PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA DI SMA NEGERI 5 MATARAM

Harmoko Harmoko, Muntari Muntari, Hamidsyukrie Hamidsyukrie

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, teknik, evaluasi, tindak lanjut, dan implikasinya pengelolaan SDM Di SMA Negeri 5 Mataram. Hasil penelitian yaitu: 1) Perencanaan pengelolaan SDM di SMA Negeri 5 Mataram: a) Mempertimbangan secara demokratis, b) Penempatan guru yang berkompoten dan profesional pertimbangan psikologis, c) Menjaga kualitas dan peningkatan SDM memanfaatkan sumber daya yang ahli di bidang IT, d) Di bentuk tim kecil dengan tugas menemukan permasalahan sekolah, e) Secara bersama melalui rapat kerja tahunan (RAKER), f) Kesejahteraan guru, g) Menyelesaikan masalah secara kekeluargaan. 2) Pengelolaan SDM (Guru) di SMA Negeri 5 Mataram: a) Memperkuat dan memperkokoh atribut Smala, iklim kerja humanis serta kultur (kebersamaan, keteladanan, dan (5 S), b ) Buadaya melek IT, c) Memiliki sasaran mutu, d) Pendekatan individual (supervisi klinis). 3) Teknik evaluasi pengelolaan SDM (Guru) di SMA Negeri 5 Mataram: a) membangun kerja sama tim, b) kesadaran pribadi, reward dan 3) penerpan program unggulan 5S, c) aturan tidak terlalu ketat, d) Program kerja, silabus, RPP sudah terjadwal khusus diawal tahun pelajaran secara serentak di kontrol kepala sekolah, e) menjadikan mereka (guru) mampu bersatu, berkerja sama, memahami, menerima satu sama lain menuju tujuan bersama, f) Guru-guru di Smala bersikap sesuai tuntutan yang tercermin 4 kompetensi, g) pemanfaatan guru produktif untuk kreatif dalam bekerja, kemampuan computer mereka di atas rata-rata, mampu membuat buku pedoman pendidikn SMA Negeri 5 Mataram, dan Guru IN (Instruktur Nasional) dan guru instruktur provinsi, h) Kepemimpinan partisipan, i) Kegiatan menjadi Pembina, panitia/mengawas, pelatihan, seminar, sosialisasi, dan sebagainnya. 4) Tindak lanjut dari hasil pengelolaan SDM(Guru) di SMA Negeri 5 Mataram: a) mempertimbangkan 4 model manajemen pengelolaan SDM, b) Mempertimbangkan kondisi internal dan eksternal, c) Mempersiapkan prioritas melet IT, d) Menyesuaikan perubahan eksternal, e) Menggunakan analisis SWOT d, f) Menyatukan persepsi guru, g) Melakukan koordinasi dengan bawahan atas tupoksi yang telah dibebankan, h) Mempertimbangkan secara professional dan secara psikologis, i) Memperkuat sistem yang sudah berjalan, j) Fokus pada visi misi dan tujuan sekolah. 5) Implikasi pelaksanaan pengelolaan SDM (Guru) di SMA Negeri 5 Mataram: a) Guru-guru dengan rasa kekeluargaan, b) rotasi tugas pertimbangan kualitas kerjanya, c) Pemberian insentif, d) Memiliki tim yang kuat, e) Komitmen dan kerja sama guru. Kata kunci: Pengelolaan Sumber Daya Manusia.

Full Text:

PDF

References

Chatab, N. 2007. Manajemen Diagnosis, Metode Teruji Meningkatkan Keunggulan Organisasi. Jakarta: Serambi Ilmu Semesta.

Covey S R. 2004. THE 8th HABIT Melampaui Efektivitas, Menggapai Keagungan. New York: A Fire-Side Book.

Damaianti dan Syamsuddin. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Damayani, Purnamasari dan Kusdaryani. 2016. Penguatan Kultur Sekolah Untuk Mewujudkan Pendidikan Ramah Anak. Semarang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Cakrawala Pendidikan, Februari 2016, Th. XXXV, No. 1.

Depdiknas (Kemendiknas). 2014. 35 Sekolah SMA Terbaik di Indonesia Versi Depdiknas (Kemendiknas). Jakarta: Depdiknas (Kemendiknas). Online. http://www.pendidikandiy.go.id/dinas_v4/?view=v_berita&id _sub=3223. Senin, 29 Desember 2015.

Dweck. 2006. Change Your Mindset Change Your Life. New York: Random House. Terjemahan: PT. Serabi Ilmu Semesta.

Ellitan, Lena. 2002. Praktik-Praktik Pengelolaan Sumber Daya Manusia dan Keunggulan Kompetitif Berkelanjutan. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan Vol. 4, No. 2, September 2002: 65-76. Jurusan Ekonomi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Petra.

ILO. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Kerjasama dan Usaha yang Sukses. Jurnal Internasional. Jakarta: Keberlanjutan melalui perusahaan yang kompetitif dan bertanggung jawab (SCORE) Modul 4.

Mulyasa. E. 2007. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pranoto. 2013. Pengaruh Pembinaan Berkelanjutan, Supervisi Pengawas Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di UPT Disdikpora Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara. Semarang: PPs Manajemen Pendidikan IKIP PGRI Semarang. JMP, Volume 2 Nomor 1, April 2013.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.