Penerapan Model Project Based Learning guna Meningkatkan Keterampilan Representasi Matematis Peserta Didik Kelas IV

Nur Hanifah, Henny Dewi Koeswanti, Tri Sadono

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi, wawancara dan tes pratindakan yang menunjukkan rendahnya keterampilan representasi pada kondisi awal dengan persentase sebesar 11.5% secara klasikal. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan representasi peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning. Subjek penelitian terdiri dari 26 peserta didik kelas IV SDN Kauman Kidul Salatiga Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis Penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom action research) dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam dua siklus. Prosedur yang digunakan meliputi empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes, observasi, wawancara dan dokumentasi serta analisis data dengan model analisis interaktif Miles Huberman yang berisikan empat langkah yaitu pengumpulan data, reduksi data, verifikasi dan penyajian data. Kondisi awal keterampilan representasi di kelas IV menunjukkan hasil persentase sebesar 11.5% secara klasikal. Siklus pertama diawali dengan pembelajaran pertama setelah diterapkannya model project based learning yang menghasilkan presentase terampil sebesar 39,1% secara klasikal pembelajaran kedua 68.2% secara klasikal. Penelitian dilanjutkan dengan siklus ke dua yang telah mengalami peningkatan dengan hasil keterampilan representasi sebesar 86.36 % dan pembelajaran ke dua sebesar 90%. Tindakan yang telah dilakukan dalam setiap siklus mengalami peningkatan persentase pencapaian keterampilan representasi. Dengan demikian penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan keterampilan representasi. Model pembelajaran Project Based Learning cocok digunakan dalam pembelajaran matematika pada materi bangun datar khususnya untuk meningkatkan keterampilan representasi.


Keywords


Representasi; Project Based Learning (PjBL)

Full Text:

PDF

References


Ariani, Nurlina (2017). "Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) di Kelas VII SMP Negeri 1 Torgamba Tahun Pelajaran 2016/2017." Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma, 3 (1), Mei 2017, hal 38-47

Arikunto, S. (2013). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Aris Shoimin (2014). “68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013.” Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Armadan, Armadan, Somakim Somakim, & Indaryanti Indaryanti. (2017). “Kemampuan Representasi Matematis Siswa Pada Pembelajaran Berbasis Teori Van Hiele Di Materi Segiempat Kelas VII SMP Negeri 1 Indralaya Utara.” Jurnal Elemen 3(1):49. doi: 10.29408/jel.v3i1.306.

Dedi Kristiyanto (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika dengan Model Project Based Learning (PJBL). Jurnal Mimbar Ilmu. 25 (1)

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2016). “Panduan Penilaian Untuk Sekolah Dasar (SD).”

Huda, Miftakhul (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Imawan, O R. (2015). Perbandingan Antara Keefektifan Model Guided Discoveri dan Project Based Learning pada Mata Kuliah Geometri. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 179-188,

Jitedra, Asha., et al. (2016). "Is Mathematical Representasion Of Problems An Evidence Based Strategy For Students With Mathematics Difficulties? Exceptional Children", 83 (1), 8-25,

Kartini (2009). “Peranan Representasi Dalam Pembelajaran Matematika.” Pp. 361–72 in Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY.

Mu’alimin (2018). Classroom Action Research. Pasuruan: Gading Pustaka.

National Council of Teacher of Mathematics (NCTM) (1989). “Curriculum and Evaluation Standards for Schools Mathematics.”

Rangkuti, Ahmad Nizar (2013). “Representasi Matematis.” Logaritma VI (01 Januari) :110–27.

Sabirin, Muhamad (2014). “Representasi Dalam Pembelajaran Matematika.” Journal Pendidikan Matematika 01(2):33–34.

Tampubolon, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta.

Wulandari, F E. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Melatih Keterampilan Proses Mahasiswa. Jurnal Pedagogia, 5(2), 247-254, 2016.




DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v6i1.147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

JIPP's Visitors

Flag Counter

Statistik

Editor's Office

Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan

FKIP Universitas Mataram, Jln. Majapahit no. 62 Mataram 83125, Lombok, NTB Indonesia

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.