. Jurnal Pelangi Ilmu. 2(5): 103-114.

Arends, R. I. (2012). Learning to Teach, Ninth Edition. New York: McGraw-Hill Companies.

Budiyono (2004). Statistika untuk Penelitian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Press.

Gimin & Ma’aruf, Z. (2011). Sikap Ilmiah Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Pada Konsep Pesawat Sederhana Di kelas VIII. 6 SMPN 08 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Fisika Unibersitas Riau. 1 (1): 12-20.

Gunawan (2015). Model Pembelajaran Sains Berbasis ICT. Mataram: FKIP UNRAM.

Ibrahim, Kosim & Gunawan (2017). Pengaruh Model Pembelajaran POE Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 3 (1): 14-23.

Misbah (2017). Identifikasi Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa pada Materi Dinamika Partikel. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. 2 (1): 1-5.

Puriyandari, D. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Prediction, Observation And Explaination (POE) Dilengkapi Lembar Kerja Siswa (LKS) Untuk Menigkatkan Sikap Ilmiah dan Prestasi Belajar Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Siswa Kelas XI IPA1 Semester Genap SMA Negeri 1 Ngemplak Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). 3 (1): 24-30.

Puspitasari, R., Lesmono, A.D. & Prihandono, T. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran POE (Prediction, Observation, and Explanation) disertai Media Audiovisual Terhadap Keterampilan Kerja Ilmiah dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA-Fisika Di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika. 4(3): 211-218.

Rahayu, S., Widodo, AT. & Sudarmin (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model POE Berbantuan Media “I am Scientist”. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology. 2 (1): 128-133.

Rahmat, M., Muhardjito & Zulaikah, S. (2014). Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Strategi Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving Siswa Kelas X SMA. Jurnal Fisika Indonesia. 18 (54): 108-112.

Samudera, V.M., Rokhmat, J. & Wahyudi (2017). Pengaruh model pembelajaran Predict-Observe-Explain Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Ditinjau dari Sikap Ilmiah. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 3 (1): 101-108.

Sujarwanto, E., Hidayat, A. & Wartono, W. (2014). Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika pada Modeling Instruction pada siswa SMA kelas XI. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 3 (1): 65-78.

Warsono & Hariyanto (2012). Pembelajaran Aktif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.