Analisis Keaktifan Belajar Siswa kelas Tinggi di SDN 07 Sila pada Masa Pandemi Covid-19

Nurfatimah Nurfatimah, Lalu Hamdian Affandi, Ilham Syahrul Jiwandono

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui keaktifan belajar siswa kelas tinggi di masa pandemi Covid-19, bentuk-bentuk keaktifan belajar siswa di kelas tinggi pada masa pandemi Covid-19 dan solusi guru dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas tinggi di masa pandemi Covid-19. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Informan dalam penelitian ini berjumlah 15 orang dengan rincian 4 Orang Guru di kelas tinggi, Kepala Sekolah, 6 Siswa, dan 4 orang Tua. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik Analisis data menggunakan Analisis model Milles, Huberman dan Saldana yaitu mengumpulkan data, kondensasi data, penyajian data san penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan:  1) Proses belajar Siswa Kelas Tinggi Di SD Negri 07 Sila Pada Masa Pandemi Covid-19 dilaksanakan mulai 07:30-11:00. 2) Bentuk Keaktifan Siswa Kelas Tinggi pada Masa Pandemi Covid-19 yaitu:Keaktifan Mendengarkan, Keaktifan membaca, Keaktifan menulis dan mencatat, Keaktifan mengerjakan soal, Keaktifan, keaktifan bertanya dan menjawab, Keaktifan emosi. 3) Cara guru untuk meningkatkan keaktifan Belajar Suswa Kelas Tinggi pada  Masa Pandemi Covid-19  yaitu: (a) Dalam memulai pembelajaran guru akan melakukan percakapan singkat dengan siswa, (b) Menggunkan metode pembelajaran dengan tepat, (c) Penggunaan media pada kegiatan pembelajaran yang dilakukan akan memberikan keefektifan sendiri dalam proses penyampaian materi, (d) Membuat meteri yang akan di ajarkan,( e) Memberikan motivasi belajar kepada siswa, (f) Melakukan diagnosa kesulitan belajar siswa.

Keywords: keaktifan belajar, pandemi Covid-19


Full Text:

PDF

References


Abdul Aziz. (2017). Metode Dan Model-Model Mengajar. Rineka Cipta.

Afianti, D., Witono, A. H., & Jiwandono, I. S. (2020). Identifikasi Kesulitan Guru Dalam Pengelolaan Kelas Di SDN 7 Woja Kecamatan Woja Kabupaten Dompu. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(2), 203–213.

Ahmad Rohani. (2010). Pengelolaan Pengajaran. Rineka Cipta.

Jiwandono, I. S. (2020a). Analisis Metode Pembelajaran Komunikatif Untuk PPKN Jenjang Sekolah Dasar. Elementary School Education Journal), 4(1), 9–19.

Jiwandono, I. S. (2020b). Pemanfaatan Dan Penggalian Nilai-Nilai Filosofis Wayang Dalam Upaya Menumbuhkan Karakter Mahasiswa Prodi PGSD. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(1), 74–81.

Jiwandono, I. S. (2020c). Permainan Tradisional Sebagai Upaya Meningkatkan Karakter Disiplin dan Jujur Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 11–19.

Jiwandono, I. S., Degeng, N. S. I., & Kusmintardjo. (2017). Peran Guru Dalam Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Kondusif Di Sdn Wonorejo 01 Lawang. Prosiding TEP & PDs Transformasi Pendidikan Abad 21, 6(21), 721–726. http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/sntepnpdas/article/view/935

Moleong, L. J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Nazir, M. (2005). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.

Oemar Hamalik. (2008). Perencanaan pengajaran berdasarkan pendekatan sistem. Bumi Aksara.

Rooijakkers. (1991). Mengajar dengan Sukses. Grasindo.

Sardiman. (1990). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Press.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Tersiana Andra. (2018). Metode Penelitian. Start Up.

Zaenal Arifin. (2012). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Remaja Rosdakarya.

Zain, S. B. D. & A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.130

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

JIPP's Visitors

Flag Counter

Statistik

Editor's Office

Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan

FKIP Universitas Mataram, Jln. Majapahit no. 62 Mataram 83125, Lombok, NTB Indonesia

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.