Analisis Kesalahan dan Scaffolding dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Pecahan
Authors
Nur Aziza , Nyoman Sridana , Nurul Hikmah , Sri SubarinahDOI:
10.29303/jipp.v8i1.1119Published:
2023-02-07Issue:
Vol. 8 No. 1 (2023): FebruariKeywords:
analisis kesalahan Newman, pecahan, scaffolding, soal cerita.Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Analisis kesalahan adalah upaya penyelidikan terhadap suatu peristiwa yang menyimpang untuk mencari tahu penyebab terjadinya penyimpangan tersebut. Analisis kesalahan Newman adalah salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengetahui letak kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan siswa dan bentuk scaffolding yang diberikan dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Analisis kesalahan dilakukan berdasarkan metode Newman. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh Kelas VIID MTs Jihadul Ummah NW Waker Tahun Pelajaran 2022/2023 sebagai subjek penelitian. Enam siswa dipilih untuk memperdalam hasil penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan wawancara. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil tes tertulis setelah diberikan scaffolding diperoleh persentase kesalahan siswa pada tiap jenis kesalahan yaitu; jenis kesalahan reading 1,85% dengan kategori sangat rendah, jenis kesalahan comprehension 1,85% dengan kategori sedang, jenis kesalahan transformation 13,8% dengan kategori sangat rendah, jenis kesalahan process skill 20,8% dengan kategori rendah dan jenis kesalahan encoding 19,4% dengan kategori rendah. Persentase kesalahan yang dilakukan siswa pada tes pertama dan tes kedua setelah diberikan scaffolding dalam menyelesaikan soal cerita mengalami penurunan, dalam hal ini memperlihatkan bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah soal cerita materi pecahan setelah diberikan scaffolding tergolong baik.
References
Anghilery, J. (2006). Scaffolding Practices That Enhance Mathematics Learning. Journal of Mathematics Teacher Education, 9(1), 33-52.
Ariani, M. D., Baidowi, & Azmi, S. (2014). Penerapan Pembelajaran dengan Bantuan Bertahap (Scaffolding) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Matematika Siswa pada Materi Pokok Trigonometri Kelas XB Semester II SMAN 1 Labuapi Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pijar Mipa, 9(2), 89-93.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bikmaz, F. H., Celebi, O., Ata, Aslihan., Ozer, Eren., Soyak, Oznur., & Recber, H. (2010). Sacffolding strategies applied by student teachers to teach mathematics. The International Journal of Research in Teacher Education (IJRTE), 1(3), 25-36.
Daniel, F., Taneo, N. L., & Upu, A. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyeleseaikan Soal Cerita Berdasarkan Tahapan Newman dan Upaya Pemberian Scaffolding. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 52-62.
Hadi, F. R. (2015). Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Matematika Berdasarkan Teori Newman. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyyah, 6(2), 43-56.
Hartati, Y. N. (2016). Scaffolding untuk Mengatasi Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Matematika, 6(2), 119-125.
Haryati, T., Suyitno, A., & Junaedi, I. (2016). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pemecahan Masalah Berdasarkan Prosedur Newman. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(1), 8-15.
Hasan, B. (2015). Penggunaan Scaffolding Untuk Mengatasi Kesulitan Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal APOTEMA, 1(1), 88-98.
Hayati, L., Amrullah, & Sripatmi. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Statistika Matematika. Prosiding Seminar Nasional FKIP Universitas Mataram, Mataram: 11-12 Oktober 2019. 249-253.
Iriani, A., Sridana, N., Triutami, T. W., & Azmi, S. (2022). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Integral Taktentu dengan Metode Newman Ditinjau dari Kemampuan Matematis. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(4), 1072-1084.
Katon, K. S., & Arigiyati, T. A. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Polya Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Journal Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, 4(3), 576-580.
Lombasari, B. N., Subarinah, S., Azmi, S., & Kurniati, N. (2022). Analisis Kesulitan dalam Memecahkan Masalah Soal Cerita Matematika dan Bentuk Scaffolding yang Diberikan pada Siswa Kelas X SMA Al Ma’arif NU Sinah Pengembur Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 2007-2017.
Priyanto, A., Suharto, & Trapsilasiwi, D. (2015). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pokok Bahasan Teorema Phytagoras Berdasarkan Kategori Kesalahan Newman di Kelas VIII A SMP Negeri 10 Jember. Artikel Ilmiah Mahasiswa P. MIPA FKIP Univ Jember, 1(1), 1-5.
Safitri, E. L., Prayitno, S., Hayati, L., & Hapipi. (2021). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(3), 348-358.
Soedjadi. (2000). Kiat Pendidikan Matematika Di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Sugiyono (2012). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono (2014). Metode Penelitian & Pengembangan. Yogyakarta: Alfabeta.
Suhita, R. (2013). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita dalam Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 1(2), 74-85
Suratih, S., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear berdasarkan Newman’s Error Analysis. Pythagoras: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 15(2), 111-123.
Susanto, Wati Y. F., & Fatahillah A. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Newman Beserta Bentuk Scaffolding yang Diberikan. Jurnal FKIP Universitas Jember, 8(1), 40-51.
Thalib, M. S. (2010). Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Jakarta: Kencana.
Umam, M. D. (2014). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan. Jurnal ilmiah pendidikan matematiika mathedunesa, 3(3): 131-134.
Yunia, N., & Zhanty, L. S. (2020). Kesalahan Siswa SMP dalam Mneyelesaikan Soal Cerita pada Materi Aritmatika Sosial. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(1), 105-116.
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.