Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Fisika Pokok Bahasan Gaya Pegas Melalui Pendekatan Cooperative Learning (Cl) Tipe Jigsaw Siswa Kelas XI IPA 6 Di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017

Abdul Kadir Alaydrus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Fisika pokok bahasan Gaya Pegas Siswa XI IPA 6 Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Mataram Melalui Pendekatan Cooperatife Learning Tipe Jigsaw Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari perencanaa, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan pada  siswa Kelas XI IPA 6  SMAN 2 Mataram yang berjumlah 40 orang, 20 orang perempuan dan 20 orang laki-laki,  pokok bahasan Gaya Pegas Tahun Pelajaran 2016/2017. Data motivasi siswa diperoleh melalui angket yang dianalisis dengan sturges dan hasil belajar siswa diperoleh melalui tes berupa tes objektif (pilihan ganda).  Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi  belajar  siswa dengan menggunakan pendekatan Cooperative Learning tipe Jigsaw mengalami peningkatan prosentase motivasi tinggi dari siswa sebesar 27,5 %  pada siklus  I   menjadi 65 % pada silus  II dan penurunkan prosentase siswa yang bermotivasi rendah dari 57,5 % pada siklus I menjadi 17,7 % pada siklus II. Rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari 64,85  pada siklus I menjadi 94,00 pada siklus II, dan  ketuntasan klasikal  juga  meningkat dengan menggunakan pendekatan Coopertive Learning tipe Jigsaw sebesar 52,5 % pada siklus  menjadi 90,0 %. pada siklus II.

Full Text:

PDF

References

Asrori M. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Wacana Prima.

Asrori M. 2007. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

DaniDharyani. 2009. Pengajaran yang Kreatif dan Menarik (Cara Membangkitkan Minat Siswa Melalui Pemikiran).Jakarta: Direktort Jendral Peningkatan Mutu Pendidikdan TenagaK ependidikan Departemen Pendidikan Nasional.

Hamzah B. Uno. 2012. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreati fdan Efektif. Jakarta; PT Bumi Aksara.

Harun R. dan Mansur. 2007. Penilaian Hasil Belajar.Bandung:CV Wacana Prima.

Husaini Usman dan Purnomo Setiady Akbar. 2011. Metodelogi Penelitian Sosial Edisi Kedua. Jakarta; Bumi Aksara.

Rusman.2013. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta; Raja Grafindo Persada.

Sugiyanto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta:Yuma Pustaka.

Suharsimi Arikunto. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: BhumiAksara.

Suhardjono. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: BhumiAksara.

SumiatidanAsra. 2007. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima:

Trianto. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktif. Jakarta. Prestasi Pustaka Publisher.

Undang-undang (2003). Undang-undangNomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Zainal Aqib. 2009. Penelitian Tindakan Kelas (Untuk Guru).Bandung: Yrama Widaya.

ZainalAqib dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas (Untuk Guru SMP, SMA, SMK). Bandung: YramaWidaya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.