Model Pembelajaran Holistik Integratif di PAUD Untuk Mengembangkan Potensi Dasar Anak Usia Dini

I Nyoman Suarta, Dwi Istati Rahayu

Abstract

Proses pembelajaran yang dilakukan pendidik PAUD masih dominan merupakan kegiatan mengajar yang berpusat pada guru. Anak didik nampaknya aktif tetapi sesungghnya anak didik mengerjakan tugas yang telah dicontohkan oleh guru. Tugas yang dikerjakan anak masih bersifat parsial. Hal ini belum  memenuhi prinsip pembelajaran di PAUD yaitu pendidikan bersifat menyeluruh yang mencakup semua aspek perkembangan dan terintegrasi. Akibatnya pengembangan karakter menjadi belum optimal. Model pembelajaran Holistik Integratif merupakan salah satu solusi permasalahan tersebut. Pembelajaran holistik integratif merupakan model pembelajaran yang mengaplikasikan prinsip-prinsip perkembangan anak usia dini, melalui kegiatan bermain yang sekaligus merupakan proses belajar bagi anak didik. Proses pembelajarannya menekankan pada aktifitas pembelajaran berpusat pada anak. Stimulasi tumbuh kembang anak dilakukan secara simultan dan berkesinambungan. Stimulasi mencakup enam aspek perkembangan  yaitu nilai agama dan moral, fisik/motorik, kognitif, bahasa, sosial emosional dan seni. Pengembangan aspek perkembangan anak akan dapat optimal bila proses pendidikannya memberikan kesempatan pada anak untuk mengalami secara langsung dalam proses pembelajaran.   Kegiatan main anak lebih mengoptimalkan pemanfaatan Alat Permainan Edukatif (APE)  dan memadukan beberapa APE yang dimiliki agar anak bermain lebih asyik dan berproses secara alami. Proses  bermain yang dilakukan dengan mengoptimalkan pemanfaatan APE akan dapat mengembangkan karakter anak. Model pembelajaran Holistik Integratif memberikan cara dan tahapan yang dilakukan dalam pengelolaan pembelajaran, proses pembelajaran dan proses pengembangan perencanaan pembelajarannya. Penerapan model pembelajaran holistik integratif akan menjadi landasan untuk proses stimulasi tumbuh kembang anak sebagai dasar perkembangan kecerdasan dan pendidikan anak selanjutnya.

Full Text:

PDF

References

Anggani Sudono, 2003, Gaya pembelejaran anak usia dini, Buletin Padu, vol.2 no.01, April 2003, Jakarta.

Dedi Supardi, 2003, Makna dan Implikasi Undang-Undang Sisdiknas, Buletin PADU, Agustus, Jakarta.

Depdiknas, Dirjen PLS, Direktotorat PAUD, 2006; Pedoman Penerapan Pendekatan BCCT dalam Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta.

Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, 2004, Modul Sosialisasi Padu, Jakarta.

Eko Yunianto, 2003, Mengemas Program Pendidikan Anak Usia Dini, Buletin PADU, Edisi Desember 2003, jakarta.

Endah Kuntariyati, 2007, PAUD menyongsong kualitas anak masa depan, Homepage pendidikan Network.

Fasli Jalal, 2003, Perluasan Layanan pendidikan Anak Usia Dini, Buletin PADU, Agustus 2003, Jakarta.

Fasli Jalal, 2003, Kebijakan MakroPendidikan Anak Usia Dini di Indonesia, Buletin PADU, Edisi Khusus, Jakarta

Herry Pujiastuti, dkk, 2003, Proses pengindraan dalam proses pembelajaran anak usia dini, Buletin Padu, vol.2 no.01, April 2003, Jakarta.

Harun Rasyid, 2009, Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini, Multi Presindo, Jogjakarta.

Ishak Abdulhak, 2002, Memposisikan Pendidikan Anak Usia Dini dalam Sistem Pendidikan Nasional, Buletin PADU, Agustus 2002, Jakarta.

Ishak Abdulhak, 2003, Konseptualisasi, dan pemetaan tatanan Kebijakan serta Sistem dan program pendidikan Anak Usia Dini di Indonesia, Buletin PADU, Edisi Khusus, Jakarta.

James Le Fanu, 2006, Diteksi Dini Masalah-masalah Psikologi Anak, Think, Jogjakarta

June R Oberlander, 2003, Slow and Steady Get Me ready, PT Primamedia Pustaka, Jakarta.

Masitoh, dkk, 2008, Strategi Pembelajaran TK, Universitas terbuka, Jakarta.

Montolulu, dkk, 2007, Bermain dan Permainan Anak, Universitas Terbuka, Jakarta, 2007.

Nyoman Suarta, dkk; 2003, Model Traning untuk meningkatkan kemampuan Mengajar Guru-guru Madrasah di NTB, Laporan Penelitian; Mataram, Universitas Mataram.

Nyoman Suarta, dkk; 2006, Sistem penyelenggaraan dan Pembinaan Pelayanan Pendidikan Anak Usia Dini pada Jalur Formal dan Non-formal di Provinsi NTB, Laporan penelitian, Mataram, Universitas Mataram

Nyoman Suarta, dkk, 2008, Pengembangan kesehatan Ibu dan Anak di Desa pemongkong, laporan kegiatan, Mataram, PKBI NTB.

Yuliani Nurani Sjiono, 2009, Konsep Dasar Pendidikn Anak Usia Dini, PT. Indeks Jakarta.

Anonim, Jurnalnet.Com, tahun 2009 Depdiknas Targetkan APK PAUD 53%.

Anonim, Jurnalnet.co, Pengelolaan PAUD dilimpahkan ke daerah.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.