Hubungan Supervisi Pendidikan Dengan Motivasi Mengajar dan Kinerja Guru SD-SMP Satu Atap Se Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok Timur

Supaan Supaan, Agus Ramdani, Untung Waluyo

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk menemukan hubungan antara supervisi pendidikan dengan motivasi mengajar dan kinerja guru di SD-SMP Satu Atap se Kecamatan Wanasaba. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian korelasional. Penelitian ini termasuk penelitian populasi dengan jumlah populasi sebanyak 22 guru. Instrumen pengumpulan data motivasi mengajar berupa angket dan instrumen supervisi pendidikan serta kinerja guru berupa lembar observasi. Analisis data menggunakan teknik korelasi sederhana dan analisis korelasi ganda untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada hubungan antara supervisi pendidikan dengan motivasi mengajar di SD-SMP Satu Atap se Kecamatan Wanasaba, hubungan antara supervisi pendidikan dengan motivasi belajar sebesar 28,73 % dengan kategori cukup kuat.  (2) Ada hubungan antara supervisi pendidikan dengan kinerja guru di SD-SMP Satu Atap se Kecamatan Wanasaba, hubungan antara supervisi pendidikan dengan kinerja guru sebesar 23,63 % dengan kategori cukup kuat. (3) Ada hubungan antara supervisi pendidikan dengan motivasi mengajar dan kinerja guru di SD-SMP Satu Atap se Kecamatan Wanasaba, hubungan antara supervisi pendidikan dengan motivasi belajar dan kineja guru sebesar 26,11 % dengan kategori cukup kuat. Hal ini berarti jika supervisi pendidikan dilaksanakan, maka akan berkontribusi positif dalam meningkatkan motivasi mengajar dan kinerja guru di SD-SMP Satu Atap se Kecamatan Wanasaba.

Kata kunci : Supervisi Pendidikan, Motivasi Mengajar, Kinerja Guru


Full Text:

PDF

References


Depdiknas, 2006. Panduan Block Grant Pelaksanaan Pengembangan SD-SMP Satu Atap. Jakarta.

Hasibuan, M. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Pidarta, Made. 2009. Supervisi Pendidikan Kontekstual. Jakarta: Rineka Cipta.

Robbins, Stephen P. 2013. Prilaku Organisasi. Edisi 16. Terjemahan Ratna Saraswati dan Febriella Sirait. Jakarta: Salemba Empat.

Riduwan, 2003. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sahertian, Piet A. 2010. Konsep-konsep dan Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Schunk, H Dale. Pintrich. dan Meece. 2012. Motivasi dalam Pendidikan. Teori, Penelitian, dan Aplikasi. Terjemahan Ellys Tjo. Jakarta: Indeks.

Supardi. 2014. Kinerja Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Usman, Moh Uzer. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v4i1.76

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

JIPP's Visitors

Flag Counter

Statistik

Editor's Office

Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan

FKIP Universitas Mataram, Jln. Majapahit no. 62 Mataram 83125, Lombok, NTB Indonesia

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.