Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Taman Kanak-Kanak di Kecamatan Ampenan Kota Mataram

Suriati Yusuf, Wildan Wildan, Dadi Setiadi

Abstract


Abstrak : Studi denganpendekatan kualitatif deskriftif mengkaji tentang Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas pada Taman Kanak-Kanak di Kecamatan Ampenan Kota Mataram, difokuskan pada:Supervisi akademikpembelajaranmeliputi : (1), Penyusunan perencanaan pembelajaran,(2), Pelaksanaan kegiatan pembelajaran, (3), Kegiatan evaluasi pembelajaran, (4), Penyusunan hasil evaluasi tindak lanjut pembelajaran, (5), Pengembangan kualitas pembelajaran.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan diskusi kelompok terarah. Hasil penelitian ini menemukan: (1), Penyusunan perencanaanpembelajaran,melalui pendampingan Pusat Kegiatan Guru (PKG), dengan membentuk Tim kecil di kegiatan PKG serta melakukan Diskusi Kelompok Terarah, (2), Pelaksanaan supervisi pembelajaran dengan kunjungan kelas terencana ,dan pemeriksaan kelengkapan perangkat pembelajaran, (3),Kegiatan evaluasi dan tindak lanjut dilaksanakan berdasarkan dari hasil temuan-temuan kepengawasan, dan dilaporkan ke Kepala Dinas, (4),Temuan-temuan yang berupa kelemahan dan kekuatan ini menjadi bahan dasar perbaikanuntuk pengembangan pembelajaran, (5), Hasil temuan –temuan sebagai dasar menyususun program peningkatan kompetensi guru dan kepala TK.Secara umum pelaksanaan supervisi di TK Kecamatan Ampenan Kota Mataram belum maksimal.

Keywords : Perencanaan, Pelaksanaan, Tindak lanjut, Supervisi Akademik.

Full Text:

PDF

References


Arifin, A. 2014. Meningkatkan Kineja Pengawas Sekolah, Upaya grade kapasitas Pengawas Kerja Pengawas Sekolah.Yogyakarta:Ar-Ruzz Media

Archibong, S. 2012. Instructional Supervision in the Administration of Secondary Education: A Panacea for Quality Assurance. EJGE. Vol. 17 (2012), Bund. L. 1793-1800. ( diunduh 11 Desember 2016).

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2014. Evaluasi Program Pendidikan.Jakarta: PT Bumi Aksara.

Bogdan dan Biklen. 2007. Qualitative Research For Education: An Introduction to Theory And Methods. Boston: Pearson/Allyn and Bacon.

Damaianti dan Syamsuddin. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Edi Indrizal. 2017. Diskusi Kelompok Terarah/Focus Group Discussion (FGD), (diunduh 20 Juni 2017).

Handoko, T H. 2001. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE

Mapolisa, T. dan Tshabalala T. 2013. Instructional Supervisory Practices of Zimbabwean Schoourul Heads.Greener Journal of Educational Research (2013). 2276-7789 Vol. 3 (7), pp.354-362. (diunduh 11Desember 2016).

Masaong, K.2013.Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru Memperdayakan Pengawas Sebagai Gurunya Guru. Bandung: Alfabeta.

Miles M. B. dan Huberman A. M. 2007. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Mulyana, D. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi Dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. E. 2007. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Moleong, L. J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Okendu, J. N. 2012. Planned Instructional Supervision, a Bivariate Outcome Of Instructional Leadership and Curriculum Planning. Research on Humanities And Social Sciences Vol.2, No.5, 107-114, 2012. (diunduh 12 Desember 2016).

Patilima, Hamid. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Malang: UMM Press

Panigrahi, M. R. 2012. Implementation of Instructional Supervision in Secondary School: Approaches, Praspects and Problems. STAR Journal, July-Sep 2012, 1(3): 59-67. (diunduh 11 Desember 2016).

Sagala, S. 2012. Supervisi Pembelajaran. Bandung:Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, N. 2012. Supervisi Pendidikan, Konsep dan Aplikasinya Pengawas Sekolah.Bekasi : Binamitra Publishing.

Waluyo, M. 2011. Pengaruh Supervisi Pengawas dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kompetensi Profesional Akademik Guru SMA Swasta Kecamatan Sukmajaya Kota Depok. Tesis. Universitas Indonesia.

Wardoyo, S. 2011. Pengaruh Kompetensi Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Dan Iklim Organisasi Terhadap Profesionalisme Guru SMP Negeri Di Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2011. Tesis.Universitas Indonesia.

Widoyoko,S.2016.Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Celeban Timur Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v4i1.79

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

JIPP's Visitors

Flag Counter

Statistik

Editor's Office

Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan

FKIP Universitas Mataram, Jln. Majapahit no. 62 Mataram 83125, Lombok, NTB Indonesia

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.