Open Journal Systems

Pengembangan Bahan Ajar Fisika Eksperimen Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Penguasaan Scientific Method Calon Guru.

Sutrio Sutrio, Ahmad Harjono, Hairunisyah Sahidu

Abstract

Mahasiswa calon guru fisika memiliki peranan penting yang sangat strategis dalam memperbaiki proses pembelajaran fisika di sekolah pada masa yang akan datang. Salah satu kelemahan proses pembelajaran di sekolah masih kurangnya penanaman nilai dan semangat Scientific Method. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar mata kuliah Fisika Eksperimen berbasis proyek yang dapat meningkatkan penguasaan Scientific Method mahsiswa.  Bahan ajar ini dikembangkan untuk membantu mahasiswa calon guru dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan penguasaan scientific method. Metode penelitian yang digunakan dalam mengembangkan bahan ajar ini adalah metode Research and Development (R&D).  Untuk mengetahui kelayakan bahan ajar yang dikembangkan dilakukan validasi bahan ajar oleh ahli, respon mahasiswa terhadap bahan ajar dan analisis penguasaan scientific method mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahan ajar yang telah dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran, memenuhi uji validasi oleh ahli untuk komponen kelayakan isi, penyajian dan kebahasaan dengan kategori baik. Respon mahasiswa terhadap bahan ajar sangat baik, mudah dipahami dan layak untuk digunakan. Bahan ajar yang diuji cobakan dalam pembelajaran Fisika Eksperimen mampu meningkatkan penguasaan scientific method mahasiswa.

Keywords

bahan ajar berbasis proyek, fisika eksperimen, penguasaan scientific method.

Full Text:

PDF

References

Astuti, I. A. D., Putra, I. Y., & Bhakti, Y. B. (2018). Developing Practicum Module of Particle Dynamics Based on Scientific Methods to Improve Students' Science Process Skills. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 7(2), 183-196.

Erlinawati, C. E., Bektiarso, S., & Maryani, M. (2019). MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS STEM PADA PEMBELAJARAN FISIKA. FKIP e-PROCEEDING, 4(1), 1-4.

Fitrianingrum, A. M., Sarwi, S., & Astuti, B. (2016). KEEFEKTIFAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS EKSPERIMEN PADA PENGUASAAN KONSEP DAN KINERJA SISWA SMA. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 5(2), 20-27.

Lawson, A. E. (1995). Science teaching and the development of thinking. Belmont, CA: Wadsworth.

Nurohman S, (2007). Pendekatan project base learning sebagai upaya internalisasi scientific method bagi mahasiswa calon guru fisika http:/staff.uny.ac.id (20 Oktober 2015)

Hunkins, F. P., & Ornstein, A. C. (2016). Curriculum: Foundations, principles, and issues.

Sastrika, I. A. K., Sadia, W., & Muderawan, I. W. (2013). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap pemahaman konsep kimia dan keterampilan berpikir kritis. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 3(2).

Sugiyono, P. (2011). Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alpabeta, Bandung.

Sugiyono (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrio, S., Gunawan, G., Harjono, A., & Sahidu, H. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Eksperimen Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Calon Guru Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(1), 131-140.

Sutrio, (2018). Pengembangan Bahan Ajar Kajian Fisika Sekolah Menengah Berbasis Proyek untuk meningkatkan penguasaan konsep fisika SMA calon guru. Laporan Penelitian. LPPM Universitas Mataram

Tyler, R. W. (2013). Basic principles of curriculum and instruction. University of Chicago press.

Wulandari, F. E. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Melatihkan Keterampilan Proses Mahasiswa. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(2), 247-254.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.