Peran Tutor dalam Meningkatkan Motivasi Intrinsik Warga Belajar Paket B PKBM PENA Desa Tebing Linggahara

Eka Febriani, Rohana Rohana, Puji Rahayu

Abstract


Penelitian ini diangkat yaitu karena kurangnya Motivasi belajar  warga belajar paket B PKBM PENA Desa Tebing Linggahara untuk belajar mengikuti pendidikan non formal. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui peran tutor dalam meningkatkan motivasi belajar Paket B PKBM PENA Desa Tebing Linggahara. Metode penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Responden dalam penelitian ini yaitu seluruh tutor Paket B sebanyak 4 orang. Instrumen berupa wawancara. Teknik analisis data dengan reduksi data, analisis data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggung jawab seorang tutor sangat besar, tutor sangat membantu dalam pengajaran, warga belajar bias memenuhi segala kebutuhannya dalam pengajaran. Dengan proses pembelajaran yang baik maka hasil belajar yang diperoleh warga belajar Paket B sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahwa peran tutor sangat dibutuhkan untuk meningkatkan hasil belajar warga belajar Paket B. Salah satunya yaitu memotivasi warga belajar Paket B untuk selalu rajin belajar dan bersungguh-sungguh menimbah ilmu. Motivasi juga dilakukan oleh tutor Paket B PKBM PENA dengan cara memberikan reward kepada warga belajar Paket B yang selalu rajin belajar di PKBM PENA. Warga belajar Paket B tidak semuanya memiliki umur yang sama, tetapi mereka juga berhak untuk sukses dan memiliki masa depan yang baik, peran tutor sangat besar dalam hal tersebut. Agar warga belajar Paket B PKBM PENA Desa Tebing Linggahara memiliki masa depan yang baik dan dapat memenuhi semua kebutuhan hidupnya masing-masing sesuai dengan keahlian yang mereka miliki saat ini. 

 


Keywords


Peran Tutor, Motivasi Intrinsik, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Andriyani, L. (2017). KONTRIBUSI MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR WARGA BELAJAR KEJAR PAKET C DI SKB UNGARAN KABUPATEN SEMARANG (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang). http://lib.unnes.ac.id/31125/

Arisnawati, A. F. (2019). MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDUK KEJAR PAKET B DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KABUPATEN SLEMAN. Jurnal Elektronik Mahasiswa Pend. Luar Sekolah - S1. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/pls/article/view/15819

Handikhariyanto (2015). Keaksaraan. Probolinggo: Education

Lt, G. D., & Fatmawati, M. J. R. (2006). Badan Standar Nasional Pendidikan. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/38304359/pr295-Profil-BSNP.ppt.pdf

Lt, G. D., & Fatmawati, M. J. R. (2006). Badan Standar Nasional Pendidikan. http://lpkajakarta.kemenkumham.go.id/index.php?option=com_attachments&task=download&id=57

MARKUS, M. J., SONDAKH, T., & LALOMA, A. (2017). PEMBERDAYAAN PEMERINTAH DESA DALAM RANGKA PELAYANAN MASYARAKAT DI KECAMATAN TABUKAN UTARA KABUPATEN SANGIHE. Jurnal Administrasi Publik, 4(48). file:///C:/Users/ASUS/Downloads/17606-35495-1-SM.pdf

Martinis & Yamin, M. (2010). Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada Press Jakarta

Pusparini, K. D. C., Suma, K., & Suswandi, I. (2020). Hubungan Motivasi Intrinsik, Persepsi Siswa, Motivasi Intrinsik dan Persepsi Siswa terhadap Pelajaran Fisika dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X MIPA SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 10(1), 12-23. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPF/article/view/26719

Sardiman A. M. (2011). Mengajar. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Shafi'atun Nur Khasanah, N. I. M. (2018). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR INTRINSIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V DI MI MA’ARIF NU 1 KRACAK KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto). http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Suhardi, D. (2012). Pengalokasian Dana Bantuan Sosial Program Paket B: sebuah Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan Dasar. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 8(2). MAJALAH ILMIAH PEMBELAJARAN. https://journal.uny.ac.id/index.php/mip/article/view/3205

Trisnani (2017). Peran KIM Daerah Tertinggal dalam Memanage Informasi untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Masyarakat Sekitar. JURNAL KOMUNIKASI, MEDIA DAN INFORMATIKA, 6 (1): 29-40. https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/komunika/article/view/987/582




DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v6i1.135

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

JIPP's Visitors

Flag Counter

Statistik

Editor's Office

Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan

FKIP Universitas Mataram, Jln. Majapahit no. 62 Mataram 83125, Lombok, NTB Indonesia

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.