Kajian Ranah Linguistik dan Mutu Soal Ujian SMA dan MA

Ahmad Zamzam, Lalu Thohir, Edy Syahrial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji domain linguistik dan kualitas item alat penilaian sumatif yang digunakan untuk ujian akhir di SMA dan MA, dua jenis sekolah yang berbeda dengan penyedia yang berbeda. Ini adalah penelitian kualitatif yang berfokus pada analisis pada serangkaian tes buatan guru (TMT) di kedua jenis sekolah sebagai data primer dan respons guru bahasa Inggris sebagai data sekunder. TMT untuk kedua jenis sekolah diberikan kepada semua siswa di SMA dan MA di Lombok Timur, di mana penelitian ini dilakukan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) TMT dirancang oleh sebuah tim, diusulkan oleh pejabat pemerintah terkait institusi, urusan pendidikan dan budaya untuk SMA dan kementerian agama untuk MA; (2) dua TMT yang berbeda dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip desain pilihan ganda; (3) menilai pemahaman reading adalah item dominan dalam pertanyaan pilihan ganda tes SMA dan MA; (4) proporsi menilai keterampilan bahasa lainnya dan elemen linguistik dalam pertanyaan pilihan ganda tidak dirumuskan secara sistematis, yang menyebabkan perbedaan yang signifikan antara tes guru SMA dan MA.

Full Text:

PDF

References

Bachman, F., Lyle.1990.Fundamental Consideration in Language Testing. Oxford: Oxford University Press

Berg, L, B,. 2001.QualitativeResearch Methods for the Social Sciences. United States of America: A Person Education Company

Brown, H.D. 2009.Language Assessment: Principles and Classroom Practices. 4th ed. Addison Wesley Longman: A Pearson Education Company.

Blaxter, L., Hughes, C., Tight, M., 2006. How to research. England: Open University Press.

Miles, MB &Huberman, AM., 1992.Qualitative Data Analysis: A sourcebookof new methods. SAGE. Beverly Hills.

Moleong, LJ. 1989. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muh Nadlir. Sulitnya Soal UNBK Dianggap Hambat Peningkatan Kualitas Pendidikan, didowload dari https://nasional.kompas.com/read/2018/04/17/19194971/sulitnya-soal-unbk-dianggap-hambat-peningkatan-kualitas-pendidikan. tanggal 15 April 2018

Nurgiantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta. Edisi Ketiga

Nurgiantoro, Burhan. 2012. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta. Edisi Ketiga

Zamzam, A., Syahrial, E., & Djuhaini, E. 2017.Kajian Sistem Penilaian Bahasa Inggris Dalam Penerapan Kurikulum 2013 di SMA/SMK/MA di Kab.Lombok Timur.Belum dipublikasikan.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.