PENGARUH SUPERVISI PENGAWAS DAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU SMA NEGERI SE KABUPATEN LOMBOK BARAT

I Gede Suta Beratha, Nyoman Gede Suta Sridana, Edy Herianto

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk membuktikan signifikansi pengaruh secara parsial dan simultan dari fungsi supervisi akademik pengawas sekolah dan kepala sekolah terhadap peningkatan kinerja guru SMAN di Kabupaten Lombok Barat. Dalam rangka tepatnya pengukuran variabel dan input pembentukan model, maka dilakukan uji validitas dan reliabilitas instrumen. Pembuktian hipotesis dilakukan dengan tiga tahap pengujian, berupa dua kali uji signifikansi parsial dengan uji t dan sekali uji simultan dengan uji F. Proses uji signifikansi tersebut sebagai bagian secara utuh dari penggunaan analisis regresi linear berganda. Dilengkapi dengan uji asumsi klasik serta pemanfaatan parameter lainnya agar tidak menyesatkan dalam proses uji hipotesis dan pengambilan keputusan berdasarkan model yang terbentuk. Temuan dalam penelitian ini bahwa tiga hipotesis yang dirancang diterima, seluruh pengujiannya berada pada kriteria Ha diterima. Terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial dan simultan dari fungsi supervisi akademik pengawas sekolah dan kepala sekolah terhadap peningkatan kinerja guru SMAN di Kabupaten Lombok Barat. Dua fungsi ini dapat dijadikan fokus peningkatan kinerja guru, karena dapat menjelaskan kinerja guru sebesar 62,60 persen. Diharapkan dalam pelaksanaan dua fungsi tersebut, oleh dua pejabat yang berbeda untuk dilakukan koordinasi secara optimal, bukan sebagai fungsi yang terpisah. Penguatan fungsi tersebut secara bersama-sama dalam wujud koordinasi kerja tergolong cukup kuat dalam menjelaskan variasi peningkatan kinerja guru.

Full Text:

PDF

References


Anonim. 2003. UU NO. 23 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Anonim. 2005. Peraturan Pemerintah RI No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional. Jakarta.

Danim, S., dan Suparno. 2012. Manajemen Kepemimpinan Transformasional Kekepalasekolahan; Visi dan Strategi Sukses, Era Teknologi, Situasi Krisis dan Internasionalisasi Pendidikan.Jakarta: Rineka Cipta.

Djaelani, K. 2012. Supervisi Pendidikan. Jakarta: Departemen Agama RI.

Ghozali, I., (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Humaidi. 2014. Peran Pengawas dalam Peningkatan Kompetensi Guru Madrasah Aliyah di Kementerian Agama Kabupaten Lombok Barat. Tesis. Program Pascasarjana IAIN Mataram. Mataram.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2010. Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru (PKG). Jakarta.

Muhidin, S.A. dan Abdurahman, M. 2012. Analisis Korelasi, Regresi dan Jalur Dalam Penelitian (Aplikasi Program SPSS). Bandung: CV. Pustaka Setia.

Mulyasa, 2012, ManajemendanKepemimpinan KepalaSekolah.Jakarta : PT. BumiAksara

Purwanto, N., (2012). AdministrasidanSupervisiPendidik an. Bandung: RemajaRosdakarya.

Ruswandi, A. 2011. Pengaruh Supervisi Akademik oleh Pengawas Sekolah

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sharma, S., et.al. 2011. Concerns of Teachers and Principals on Instructional Supervision in Three Asian Countries. International Journal of Social Science and Humanity. Vol. 1, No. 3.p. 214217.

Suharadan, D. 2013. Efektivitas Pengawasan Profesional dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran

pada Era Otonomi Daerah. Jurnal Educationist.Vol. 1. No.1. hal. 5765.

Suprino, E. 2014.PengaruhSupervisiKepalaSe kolahterhadapKinerja Guru SD SekecamatanSewonBantul Yogyakarta.UniversitasNegeri Yogyakarta.

Usman, H., 2013. Manajemen: Teori, Praktek dan Riset Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman, U. 2012. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Yousuf, M.I., et.al. 2011. Concept of Supervision and Supervisory Practices at Primary Level in Pakistan. International Education Studies. Vol. 4. No.4. p. 28-3




DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v2i2.63

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

JIPP's Visitors

Flag Counter

Statistik

Editor's Office

Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan

FKIP Universitas Mataram, Jln. Majapahit no. 62 Mataram 83125, Lombok, NTB Indonesia

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.