Manajemen Kelas Pada Pembelajaran Pasca Masa Pandemi Covid-19 di SDN Inpres Tenga Kecamatan Woha Kabupaten Bima Tahun Pelajaran 2021/2022
Authors
Nur Nafisah , Muhammad Makki , Ilham Syahrul JiwandonoDOI:
10.29303/jipp.v7i3.755Published:
2022-08-05Issue:
Vol. 7 No. 3 (2022): SeptemberKeywords:
Manajemen kelas, Pembelajaran pasca pandemic, SDN Inpres Tenga.Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen kelas pada pembelajaran pasca masa pandemic covid-19 di SDN Inpres Tenga Kecamatan Woha Kabupaten Bima Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian Deskriptif Kualitatif. Sumber data-data berasal dari sumber primer dan sekunder yang dikumpulkan dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan melalui empat tahapan, yaitu: pengumpulan data, kondensi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data yaitu uji creadibility, transferability, dependability dan confirmability. Pada penelitian ini menggunakan creadibility untuk menguji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan di SDN Inpres yaitu dengan menciptakan iklim belajar yang tepat, mengatur ruangan belajar, dan mengelola interaksi kegiatan belajar mengajar. Guru-guru di SDN Inpres Tenga menciptakan iklim belajar yang tepat dengan menciptakan iklim belajar yang hangat didalam kelas, membuat siswa antusias dalam belajar, menciptakan tantangan bagi siswa dalam belajar, membuat model pembelajaran yang bervariasi, menanamkan dan mencontohkan sikap disiplin pada siswa. Pengaturan belajar dengan memberikan arahan dan contoh kepada siswa untuk merapikan tempat duduk, menciptakan media pembelajaran yang tepat di dalam kelas, dan meninstruksikan siswan untuk selalu menjaga kebersihan baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Berdasarkan hasil penelitian di SDN Inpres, maka peneliti menarik kesimpulan bahwa Manejemen Kelas pada Pembelajaran Pasca Masa Pandemi Covid 19 di SDN Inpres Tenga yaitu dengan menciptakan iklim belajar yang tepat, mengatur ruangan belajar, dan mengelola interaksi kegiatan belajar mengajar.
References
Aditama, R. A. (2020). Pengantar Manajemen. Malang: AE Publishing.
Afianti, D., Witono, A. H., & Jiwandono, I. S. (2020). Identifikasi Kesulitan Guru dalam Pengelolaan Kelas di SDN 7 Woja Kecamatan Woja Kabupaten Dompu. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(2), 203-213.
Afriza. (2014). Manajemen Kelas. Pekanbaru: Kreasi Edukasi Consulting and Publishing Company.
Apriani Y., Rusdiawan, Asrin, Fahruddin, & Muhaimi, L. (2021). Manajemen Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di SD IT Lombok Tengah. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(2), 271-277.
Asmawati, M., Nurhasanah, N., & Jiwandono, I. S. (2020). Pengaruh Pemberian Reward Dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Muatan Ppkn Kelas IV SDN Pemepek Kecamatan Pringgarata Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1289-1296.
Azman, Z. (2019). Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran. Edification Journal: Pendidikan Agama Islam, 1(1), 51-64.
Basilaia, G., & Kvavadze, D. (2020). Transition to Online Education in Schools during a SARS-CoV-2 Coronavirus (COVID-19) Pandemic in Georgia. Pedagogical Research, 5(4), 1-9.
Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 17(1), 66-79.
Jaya, W. S., Hidayat, N., & Fitria, N. (2021). Manajemen Pembelajaran Daring Berbasis Google Classroom Pada Masa Pandemi di SD dalam Meningkatkan Minat Belajar. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 1103–1109.
Jiwandono, I. S., Degeng, I. N. S., & Kusmintardjo. (2017). Peran Guru Dalam Menciptakan Lingkungan Belajar yang Kondusif di SDN Wonorejo 01 Lawang. Prosiding TEP & PDs Transformasi Pendidikan Abad 21, 721 – 726.
Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Nomor 03/KB/2021, Nomor 384 Tahun 2021, Nomor HK.01.08/Menkes/424/2021, Nomor 440/717 Tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Pebelajaran di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid 19).
Miles, M. B, Huberman, A. M, dan Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edisi 3. USA: Sage Publication. Terjemahan Tjetjep Rohindi, UI-Press.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode baru. Jakarta: UIP.
Miles, M. B., Huberman, A.M. & Saldana, J. (2018). Qualitative Data Analysis. (Fourth Edi). SAGE Publication. Ltd.
Muadin, A. (2017). Manajemen Pemasaran Pendidikan Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 293-308.
Nugraha, M. (2018). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01), 27-44.
Nurfatimah, N., Hamdian Affandi, L., & Jiwandono, I. S. (2020). Analisis Keaktifan Belajar Siswa kelas Tinggi di SDN 07 Sila pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 145–154.
Pananrangi, R.A. (2017) Manajemen Pendidikan. Perpustakaan Nasional: Celebes Media Perkasa.
Pratama, R. (2020). Pengantar Manajemen. Jakarta: CV. Buda Utama.
Priyono. (2007). Pengantar Manajemen. Sidoarjo: Zifatama Publisher.
Purnama, L. N. L., Asrin, & Jiwandono, I. S. (2021). Kompetensi Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran Kelas Di SD Negeri Tampar-Ampar Kecamatan Praya Tengah Kabupaten Lombok Tengah. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(2), 195-203.
Rahmat, A. (2010). Pengantar Pendidikan. Bandung: MQS Publishing.
Rofiq, M. A. (2009) Pengelolaan Kelas. Malang: Depatemen Pendidikan Nasional.
Rohman. (2017). Dasar-Dasar Manajemen. Malang: Inteligensi Media.
Sardiman, A. M, (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja. Grafindo Persada.
Saifulloh, A., & Darwis, M. (2020). Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 3(2), 285-312.
Salim & Syahrum. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Ciptapustaka Media.
Silalahi, J. (2008). Pengaruh Iklim Kelas Terhadap Motivasi Belajar. Jurnal Pembelajaran, 30(2), 100-105.
Siswanto (2005). Pengantar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta
Sulfemi, W. B., & Arsyad, A. (2019, December 23). Pengelolaan Manajemen Sekolah Yang Efektif Dan Unggul. https://doi.org/10.31227/osf.io/rvgk6.
Suyuthi, N. F., dkk. (2020). Dasar-Dasar Manajemen Teori, Tujuan, dan Fungsi. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Wahyudhiana & Farikhah, S. (2018), Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Wijaya, C., & Rifa’i, M. (2016). Dasar-Dasar Manajemen. Medan: Perdana Publishing.
Yasa, I. M. W. (2018). Pengantar Pengelolaan Kelas. Denpasar: Jayapangus press.
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.