Pengembangan Media Pembelajaran Fun Thinkers Book Pada Pembelajaran Tematik Kelas I SDN 46 Cakranegara
Authors
Sukma Dewi Sulastri , Muhammad Tahir , Baiq Niswatul KhairDOI:
10.29303/jipp.v8i1.1170Published:
2023-02-15Issue:
Vol. 8 No. 1 (2023): FebruariKeywords:
fun thinkers book, Media pembelajaran, Pembelajaran tematik.Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Pengembangan media fun thinkers book di SDN 46 Cakranegara atas dasar fenomena yang ada di sekolah yaitu belum optimalnya penggunaan media pembelajaran oleh guru, sehingga pembelajaran terjadi secara monoton dan peserta didik kurang fokus, banyak sibuk sendiri serta berdampak pada kurangnya pemahaman perserta didik pada materi pembelajaran, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media dan mengetahui kelayakan dari media fun thinkers book yang telah dikembangkan untuk peserta didik kelas I SDN 46 Cakranegara. Metode penelitian yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Desaign, Development, Implementation, & Evaluation) dengan desain penelitian R&D (Research & Development). Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket, tes dan dokumentasi. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 12 orang peserta didik. Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa skor dari uji validasi ahli media memperoleh persentase 89% dengan kategori sangat valid, uji validasi ahli materi memperoleh persentase 88% dengan kategori sangat valid, sedangkan untuk respon peserta didik terhadap media memperoleh persentase 90% dengan kategori sangat praktis, dan respon guru kelas terhadap media sebesar 100% dengan kategori sangat praktis, serta hasil tes belajar peserta didik setelah menggunakan media memperoleh persentase 92% dengan kategori sangat efektif. Dengan demikian media fun thinkers book sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran.
References
A’yun, Q. (2021). Pengembangan Media Pebelajaran Pop-Up Book Pada Muatan Pembelajaran IPS Kelas IV SDN 07 Kota Bima Tahun Ajaran 2021/2022 (Skripsi), Universitas Mataram.
Alwi, M., Tahir, M., & Rosyidah, A. N. K. (2021). Pengaruh Media Batang Napier Terhadap Pemahaman Konsep Perkalian Siswa Kelas III Sdn 3 Danger. Ranjana Pendidikan Dasar, 1(2). Diunduh melalui http://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/98.
Anwar, M. (2015). Filsafat Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Dewanti, H., Toenlioe, A. J., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Media Pop-Up Book Untuk Pembelajaran Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV SDN 1 Pakunden Kabupaten Ponorogo. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3). Diunduh melalui http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/4551.
Ermiana, I., Witono, H. A., & Khair, B. N. (2019). Pengembangan Media Berdasar Komputer (CBI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III Di SDN 12 Ampenan. Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional, 1(1). 297-303. Diunduh melalui http://www.seminar.uad.ac.id/index.php/ppdn/article/view/1337.
Fitroh, A. (2020). Pengembangan Media Fun Thinkers Book (FTB) pada Subtema Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku Kelas IV SD (Doctoral dissertation, STKIP PGRI Sidoarjo. Diunduh melalui https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/1023/.
Fristoni, M., & Subagyo, F. M. (2013). penggunaan media papan flanel untuk meningkatkan proses pembelajaran tematik pada siswa sekolah dasar. JPGSD, 01(02), 1-11. Diunduh melalui https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/39/article/view/3057.
Jufri, A. J. (2018). Penerapan Metode Penelitian dan Pengembangan dalam Merancang Sistem Repositori Iinstitusi di Perpustakaan. Jurnal Pustaka Ilmiah, 4(2), 620-630. Diunduh melalui https://jurnal.uns.ac.id/jurnalpustakailmiah/article/view/33716.
Kibtiah,M., Hendracipta, N., & Andriana, E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Fun Thinkers Book Materi Eristiwa Alam Yang Terjadi Di Indonesia Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(4), 829-835. Doi : http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v10i4.8144.
Masita, M., & Wulandari, D. (2018). Pengembangan Buku Saku Berbasis Mind Mapping pada Pembelajaran IPA. Jurnal Kreatif. 9(1). 75-82. Doi: https://doi.org/10.15294/kreatif.v9i1.16509.
Nuansa, U. A. (2020). Pengembangan media Fun Thinkers Book pada Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 1 Kelas IV Di Sekolah Dasar. Doi: https://eprints.umm.ac.id/69416/.
Pawana, M. G., Suharsono. N., & Kirna, I. M. (2014). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Proyek dengan Model ADDIE pada Materi Pemrograman Web Peserta didik Kelas X Semester Genap di SMK Negeri 3 Singaraja. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Teknologi Pembelajaran, 4(1), 1-10. Doi: https://doi.org/10.23887/jtpi.v6i1.1293.
Rahmah, D. L., & Hidayat, M. T. (2022). Pengembangan Media "Fun Thinkers Book" untuk Meningkatkan Antusiasme Belajar dan Hasil Belajar Materi Bangun Datar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6362-6372. Doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3259.
Rayanto, Y. H., & Sugianto. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2 : Teori dan Praktek. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute.
Rezeki, S. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Fun Thinkers Book Berbasis Scientific pada Tema 4 BerbagaiI Pekerjaan Subtema 1 Jenis-Jenis Pekerjaan Kelas IV di SDN 060912 Medan Denai Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera, 18(1), 36-45. Doi: https://doi.org/10.24114/jkss.v18i1.25069.
Riani, R. P., Huda, K., & Fajriyah, K. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik “Fun Thinkers Book” Tema Berbagai Pekerjaan. Jurnal Sinektik, 2(2), 173-184. Diunduh melalui http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sin/article/view/3330.
Saroh, I. (2016). Pengembangan Media Flash Card Fun Thinkers Tematik Sebagai Pendukung Pembelajaran Saintifik Pada Siswa Kelas Ii Sd N Karangtempel. Skripsi. Semarang: Upgris. Diunduh melalui: http://library.upgris.ac.id/filedoc/fulltext/-at-a80979IMAH%20SAROH.pdf.
Sofnidar., & Yuliana, R. (2018). Pengembangan Media Melalui Aplikasi Adobe Flash Dan Photoshop Berbasis Pendekatan Saintifik. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 257-275. Doi: https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6761.
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan ajar metode penelitian pendidikan dengan addie model. Jurnal Ika, 11(1). DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145.
Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas, Ditjen Dikdasmen.
Winataputra, U. S. (2014). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. Hakikat Belajar dan Pembelajaran, 1-46. Diunduh melalui https://onlinelearning.uhamka.ac.id/pluginfile.php/495723/mod_resource/content/1/Modul%20Hakikat%20Belajar%20dan%20Pembelajaran.pdf.
License
Copyright (c) 2023 Sukma Dewi Sulastri, Muhammad Tahir, Baiq Niswatul Khair
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.