Peningkatan Kemampuan Penyusunan Perangkat Pembelajaran pada Mata Kuliah Microteaching Melalui Pembelajaran Berbasis Lesson Study

Nur Rokhimah Hanik, Sri Harsono

Abstract


Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah;1. Untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam penyusunan perangkat  pembelajaran pada mata kuliah Microteaching melalui pembelajaran yang berbasis lesson study 2.  Untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam pelaksanaan proses pembelajaran pada mata kuliah Microteaching melalui pembelajaran yang berbasis lesson study. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian eksplorasi. Subyek penelitian yang digunakan adalah mahasiswa semester VI regular program studi pendidikan Biologi FKIP Univet Bantara Sukoharjo angkatan 2016/2017 pengambil mata kuliah Microteaching sebanyak 13 orang. Waktu penelitian mulai bulan April sampai Agustus 2019. Data penelitian berupa kemampuan pembuatan perangkat pembelajaran dan kemampuan pelaksanan pembelajaran diperoleh dengan instrumen penilaian yang berupa lembar observasi. Tehnik analisis dana dengan analisa kwalitatif komparasi dengan membandingkan peningkatan kemampuan sebelum pembelajaran dengan lesson study dengan pembelajaran berbasis lesson study. Dari pembelajaran Microteaching berbasis Lesson Study diperoleh hasil terjadi peningkatan nilai rata-rata untuk kemampuan penyusunan Perangkat Pembelajaran dari 77,84 menjadi 89,77 ( 15,69%) dan untuk kemampuan pelaksanaan pembelajaran dari 77,08 menjadi 88,23  (14,23%). Kategori nilai untuk Perangkat Pembelajaran sebelum Lesson Study A=0, B=12 dan C=1. Sedangkan Perangkat Pembelajaran Lesson Study kategori nilai A=11 orang dan B=2 orang, sedang kemampuan pelaksanaan pembelajaran sebelum Lesson Study kategori  nilai A=0, B=11 dan C=2, sedangkan kemampuan pelaksanaan pembelajaran setelah Lesson Study kategori nilai A= 8 orang dan kategori B= 5 orang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Microteaching berbasis Lesson Stady dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam penyusunan perangkat pembelajaran dan kemampuan pelaksanaan pembelajaran.


Keywords


Perangkat Pembelajaran, Microteaching, dan Lesson Study.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi (2012). Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Inovatif Melalui Lesson Study. Proceeding Biology Education Conference, 257–262. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/7460/6628

Asmara, J., Massawet, E., & Rambitan, V. (2016). Analisis Permasalahan Guru Terkait Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Think Talk Write (Ttw) Dan Permasalahan Siswa Terkait Keterampilan Bertanya Siswa Dalam Pembelajaran Ipa Biologi. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(10), 2059–2065.

Bill Cerbin & Bryan Kopp. A Brief. (n.d.). Introduction to College Lesson Study. Lesson Study Project.http ://www.uwlax.edu/sotl/lsp/index2.htm.

Hanik; Nur Rokhimah dan Harsono; Sri. (2016). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Anatomi Tumbuhan Melalui Model Pembelajaran Komparasi yang Berbasis Lesson Study. JPMIPA.. 7 (2) Juli 2016. ISSN: 2086-0234. Hal. 25-31.

Harsono, S. & N. R. H. (2013). Upaya Peningkatan Kemampuan Penyusunan Perangkat Pembelajaran melalui Pembelajaran Lesson Study pada Mata Kuliah Morfologi Tumbuhan.

Maghfiroh, T., & Umar, H. M. (2011). Pelaksanaan Lesson Study Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Profesional Guru Pada Mata Pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) Di SMP Negeri 1 Jember. Jurnal UNEJ Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9, 35–47. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/3413/2679

Murtisal, E., Nurmaliah, C., & Safrida, S. (2017). Implementasi Pembelajaran Berbasis Lesson Study Terhadap Kompetensi Pedagogik dan Keterampilan Proses Sains Guru Biologi SMA Negeri 11 dan MA Negeri 3 Kota Banda Aceh. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan, 4(1), 81. https://doi.org/10.22373/biotik.v4i1.1074

Nurhadi, A., Atiqullah, A., & Mubah, H. Q. (2019). Penguatan Pembelajaran PKBM Putro Wali dengan Model Lesson Study di Ponpes Nurul Ulum Tagrineh Manoan Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan. PERDIKAN (Journal of Community Engagement), 1(2). https://doi.org/10.19105/pjce.v1i2.2680

Permen dikbud Nomor 22 tahun 2016. (2016). Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Rahayu, S., Sutrio, Hikmawati, & Verawati, N. N. S. P. (2018). Pelatihan Lesson Study Bagi Guru-Guru SMA Muhammadiyah Mataram Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 300–304.

Slamet Mulyana (2007). Lesson Study (Makalah).

Sudirman (2013). Peningkatan Kemampuan Mekaksanakan Pembelajaran Fisika Melalui Lesson Study dengan AEE dan Prapembelajaran di SMA Komadya Palembang Sumatera Selatan.

Sudrajat, A. (2008). Lesson study untuk meningkatkan proses dan Hasil Pembelajaran. http://akhmadsudrajat. wordpress. com.

Sugiyono (2013). Metode Penelitian Lesson Study Research Group. httc.edu/lessonstudy/ whatislessonstudy. Html.

Sukirman (2011). Work Shop Dan Sosialisasi Lesson Studi. Upaya Meningkatkan Mutu Perkuliahan Pada Perguruan Tinggi Melalui Lesson Studi.

Susanto, H. A. (2011). Sosialisasi Lesson Studi.

Undang-undang No.14 tahun 2005. (2005). tentang guru dan dosen.

Undang-undang No.20 tahun 2003. (2003). Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v6i1.139

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

JIPP's Visitors

Flag Counter

Statistik

Editor's Office

Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan

FKIP Universitas Mataram, Jln. Majapahit no. 62 Mataram 83125, Lombok, NTB Indonesia

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.