Identifikasi Kemampuan Literasi Kelautan Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah

Fahira Putri Utami, Karnan Karnan, Baiq Sri Handayani, Mahrus Mahrus

Abstract


Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika menjadi salah satu destinasi wisata utama yang memiliki panorama pesisir dan potensi sumberdaya laut yang melimpah, jika tidak dikelola dengan baik maka sumberdaya lautan akan mengalami kerusakan untuk itu sumberdaya manusia yang ‘melek’ akan lautan menjadi peran penting untuk mengelola sumberdaya pesisir dan lautan secara berkelanjutan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kemampuan literasi kelautan siswa berdasarkan kompetensi 7 prinsip literasi kelautan pada sekolah menengah pertama di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah. Sample sekolah penelitian adalah SMP 1 Pujut, SMP 7 Pujut, Mts Al-Ijtihad, Mts Al-Irsyad dan Mts Nw Prabu. Penelitian dilakukan pada siswa kelas 9 dengan jumlah total 150 siswa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dekriptif. Hasil penelitian kemampuan literasi kelautan siswa dengan nilai presentase setiap sekolah yakni, SMP 1 Pujut sebesar 30%, SMP 7 Pujut sebesar 34.41, Mts Al-Irsyad sebesar 27.58%, Mts Al-Ijtihad sebesar 29.58%, dan Mts Nw Prabu sebesar 25.83%. Berdasarkan hasil rata-rata presentase tes literasi kelautan sebesar 29% dapat di simpulkan bahwa kemampuan literasi kelautan siswa sekolah menengah pertama (SMP) di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah dikategorikan rendah. Upaya untuk meningkatkan kemampuan literasi kelautan siswa guru dapat melakukan pengembangan materi dengan mengimplementasikan 7 prinsip literasi kelautan dalam proses pembelajaran.

Keywords


Literasi Kelautan; Kebaharian; Konservasi; Pariwisata; KEK Mandalika.

Full Text:

PDF

References


Ali, M. (2013). Penelitian Kependidikan Prosedur & Strategi. CV. Angkasa.

Anas, A. Y., Riana, A. W., & Apsari, N. C. (2015). Desa dan kota dalam potret pendidikan. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 2(3).

Baransano, H. K., & Mangimbulude, J. C. (2011). Eksploitasi dan konservasi sumberdaya hayati laut dan pesisir di Indonesia. Jurnal Biologi Papua, 3(1), 39-45.

Centers for Ocean Science Education Excellence. (2005). Ocean Literacy: A Working Definition. Consortium for Oceanographic Research and Education, CORE.

Fauville, G., Strang, C., Cannady, M. A., & Chen, Y. F. (2019). Development of the International Ocean Literacy Survey: measuring knowledge across the world. Environmental Education Research, 25(2), 238–263.

Greely, T. (2008). Ocean literacy and reasoning about ocean issues: The influence of content, experience and morality. 250.

Handayani, B. S., & Corebima, A. D. (2017, August). Model brain based learning (BBL) and whole brain teaching (WBT) in learning. In International Journal of Science and Applied Science: Conference Series (Vol. 1, No. 2, pp. 153-161).

Irawan, B., & Hindrasti, N. E. K. (2018). Framework Literasi Kelautan Sebagai Acuan Pembelajaran Sains di Negara Maritim. Pedagogi Hayati, 2(1), 14-23.

Isdianto, A., & Luthfi, O. M. (2019). Persepsi dan Pola Adaptasi Masyarakat Teluk Popoh Terhadap Perubahan Iklim. Jurnal Ilmu Kelautan SPERMONDE, 5(2), 77-82.

Kolsiana, D. (2017). Analisis Fungsi Ortogonal Empiris Dan Uji F Maksimal Untuk Mengetahui Unsur Iklim Penyebab Cuaca Ekstrim Di Daerah Gamping Pada Tahun 2009 (Doctoral Dissertation, Universitas Gadjah Mada).

National Research Council. (2000). Inquiry and the National Science Education Standards. National Academy Press.

Purwanto. (2013). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Remaja Rosda Karya.

Rusilowati, A., Kurniawati, L., Nugroho, S. E., & Widiyatmoko, A. (2016). Developing an instrument of scientific literacy asessment on the cycle theme. International Journal of Environmental and Science Education, 11(12), 5718–5727.

Yulianto, M., & Putri, D. A. P. (2020). Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Iklim dan Cuaca untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Emitor: Jurnal Teknik Elektro, 20(2), 128-133.




DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v6i1.160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

JIPP's Visitors

Flag Counter

Statistik

Editor's Office

Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan

FKIP Universitas Mataram, Jln. Majapahit no. 62 Mataram 83125, Lombok, NTB Indonesia

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.