Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas III Dengan Model Discovery Learning pada Masa Pandemi Covid-19

Sri Haryati Rahayuningsih, Nani Mediatati

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan pembelajaran di kelas 3 SDN Bumireso Kec. Wonosobo Kab. Wonosobo dengan rata-rata nilai matematika peserta didik kurang dari KKM yang ditetapkan untuk matematika yaitu 70. Hanya 34% dari jumlah peserta didik yang sudah memenuhi nilai KKM dan 66% masih belum memenuhi nilai KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui model Discovery Learning pada peserta didik kelas 3 SD Negeri Bumireso. Penerapan model pembelajaran ini mencakup 6 langkah pembelajaran yaitu stimulus (stimulation), identifikasi masalah (problem statement), pengumpulan data (data collecting), pengolahan data (data processing), verifikasi (verification), generalisasi (generalization). Jenis penelitian merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan 2 siklus pada bulan Maret 2021 dengan subjek penelitian peserta didik kelas 3 SD Negeri Bumireso sebanyak 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan teknik analisis data dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas 3 SD Negeri Bumireso. Hal tersebut dibuktikan dengan data meningkatnya rata-rata hasil belajar peserta didik dari kondisi awal (pra siklus) yaitu 65 dengan tingkat ketuntasan hasil belajar sebesar 34%, menjadi 78 dengan tingkat ketuntasan hasil belajar sebesar 69% pada siklus I, dan  menjadi 84 dengan tingkat ketuntasan hasil belajar sebesar 83% pada siklus II.


Keywords


Hasil Belajar; Matematika; Discovery Learning

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

_____ (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Hosnan, M. (2016). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kepmendikbud. (2020). Kepmendikbud No 719/P/2020 Tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Pada Satuan Pendidikan Dalam Kondisi Khusus. Kemendikbud

Oktaviani, W., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa kelas 5 SD. Jurnal Basicedu, 2(2), 5-10.

Prasasti, D. E., Koeswanti, H. D., & Giarti, S. (2019). Peningkatan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar matematika melalui model discovery learning di kelas IV SD. Jurnal Basicedu, 3(1), 174-179.

Purwanto (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Supratiknya, A. (2012). Penilaian Hasil Belajar dengan Teknik Nontes. Yogyakarta: Penerbit Universitas Sanata Dharma




DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v6i1.164

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

JIPP's Visitors

Flag Counter

Statistik

Editor's Office

Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan

FKIP Universitas Mataram, Jln. Majapahit no. 62 Mataram 83125, Lombok, NTB Indonesia

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.