Dampak Reward dan Punishment dalam Membentuk Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun Pada Masa BDR (Belajar Dari Rumah) di Tk Putra 1 Mataram

Irwan Irwan, Hully Hully, Mariana Ulfa

Abstract


Salah satu bentuk pengembangan nilai pendidikan karakter pada anak yang dapat membentuk perilaku positif adalah dengan penanaman nilai karakter disiplin. Penelitian ini bertjuan untuk memperoleh data mengenai dampak reward dan punishment dalam membentuk disiplin anak usia 5-6  Tahun  pada  masa  BDR  (Belajar  Dari  Rumah)  di  TK  Putra  1 Mataram. Dalam membentuk disiplin anak usia 5-6 tahun guru di TK Putra 1 Mataram menggunakan metode reward dan punishment. Reward merupakan hadiah, penghargaan yang dijadikan sebagai alat pendidikan dan diberikan ketika anak melakukan hal positif dan mengerjakan sesuatu dengan baik. Sedangkan, punishment yaitu hukuman yang diberikan kepada anak yang melakukan pelanggaran dengan tujuan agar anak merasa jera dan mau memperbaiki kesalahan yang diperbuatnya. Jenis penelitan ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriftif dengan fokus penelitian dampak reward dan punishment dalam membentuk disiplin pada anak usia 5-6 tahun pada masa BDR di TK Putra 1 Mataram. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancaa, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi sumber data primer adalah Kepala Sekolah TK Putra 1 Mataram dan guru-guru. Sedangkan. sumber data sekundernya yaitu perwakilan orang tua, dokumen, arsip, dan data lainnya. Untuk uji keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil dari penelitian ini adalah reward dan punishment berdampak positif dalam membentuk disiplin pada anak ketika anak diberikan reward anak menjadi senang dan berusaha menunjukkan  sikap  positif dan  disiplin  dan  ketika anak  diberikan punishment ketika melakukan pelanggaran anak merasa jera dan mau memperbaiki kesalahannya. Adapun bentuk reward dan punishment yang diberikan yaitu kalimat pujian, penghargaan, hadiah, motivasi, sedangkan punishment berupa peringatan dan teguran.


Keywords


Reward, Punishment, Disiplin

Full Text:

PDF

References


Elizabeth B. Hurlock (1978). Child Development, (Meitasari &Tjandrasa). Jakarta: Erlangga.

Muh. Rodhi Zamzami (2015). Penerapan Reward dan Punishment Dalam Teori Belajar Behaviorisme. Ta’limuna, 4 (1).

Kevin Seifert (2012). Pedoman Pembelajaran dan Instruksi Pendidikan. Yogyakarta: IRCiSoD.

Sugiono (2006). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfa Beta.

Undang-Undang RI 2003 No. 20. Sistem Pendidikan Nasional,

Yopi Nisa Febianti (2018). Peningkatan Motivasi Belajar Dengan Pemberian Reward and Punishment Yang Positif. Jurnal Edunomic, 6 (2).

Yanuar, A. (2012). Jenis-jenis Hukuman Edukatif Untuk Anak SD.Yogyakarta: Diva Press.

Widyani Hapsari & Itsna Iftayani (2017). Model Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Melalui Program Islmic Habituation. Jurnal Indegenous, 1 (2).




DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v6i1.137

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

JIPP's Visitors

Flag Counter

Statistik

Editor's Office

Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan

FKIP Universitas Mataram, Jln. Majapahit no. 62 Mataram 83125, Lombok, NTB Indonesia

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.