HUBUNGAN ANTARA IKLIM KERJA DANKOMPETENSI GURU DENGAN KINERJA GURU SMK DI KECAMATAN LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN 2016

Zulkarnain Zulkarnain, Wildan Wildan, Dadi Setiadi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan iklim kerja dan kompetensi guru baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama dengan kinerja guru SMK di Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat tahun 2016. Untuk memperoleh data dalam penelitian adalah dengan metode survey. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru SMK di Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat yang berjumlah 154 guru. Sampel penelitian berjumlah 60 orang guru yang diambil dengan teknik proportionate random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan uji regresi dan korelasi. Hasil penelitian adalah: 1) terdapat hubungan antara iklim kerja dengan kinerja guru SMK di Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat dengan kontribusi sebesar 13,69%, artinya bahwa semakin kondusif iklim kerja, maka kinerja guru juga semakin baik, 2) terdapat hubungan antara kompetensi guru dengan kinerja guru SMK di Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat dengan kontribusi sebesar 16,81%, artinya bahwa semakin meningkat kompetensi guru, kinerja guru juga akan semakin meningkat, 3) terdapat hubungan antara iklim kerja dan kompetensi guru secara bersama-sama dengan kinerja guru SMK di Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat dengan kontribusi sebesar 21,16%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semakin kondusif iklim kerja dan semakin meningkatnya kompetensi guru, maka kinerja guru SMK di Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat juga semakin baik.

Full Text:

PDF

References

Arifin, M. 2015. The Influence of Competence, Motivation, and Organisational Culture to High School Teacher Job Satisfaction and Performance. International Education Studies. 8, (1).

Kunandar. 2007. Guru Profesional. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Maharjan, S. 2012. Association between Work Motivation and Job Satisfaction of College Teachers.Administrative and Management Review. 24, (2), pp..45-55.

Mangkunegara. 2005. Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosda Karya. Muhaimin. 1996.

Dimensi-Dimensi Studi Islam. Surabaya: Karya Abditama. Mulyaningsih, S. 2013. Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Kinerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Smp Negeri 10 Purworejo. JurnalOikonomia. 2, (1).

Najmulmunir, Nanang. 2009. Hubungan budaya organisasi dan komunikasi organisasi dengan kinerja guru. Edukasi. 1, (2), 35-47.

Nurmiati. 2013. Pengaruh Kinerja Guru dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMP Negeri 1 RAO Selatan Kabupaten Pasaman. Jurnal Oikonomia. 2, (1).

Peraturan Pemerintah No. 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar NasionalPendidikan. Depdiknas. Jakarta.

Pidarta, Made. 2004. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Purwanto, N. 2007. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Rahardjo, S. 2014. The Effect of Competence, Leadership and Work Environment Towards Motivation and Its Impact on The Performance of Teacher of Elementary School In Surakarta City, Central Java, Indonesia. International Journal of Advanced Research in Management and Social Sciences.Vol. 3 (6).

Rivai, V & Basri, A. F. 2005. Performance Appraisal Sistem Yang Tepat Untuk Menilai Kinerja Karyawan Dan Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sagala, E. J. & Rivai, V. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan: Dari Teori ke Praktik Edisi kedua. PT RajaGrafindo Persada. Jakarta.

Sariman, F. 2009. Sertifikasi Guru: Apa Dan Bagaimana?. Bandung: CV.Yrama widya. Sudirman. 2015. Hasil UKG NTB 2015 Mengecewakan. [Online]. Halaman 1. Tersedia:http://www.

Radar lombok.co.id.(16 Februari 2016).

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, A. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Rineka Cipta, Jakarta.

Supardi. 2014. Kinerja Guru. Jakarta. Raja Grapindo Persada.

Xu, A & Ye, L. 2014. Impacts of Teachers’ Competency on Job Performance in Research Universities with Industry Characteristics: Taking Academicm Atmosphere as Moderator. Journal of Industrial Engineering and Management. 7 (5). 1283-1292.

Yuda, I. G. N. 2014. Determinasi Supervisi Pengawas, Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru SMP di Kecamatan Tembuku. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Administrasi Pendidikan. Vol 5.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.