Pengembangan LKPD Pencemaran Lingkungan berbasis PBI (Problem Based Instruction) untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Berpikir Kritis Siswa SMP/MTs di Kabupaten Lombok Tengah
Authors
Sahril Sahril , Agil Al Idrus , Abdul SyukurDOI:
10.29303/jipp.v7i4b.863Published:
2022-11-10Issue:
Vol. 7 No. 4b (2022): DesemberKeywords:
Bahan ajar, LKPD, PBI, Berpikir kritis, Literasi sains.Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Bahan ajar berbentuk LKPD dengan model Problem Based Instruction (PBI) merupakan salah satu solusi dari permasalahan yang ditemukan dalam pembelajaran, sebagian besar pembelajaran masih ditekankan pada teori saja bukan penalaran di lingkungan sekitarnya sehingga literasi sains dan berpikir kritis belum optimal. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD yang layak, praktis, dan efektif meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik. Model pengembangan ini menggunaka model ADDIE untuk membantu menghasilkan dan menguji keefektifan sebuah produk pembelajaran. Subyek penelitian terdiri atas tiga sekolah SMP/MTs yang ada di kota Praya dan Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah yang ditentukan menggunakan Teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi, angket respon guru dan peserta didik, serta instrument penilaian literasi sains dan berpikir kritis. Data kelayakan dan kepraktisan dianalisis menggunakan rumus rata-rata persentase, dan data keefektifan dianalisis menggunakan rumus N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan LKPD layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan nilai rata-rata penilaian validator sebesar 77,25% untuk isi, 78,33% penyajian dan 90,00% untuk bahasa. LKPD dengan model Problem Based Instruction sangat praktis digunakan dengan nilai rata-rata respon peserta didik sebesar 83,79% dan nilai rata-rata respon guru sebesar 88,58%. LKPD dengan Model Problem Based Instruction (PBI) efektif untuk meningkatkan literasi sains dan berpikir kritis peserta didik dengan nilai N-Gain literasi sains 0,6 dalam kategori sedang, dan nilai N-Gain berpikir kritis sebesar 0,7 dengan kategori tinggi. Hasil tersebut menggambarkan bahwa LKPD yang telah dikembangkan memiliki tingkat kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan yang baik untuk digunakan dalam pembelajaran IPA sebagai upaya meningkatkan literasi sains dan berpikir kritis peserta didik SMP/MTs.
References
Aiken, L. R. 1985. Countent Validity and Reability of Singel Item or Questioners. Educational and Physchological Meansrument, 40 (4): 955-959
Akbar, F. I., & Hartono, R. (2017). Pengembangan lembar kegiatan peserta didik dengan model pengembangan 4-D pada materi mitigasi bencana dan adaptasi bencana kelas x sma. Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi, 22(2), 134-145.
Anggis, E. V. (2017). Penerapan Pembelajaran Biologi Model Problem Based Instruction Scientific Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP. Mangifera Edu, 2(1), 1-7.
Arikunto, S. 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, S. 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bumi Aksara.
Bahiroh, I. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Farhatin dkk. 2014. Penerapan Strategi Belajar PW-PR dalam Model Pembelajaran PBI terhadap Keterampilan berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTS. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF)Vol. 3 (1): 64-69
Fauziah, R., Ade Gafar Abdullah & Dadang Lukman Hakim 2013. Pembelajaran Saintifik Elektronika Dasar Berorientasi Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Invotec. 9(2): 165-178.
Hartini, S., Firdausi, S., Misbah, M., & Sulaeman, N. F. (2018). The development of physics teaching materials based on local wisdom to train saraba kawa character. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2), 130– 137.
Hartini, S., Firdausi, S., Misbah, M., & Sulaeman, N. F. (2018). The development of physics teaching materials based on local wisdom to train saraba kawa character. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2), 130– 137.
Harun. (2008). Pengertian Pendekatan dan Metode. Direktori File UPI.
Jufri, A.W (2013). Belajar dan Pembelajaran Sains. Bandung: Pustaka Rineka Cipta.
Meltzer, David E. 2002. The Relationship Between Matematics Preparation and Conceptual Learning Gain in Physics: A Possible Inhidden Variable in Diagnostic pretest Scores. Ames: Departement of Physics andAstronomy. Lowa State University.
Misbah, M., Dewantara, D., & Mahtari, S. (2018). Physics Learning Based on Wetlands and Banjar Culture. International Journal of Applied and Physical Sciences, 4(1), 21–28.
Nazir.2011. Metode Penelitian. Bogor: Galia Indonesia.
Nieveen, N. (1999). Design Approaches and Tools in Education and Training (Prototyping to Reach Product Quality, in Van den Akker, R.M Branch, K. Gustafsson, N. Nieveen, & Tj. Plomp). Dordrecht Netherland: Kluwer Academic Publisher. (CSUR), 52(5), 1-34.
Nieveen. 2007. An Introduction to Educational Design Research. Enschede. Netzodruk.
OECD. 2014. PISA 2012 Results in Focus. Programme for International Student Assessment, 1–44. http://doi.org/10.1787/97892 64208070-en.
Opasana, I. A. K., Sudana, D. N., & Rati, N. W. (2016). Pengaruh PBI terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1-10. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.p hp/JJPGSD/issue/view/393
Putra, P. D. A. (2015). Pengembangan Sistem ELearning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Fisika. Jurnal Fisika Indonesia, 19(55), 45-49
Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi bagi Guru/Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana.
Simbolon, E. R., & Tapilouw, F.S. (2015). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Berpikir Kritis Peserta didik SMP. Jurnal Edusains. 7(1), 97-104.
Situmorang, R. P. (2016). Analisis Potensi Lokal untuk Mengembangkan Bahan Ajar Biologi di SMA Negeri 2 Wonosari. Jurnal Pendidikan Sains.
Sudjono, A. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan, (Jakarta : Raja Grafindo Persada).
Sudjono, A. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan, (Jakarta : Raja Grafindo Persada).
Suparno, P. (2013). Miskonsepsi dan Peruabahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: Grasindo
Susanti, F.D. 2021. Potential of Mangrove Ecosystem as Learning Sources of Biology Through Online Learning. AMCA Journal of Sience and Technology, 1 (1), 12-16.
Trianto (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana.
Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Innofatif-Progresif. Jakarta: Rineka Cipta.
Usodo, Budi. 2012. “Karakteristik Intuisi Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematika dan Perbedaan Genderâ€. E-journal Pendidikan Matematika, 1(1).
Victorino, D. (2004). Global Responsibility and Local Knowledge System. In Conference held in Egypt.
Widyastutik, I. (2014). Penerapan Model Problem Based Instruction (PBI) Pada Tema Pencemaran Air Untuk Melatih Keterampilan Penyelesaian Masalah. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 2(01).
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.