Assessment Hasil Belajar Sains Mahasiswa pada Mata Kuliah Ilmu Alamiah Dasar di Masa Pandemi

Muhammad Syazali, Lalu Wira Zain Amrullah, Nurwahidah Nurwahidah

Abstract


Aspek yang menjadi kekhawatiran pada bidang pendidikan dimasa pandemi adalah hasil belajar melalui pelaksanaan pembelajaran daring akibat tidak memungkinkannya pembelajaran secara tatap muka. Tujuan penelitian ini adalah melakukan assessment terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Ilmu Alamiah Dasar (IAD). Penelitian dilakukan pada mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), FKIP Universitas Mataram semester gasal tahun akademik 2020/2021. Sampel penelitian terdiri atas 97 mahasiswa yang dipilih secara random. Data hasil belajar adalah nilai akhir aspek kognitif yang diolah dari tiga jenis ujian (U) yaitu yaitu U1, U2, dan U3. U1 mencakup kuis, penugasan, dan lain-lain selama perkuliahan. U2 dan U3 diambil dari hasil ujian tengah semester (UTS) dan ujian akhir semester (UAS). Hasil belajar ditentukan dengan mengukur derajat penguasaan dan dinterpretasi ke dalam 5 kategori yaitu sangat baik, baik, cukup, kurang, dan sangat kurang. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar mahasiswa adalah 75.83 dengan kategori baik. Mahasiswa laki-laki memiliki derajat penguasaan yang lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa perempuan. Berdasarkan proporsinya, derajat penguasaan dengan kategori sangat baik dan baik memiliki persentase sebesar 93.81%. Sisanya kategori cukup 4.12% dan kategori sangat kurang 2.06%. Di masa pandemi Covid-19 ini, mahasiswa mampu menguasai tujuan-tujuan pembelajaran dengan baik. Capaian ini perlu dipertahankan dan ditingkatkan melalui implementasi pembelajaran yang dapat mengoptimalkan potensi mahasiswa.

Keywords


derajat penguasaan, hasil belajar, pembelajaran daring

Full Text:

PDF

References


Artayasa, I. P., Susilo, H., Lestari, U., & Indriwati, S. E. (2017). Profil keterampilan proses sains dan hubungannya dengan hasil belajar sains mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. In T. P. T. P. dan P. D. U. N. Malang (Ed.), Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran dan Pendidikan Dasar (pp. 706–714). Pascasarjana Teknologi Pembelajaran dan Pendidikan Dasar Universitas Negeri Malang. http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/sntepnpdas/article/view/933

Atmojo, S. E., Muhtarom, T., & Lukitoaji, B. D. (2020). The level of self-regulated learning and self-awareness in science learning in the Covid-19 pandemic era. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(4), 512–520. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i4.25544

Fanani, Q., & Jainurakhma, J. (2020). Kemampuan penyesuaian diri mahasiswa terhadap pembelajaran daring di tengah pandemi Covid-19. Jurnal KomtekInfo, 7(4), 285–292. https://doi.org/10.35134/komtekinfo.v7i4

Indrawati, B. (2020). Tantangan dan peluang Pendidikan Tinggi dalam masa pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 39–48.

Jufri, A. W. (2013). Belajar dan Pembelajaran Sains. Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Legowo, Y. A. S. (2020). Kesiapan dan kendala pembelajaran berbasis projek melalui media daring pada mahasiswa Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman Guppi. Jurnal Wawasan Pengembangan Pendidikan, 08(02), 62–68.

Nainggolan, J., Pardede, S., & Butar-butar, I. (2020). Survei kendala Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas HKBP Nommensen dalam pelaksanaan perkuliahan online. Jurnal Suluh Pendidikan, 8(2), 1–8.

Nursaptini, Syazali, M., Sobri, M., Sutisna, D., & Widodo, A. (2020). Profil kemandirian belajar mahasiswa dan analisis faktor yang mempengaruhinya: Komunikasi orang tua dan kepercayaan diri. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1), 85–94.

Prayitno, B. A., Corebima, D., Susilo, H., Zubaidah, S., & Ramli, M. (2015). Closing the science process skills GAP between students with high and low level academic achievement. Journal of Baltic Science Education, 16(2), 266–277.

Rahmatih, A. N., & Fauzi, A. (2020). Persepsi mahasiswa calon guru sekolah dasar dalam menanggapi perkuliahan secara daring selama masa Covid-19. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 7(2), 143–153.

Sutriyani, W. (2020). Studi pengaruh daring learning terhadap minat dan hasil belajar matematika mahasiswa PGSD era pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 155–165.

Tim Penyusun. (2019). Pedoman Akademik Universitas Mataram. Mataram: Mataram University Press.

Trisniawati, Rhosyida, N., & Muanifah, M. T. (2020). Eksplorasi hasil belajar mahasiswa melalui penggunaan kuis dan tugas pada E-learning Edmodo di era pandemi Covid-19. SCIENCE TECH: Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi, 6286(2), 39–47.

Widiyono, A. (2020). Efektifitas Perkuliahan Daring (Online) pada Mahasiswa PGSD di Saat Pandemi Covid 19 Aan Widiyono. Jurnal Pendidikan, 8(2), 169–177.

Widodo, A., Nursaptini, N., Novitasari, S., Sutisna, D., & Umar, U. (2020). From face-to-face learning to web base learning: How are student readiness? Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 149–160. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6801

Zamista, A. A., Rahmi, H., Sellyana, A., & Desriyati, W. (2020). Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran dalam jaringan untuk mata kuliah kalkulus. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 5(1), 41–48. http://jurnal.unma.ac.id/index.php/th




DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v6i1.136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

JIPP's Visitors

Flag Counter

Statistik

Editor's Office

Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan

FKIP Universitas Mataram, Jln. Majapahit no. 62 Mataram 83125, Lombok, NTB Indonesia

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.