Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Lingkungan Untuk Siswa SMP/MTs

Wildan Wildan, Aliefman Hakim, Supriadi Supriadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran IPA berbasis lingkungan untuk siswa SMP/MTs. Penelitian dilakukan dalam tiga tahap, yaitu: 1) studi pendahuluan, 2) pengembangan produk, dan 3) validasi untuk mengetahui kelayakan produk. Dari penelitian ini dihasilkan suatu produk perangkat pembelajaran IPA berbasis lingkungan yang terdiri atas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), bahan ajar, dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Perangkat yang dikembangkan telah divalidasi oleh dua orang guru dan dua orang ahli. Skor rata-rata hasil validasi didapatkan sebesar 95,83% untuk LKS, sebesar 91,67% untuk buku ajar dan sebesar 93,75%untuk RPP. Menurut validator, konten dari perangkat pembelajaran sudah menunjukkan pembelajaran IPA yang terintegrasi dan isi dari bahan ajar sudah terintegrasi dengan lingkungan. Berdasarkan hasil validasi guru dan para ahli diperoleh kesimpulan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak dilanjutkan ke tahap uji coba dalam pembelajaran IPA di SMP/MTs.

Full Text:

PDF

References

Ernst, J. (2014). Early Childhood Educators Preferences and Perceptions Regarding Outdoor Setting as learning Environments. International Journal of Early Childhood Environmental Education, 2 (1).

Fogarty, R. (1991). How to Integrate The Curricula. Illinois: IRI/Sky Publishing Inc.

Kemendiknas. (2011). Standar Proses Pembelajaran SMP-BI Mata Pelajaran IPA. Jakarta : Direktorat Pembinaan SMP.

Puskur, B. D. (2009). Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu. Jakarta: Depdiknas.

Rusdina, A. (2015). Membumikan Etika Lingkungan Bagi Upaya Membudayakan Pengelolaan Lingkungan Yang Bertanggung Jawab. Jurnal Istek, 9 (2), 244-263.

Sri Wuryastuti dan Ima Ni’mah. (2013). Model Pembelajaran Berbasis Lingkungan Untuk Meningkatkan Kecakapan Hidup Mahasiswa Melalui Pembuatan Kompor Biogas . Eduhumaniora, 5(2), 113-120.

Wildan, Aliefman H., dan Supriadi. (2018). Sosialisasi dan Pendampingan Siswa Madrasah Aliyah Negeri I Mataram Dalam Mengurangi Laju Pemanasan Global . Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat 1 (1), 70-76.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.