Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa: Studi Pembelajaran Menggunakan Media E-book IPA Berbasis PBL
Authors
Satutik Rahayu , Kasnawi Al HadiDOI:
10.29303/jipp.v8i4.1118Published:
2023-11-30Issue:
Vol. 8 No. 4 (2023): NovemberKeywords:
Berpikir Kritis, E-Book IPA, PBL.Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Kemampuan berpikir kritis menjadi tuntutan yang harus dimiliki siswa pada abad ke-21 ini agar siap menghadapi persaingan kerja, akademik, dan kehidupan. Penggunaan e-book sebagai sumber belajar siswa pada mata pelajaran IPA yang dikembangkan khusus untuk melatih kemampuan berpikir kritis dapat menjadi opsi solusi dalam melatih kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini dilatarbelakangi oleh Guru belum merancang perangkat pembelajaran yang berbasis teknologi. Penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran berperan penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Guru di sekolah harus siap belajar menggunakan metode belajar dengan memanfaatkan teknologi sesuai dengan tuntutan abad 21. Pemanfaatan teknologi kedalam pembelajaran sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kulaitas pendidikan (ESDGs) yang masih tergolong rendah. Pembelajaran yang inovatif dengan memanfaatkan media dapat meningkatkan kualitas pendidikan berkelanjutan (ESDGs). Model pembelajaran problem based learning yang memiliki sintaks terkenal mampu melatih kemampuan berpikir kritis siswa digunakan sebagai basis e-book yang dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-book berbasis problem based learning untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D (define, design, develop, dan disseminate), tanpa tahap disseminate. Parameter yang diukur adalah validitas dan kelayakan empiris. Validitas didapatkan dari hasil validasi dosen ahli materi dan dosen ahli media. Kelayakan empiris didapatkan dari hasil uji coba dan respon siswa. Uji kelayakan empiris dilakukan terhadap 35 siswa kelas dengan menggunakan produk yang dikembangkan lalu meminta tanggapan dari penggunaannya melalui angket. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi dan angket respon siswa. Pengumpulan data menggunakan metode validasi dan angket. Teknis analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. e-book yang dikembangkan memuat materi perubahan lingkungan dengan mengaplikasikan tahapan model pembelajaran problem based learning. Penelitian menunjukkan e-book yang dikembangkan validitasnya mendapatkan skor 87 dengan kriteria sangat valid, dan kelayakan empiris sebesar 85 dengan kriteria layak digunakan. Berdasarkan temuan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa e-book berbasis problem based learning yang dikembangkan ini mampu melatih kemampuan berpikir kritis siswa. Implikasi produk e-book yang dikembangkan adalah secara praktis dapat digunakan oleh guru dalam pembelajaran untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa.
References
Ambarita. J., Helwaun. H., & Houten L. Van. (2020). Workshop Pembuatan E-book sebagai Bahan Ajar Elektronik Interaktif untuk Guru Indonesia Secara Online di Tengah Covid-19. Comunity Engagement and Emergence Journal, 2(1), hal. 44-57.
Andini, A. R., & Qomariyah, N. (2022). Validasi E-Book tipe Flipbook materi sistem pencernaan manusia berbasis PBL untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(2), 330-340.
Borich, G. D. (1994). Observation Skill for Effective Teaching. Macmillan Publishing Company.
Fitri, H. M. M., & Rahayu, Y. S. (2022). Pengembangan E-Book Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Pertumbuan dan Perkembangan Tumbuhan untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XII SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(1), 28-38.
Gogahu, D. G. S., & Prasetyo, T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Bookstory untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1004-1015.
Halim, U. N., Sari, M. K., & Hastuti, D. N. A. E. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook untuk Meningkatkan Literasi Digital Siswa pada Kurikulum Merdeka. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 1274-1285
Nahriyah, A. S., & Rachmadiarti, F. (2023). Pengembangan E-Book Berbasis Problem Based Learning pada Materi Perubahan Lingkungan untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 12(2), 321-342.
Nizar, M. N., Utomo, D. H., Putra, A. K., & Soelistijo, D. (2022). Edu Geography.
Rahmawati, T., Nurhasanah, N., Habibi, M. A. M., & Suarta, I. N. (2023). Journal of Classroom Action Research. Journal of C;Assroom Action Research, 5(1), 163–170. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2766
Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of Students' Critical Thinking Skills in terms of Gender Using Science Teaching Materials Based on The 5E Learning Cycle Integrated with Local Wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.
Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Hadisaputra, S., & Zulkifli, L. (2019). Pengembangan alat evaluasi pembelajaran IPA yang mendukung keterampilan abad 21. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1).
Samura, A. O. (2019). Kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis melalui pembelajaran berbasis masalah. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 5(1), 20-28.
Saputra, M. D., Joyoatmojo, S., Wardani, D. K., & Sangka, K. B. (2019). Developing Critical-Thinking Skills through the Collaboration of Jigsaw Model with Problem-Based Learning Model. International Journal of Instruction, 12(1), 1077-1094.
Saputri, A. C., & Rinanto, Y. (2018, April). Critical thinking skills profile of senior high school students in Biology learning. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1006, No. 1, p. 012002). IOP Publishing.
Setiawan, E., & Indana, S. (2021). Validitas Lkpd Berbasis Pjbl Pada Materi Klasifikasi Tumbuhan Spermatophyta Untuk Melatih Ketrampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(2), 250-256. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/38580
Solikah, A. N. M., & Susantini, E. (2022). Pengembangan E-Book Interaktif Materi Pewarisan Sifat untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XII SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(2), 374-383.
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Zubaidah, S., Corebima, A. D., & Mahanal, S. (2018). Revealing the Relationship between Reading Interest and Critical Thinking Skills through Remap GI and Remap Jigsaw. International Journal of Instruction, 11(2), 41-56.
License
Copyright (c) 2024 Satutik Rahayu, Kasnawi Al Hadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.