Analisis Konten Pembelajaran Bahasa Arab Pada Media Tiktok
Authors
Tiara Nurfingkan Priantiwi , Maman AbdurrahmanDOI:
10.29303/jipp.v8i3.1502Published:
2023-08-01Issue:
Vol. 8 No. 3 (2023): AgustusKeywords:
Bahasa Arab, Media Pembelajaran, TiktokArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Media pembelajaran inovatif sudah banyak ditemukan pada saat ini karena perkembangan teknologi, salah satunya adalah media pembelajaran berbasis aplikasi. TikTok merupakan aplikasi media sosial yang sedang sangat berkembang dan digemari masyarakat, yang memungkinkan penggunanya dapat mengakses informasi bahkan hiburan yang disampaikan dalam sebuah video berdurasi singkat. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konten pembelajaran bahasa arab yang dibuat dan dibagikan oleh para kreator TikTok yang terpilih dari tagar #belajarbahasarab, apakah terdapat pola dalam konten-konten yang dibuat dan dibagikan oleh para kreator dalam konten pembelajaran bahasa arab dan konten pembelajaran bahasa seperti apa yang menarik dan paling disukai oleh pengguna TikTok dalam mempelajari bahasa arab. diharapkan penelitian ini dapat memberikan kemudahan dan referensi tambahan terkait pembelajaran bahasa arab bagi siswa atau siapa saja yang mempelajari bahasa arab. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi (Content Analysis) dengan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah empat kreator TikTok terpilih berdasarkan jumlah pengikut, jumlah suka dan berdasarkan konten atau materi pembelajaran bahasa arab yang dibuat. Objek dalam penelitian ini adalah video-video yang diunggah oleh empat kreator TikTok terkait pembelajaran bahasa arab dan komentar atau tanggapan dari para pengikut akun dari keempat kreator tersebut. dan literatur yang mendukung penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan terdapat empat jenis pembelajaran yang sering dibuat dan diunggah terkait pembelajaran bahasa arab yaitu pembelajaran mufradat, uslub, ungkapan berbahasa arab dan gramatika bahasa (sorof dan nahwu), jenis pembelajaran ungkapan berbahasa arab adalah yang paling banyak disukai dan diminati oleh pengguna dan pengikut di TikTok berdasarkan keterlibatan audiens di TikTok. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa aplikasi TikTok dapat digunakan sebagai media pelengkap dalam pembelajaran bahasa arab melalui konten-konten pembelajaran bahasa arab yang dibuat dengan menarik oleh kara konten kreator.
References
Al Wali, M. R., & Maulida, R. (2022). STUDI PEMANFAATAN APLIKASI TIK-TOK SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA MASA PANDEMI COVID 19. PROCEEDINGS ICIS 2021, 1(1). https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/icis/article/view/12662/6595
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. jakarta: Rajawali Pers.
Asri, R. (2020). Membaca film sebagai sebuah teks: analisis isi film “nanti kita cerita tentang hari ini (nkcthi).” Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 1(2), 74–86. http://dx.doi.org/10.36722/jaiss.v1i2.462
Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Publiciana, 9(1), 140–157. https://doi.org/10.36563/publiciana.v9i1.79
Dewi, M. I., & Hasanudin, C. (2022, July). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Untuk Meningkatkan Minat Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa SMA. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), pp. 55-63. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1220
Hasan, H. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Prosiding Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab, 211-225. http://prosiding.imla.or.id/index.php/pinba/article/view/269
Hikmah, M., & Haryadi, H. (2022). Aplikasi Tiktok Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Keterampilan Berbicara Untuk Siswa SMA. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 6(2), 369-377. http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v6i2.7801
Laila Nadiyah, D. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Akidah Akhlak di MTs NU Banat Kudus. Dalam Jurnal Kependidikan, 13(2). https://e-jurnal.iainsorong.ac.id/index.php/Al-Riwayah
Mahmudah, I. H. D. (2022). EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN DARING BERBASIS MEDIA SOSIAL TIKTOK PADA PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI SMA NEGERI 1 TAMAN. Hikari: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Jepang Universitas Negeri Surabaya. 6(1). 70-77. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/hikari/article/view/46078
Nasution, N. S., Mustofa, S. B., & Shaluhiyah, Z. (2021). Edukasi Pencegahan Covid-19 Dalam Media Sosial: Gambaran Konten Video Tiktok. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip), 9(2), 180-186. https://doi.org/10.14710/jkm.v9i2.29434
Putri, K. H., & Julaikah, D. I. (2022). Analisis Video Akun TikTok Wisma Jerman sebagai Media Pembelajaran’Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Peserta Didik Kelas X Semester I. LATERNE, 11(03), 1-13. https://doi.org/10.26740/lat.v11n03.p1-13
Putri, R., & Sulistyanto, A. (2022). ANALISIS ISI KONTEN EDUKASI FUNFACT PADA AKUN TIKTOK@ BUIRAMIRA. Verba Vitae Unwira, 3(1), 48-64. https://journal.unwira.ac.id/index.php/VERBAVITAE/article/view/1856
Sari, A. F., & Ni’amah, L. U. (2022). Tiktok Sebagai Media Dakwah (Analisis Isi Pesan Dakwah Akun Tiktok @baysasman00. Al-Idaroh: Media Pemikiran Manajemen Dakwah, 02(1). 31-43. https://doi.org/10.53888/alidaroh.v2i1.504
Taubah, M., & Hadi, M. N. (2020). Aplikasi Tik Tok sebagai media pembelajaran maharah kalam. Jurnal Mu’allim, 2(1), 57-65. https://doi.org/10.35891/muallim.v2i1.2201
Warini, N. L., Dewi, N. P. E. S., Susanto, P. C., & Dewi, P. C. (2020). Daya tarik TikTok sebagai media pembelajaran bahasa Inggris online. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, dan Sosial Humaniora (SINTESA), 3. https://doi.org/10.36002/snts.v0i0.1230
Yang, Y. (2023). Reasons for Teenagers’ Habitual Use of Social Media: A Case Study of TikTok. SHS Web of Conferences, 155, 02006. https://doi.org/10.1051/shsconf/202315502006
License
Copyright (c) 2023 Tiara Nurfingkan Priantiwi, Maman Abdurrahman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.